Harga Pokok Penjualan (HPP) Untuk Memudahkan Bisnis

Discussion in 'General Business' started by Darin Rania, Jun 28, 2021.

  1. Darin Rania

    Darin Rania Member

    Joined:
    Mar 25, 2021
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8


    Pengertian Harga Pokok Penjualan (HPP)
    HPP adalah singkatan dari harga pokok penjualan yaitu semua biaya yang dikeluarkan secara langsung untuk menghasilkan sebuah produk sampai produk bisa dijual kembali.

    Fungsi HPP Untuk Bisnis
    • Sebagai pertimbangan dalam menentukan harga jual produk
    • Dengan HPP kamu jadi tahu total persediaan yang digunakan selama satu periode dan yang masih tersisa.
    • Selain itu, kamu sebagai pebisnis juga bisa menentukan keuntungan yang kamu inginkan. Misalnya harga jual produk lebih tinggi maka harga pokok penjualan akan menghasilkan laba yang tinggi juga.

    Apa saja komponen harga pokok penjualan ?
    Komponen harga pokok penjualan perusahaan dagang memiliki bagian yang dapat berpengaruh dalam harga pokok penjualan, diantaranya :

    1. Persediaan Awal
    Kamu memerlukan informasi terkait persediaan awal dagang, tujuannya adalah untuk menghitung jumlah banyak barang dagangan yang telah terjual dalam satu periode.

    2. Persediaan Akhir
    Nah, untuk persediaan akhir sendiri merupakan nilai persediaan akhir yang belum terjual selama periode tersebut. Untuk persediaan akhir akan ditampilkan pada neraca akhir dalam laporan keuangan.

    3. Pembelian Barang Dagang
    Untuk menambah jumlah persediaan barang sebuah bisnis biasanya melakukan pembelian barang dagang. Pembelian barang dagang pada hpp adalah total pembelian secara tunai dan kredit.

    4. Biaya Angkut Pembelian
    Pembelian barang dagangan menganut sistem FOB Shipping Point. apa sih maksudnya ? jadi ongkos kirim barang dari gudang penjual kepada pembeli biayanya akan ditanggung oleh pembeli.

    5. Potongan Pembelian
    Potongan pembelian dapat kamu masukkan kedalam harga pokok penjualan perusahaan dagang karena potongan pembelian mengurangi nilai pembelian dari barang dagang.

    6. Retur Pembelian
    Terakhir komponen hpp adalah retur pembelian. Retur pembelian ini diakibatkan beberapa hal seperti kerusakan barang atau barang yang tidak sesuai sehingga bisa dikembalikan.
     
Loading...

Share This Page