Gunung Papandayan Wisata Alam Andalan Garut

Discussion in 'Tourism' started by desain kaos, Mar 6, 2015.

  1. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Gunung Papandayan sebagai salah satu objek wisata kebanggaan Kabupaten Garut memiliki daya tarik wisata yang sangat menarik karena memiliki Kawah yang bisa dilihat dalam jarak dekat, Panorama Gunung yang eksotis, tempat perkemahan yang nyaman (biasa disebut pondok salada) serta keindahan hamparan bunga Eidelweiss (Anaphalis javanica) yang berada di Taman Eidelweiss Tegal Alun.

    Papandayan sendiri diambil dari bahasa Sunda dari kata “Panday” yang berarti orang pandai besi. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat sekitar kaki Gunung Papandayan, asal-usul penamaan Gunung Papandayan berasal dari sekelompok masyarakat yang melintasi gunung ini, kemudian anehnya sekelompok orang itu mendengar suara-suara yang mirip dengan suara kerja di tempat tukang pandai besi. Ternyata, suara ini dihasilkan dari kawah gunung yang sedang aktif. Karena suara mirip di tempat kerja pandai besi itulah kemudian gunung ini dinamai gunung Papandayan. Benar atau tidaknya sejarah ini belum dipastikan karena tidak ada yang bisa menjelaskan secara rinci.

    Gunung Papandayan terletak di Desa Sirna Jaya dan Desa Keramat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. memiliki ketinggian : 2665 mdpl, 1950 m di atas dataran kota Garut dan termasuk kedalam Tipe Gunung Api Strato Tipe A. Gunung Papandayan memiliki 3 kawah, yaitu : Kawah Mas, Kawah Nangklak dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya.

    [​IMG]
    Gunung ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti Lahan Parkir yang luas, MCK, Mushola. Diwaktu hari-hari libur nasional sering ada penjual jaket gunung dan merchandise kaos gunung papandayan. Selain itu disana ada juga ada jasa guide yang terlatih untuk membantu kita memahami rute pendakian dan keindahan alam yang berada di Gunung Papandayan. Dan jangan terkejut ketika anda mengunjungi gunung tersebut anda akan melihat toilet diatas gunung yang bersih dan terawat layaknya toilet atau kamar mandi di rumah kita sendiri.

    Medan Gunung papandayan yang tidak begitu berat membuat gunung ini tergolong gunung yang bersahabat bagi para pendaki pemula. Selain itu, kontur tanahnya landai dan terdapat jalur pendakian yang aman sehingga memudahkan pendaki pemula untuk sampai pada puncak gunung ini.

    Bagi anda yang ingin menjelajahi salah satu tempat wisata Garut maka Gunung Papandayan layak untuk coba anda kunjungi. Dan jangan lupa Perlengkapan yang perlu dibawa oleh para pendaki, seperti: Baju Hangat, Kamera / Handycamp, Peralatan Mandi & Ibadah, Raincoat / Jas Hujan, Sepatu & Sendal Trekking, Kaos Kaki Tebal, Sarung Tangan, Sarung Kepala & Topi lapangan, Kacamata Hitam, Makanan dan Minuman, serta Obat-obatan Pribadi.

    Selamat mendaki !!!
     
    Last edited: Mar 6, 2015
  2. agusdeaa

    agusdeaa New Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Adventureee!!!
     
  3. andiahmaaaad

    andiahmaaaad New Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  4. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    ini nih cowo sejati ga kenal takut.. melintasi jalan terjal berbatu dan jurang di gunung papandayan. kentang ini dibawa dari pangalengan buat didistribusikan ke daerah garut.
     
  5. berhotel

    berhotel Member

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    130
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Kayanya gunung papandayan bisa dikunjungi pakai motor hingga puncaknya ya?
     
  6. Gesper

    Gesper Member

    Joined:
    Mar 1, 2015
    Messages:
    242
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Salah satu gunung favorit para adventure
     
  7. bespe

    bespe Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    950
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Dari dulu ane pengen ke papandayan belum terlaksana
     
  8. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    kayanya belum bisa pake motor gan, soalnya jalannya sempit dan jurang. kalau pakai motor matic bakal rontok kayanya. tapi gtw kl yang motor jenis gunung
     
  9. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    bener banget gan.. eh iya nama spot tempat campingnya pondok saladah. air nya bersih dan melimpah, kamar mandinya kaya drum gede ada 3.. jadi lumayan enak deh. terawat.
     
  10. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    c agan ini pasti punya penyakit gampang kram y?
     
  11. Kaos Garut

    Kaos Garut Member

    Joined:
    Mar 9, 2015
    Messages:
    84
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Gunung papandayan untuk sementara ditutup sampai dengan 31 Maret 2015, jadi klo Aden2 mau camping disana naik gunungnya setelah tgl. 31 Maret aja.
     
  12. Kaos Garut

    Kaos Garut Member

    Joined:
    Mar 9, 2015
    Messages:
    84
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tapi klo dipuncak gunung kayaknya mendingan gak ada yg jualan kang @Husni Cahya Gumilar biar keliatan lebih natural.
     
  13. Husni Cahya Gumilar

    Husni Cahya Gumilar Member

    Joined:
    Feb 26, 2015
    Messages:
    186
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Betul, saya setuju. Kalimat saya ironi kang.
     
  14. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,174
    Likes Received:
    2,705
    Trophy Points:
    413
    roda sepeda motornya juga dimodifikasi, yah...
     
  15. desain kaos

    desain kaos Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    rodanya standar kang.. cuma di modif pake tambahan rantai motor ajah
     
  16. Husni Cahya Gumilar

    Husni Cahya Gumilar Member

    Joined:
    Feb 26, 2015
    Messages:
    186
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Dililit rantai bekas motor biar gk licin, jalannya kan tanah berair dan curam. Dipakai jalan kaki juga susah kang.
     
  17. Abdul Munib

    Abdul Munib Member

    Joined:
    Dec 12, 2014
    Messages:
    133
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Mantab banget . . .
     
Loading...

Share This Page