Fitur Learning Management System (LMS) Wajib Tau di Era Pendidikan Digital

Discussion in 'Education' started by andiharamain, Oct 8, 2021.

  1. andiharamain

    andiharamain Member

    Joined:
    Nov 25, 2019
    Messages:
    32
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Aplikasi Learning Management System atau LMS belakangan ini menjadi andalan para pendidik untuk menjalankan sistem belajar online. Meskipun LMS masih terdengar asing bagi beberapa orang, namun eksistensi LMS sudah ada sejak dahulu. Bahkan sebelum Indonesia melaksanakan metode belajar jarak jauh, kehadiran LMS sudah digunakan oleh sejumlah institusi pendidikan. Sebab, fitur LMS sangat memudahkan pendidik dan peserta didik ketika melaksanakan sekolah online.

    Fitur LMS yang Memudahkan Guru dan Siswa

    Tentu Anda sudah tahu bukan apa itu LMS? Ya, LMS adalah sebuah sistem atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur perencanaan, eksekusi, dan menjadi media untuk menilai proses pembelajaran. Sehingga, menggunakan metode LMS untuk mendukung proses belajar online dinilai sangat tepat.
    Menggunakan LMS dapat membantu guru memantau seberapa aktif siswa membaca materi yang guru berikan melalui fitur LMS. Bahkan guru dapat pula melihat skor yang diberikan siswa. Nah, skor tersebut dapat menjadi bahan evaluasi guru, apakah materi yang disampaikan menarik, atau justru cara guru mengajar dinilai sangat sesuai dengan kriteria para murid.

    Namun, bagi guru yang masih asing dengan keunggulan LMS, berikut fitur LMS yang ideal untuk memberi kemudahan pengajar dan siswa.

    1. User Interface Mudah Digunakan
    Meskipun canggih, tampilan antarmuka atau user interface LMS sangat memudahkan pengguna, sehingga sangat membantu bagi guru yang belum familiar menggunakan LMS. Apalagi beberapa LMS menawarkan tampilan custom atau sesuai selera pengguna agar lebih estetis.

    2. Progress Tracking
    Masing-masing LMS mempunyai fitur progress tracking. Fitur ini membantu pola belajar murid dapat diketahui oleh guru walau dari jarak jauh sekaligus menjadi esensi penting bagi guru untuk mengelola materi pelajaran. Nah, dengan fitur ini pula guru dapat tahu siapa saja yang mengakses materi yang telah guru bagikan.

    Syarat agar guru bisa mengetahui progress murid, pendidik harus membuka atau membuat kelas diskusi, kuis, dan hasil tes sebagai pekerjaan rumah. Dari sini, guru dapat melihat hasilnya, apakah murid mengalami kemajuan atau justru stagnan.

    3. Fitur Keterlibatan Orang Tua
    keterlibatan orang tua dalam pendidikan sangat penting bagi usia muda hingga remaja. Jika sebelum pandemi COVID-19 guru hanya berdiskusi dengan orang tua murid pada saat pembagian rapor, kini orang tua bisa berkomunikasi dengan pengajar. Bahkan orang tua murid juga bisa mengetahui nilai atau progress belajar sang anak. Adanya fitur ini, sekolah sekaligus para pendidik juga dapat mendukung para orang tua, tujuannya untuk menyadarkan betapa berartinya keberadaan orang tua bagi pendidikan anak.

    4. Penugasan, Kuis, dan Survey
    Setiap platform LMS pasti mempunya fitur penugasan, kuis dan survey. Fitur penugasan dan kuis wajib dimiliki sebagai ‘kunci’ untuk memonitor dan mendokumentasikan kemajuan perkembangan murid. Sedangkan fitur survey dapat digunakan murid untuk memberikan dukungan kepada teman sekelasnya.
    Sebagai platform monitoring dan mendukung proses belajar yang interaktif, ada pula LMS yang menawarkan kostumisasi pada fitur ini. Seperti menyematkan foto dan bagan di banyak pertanyaan pada penugasan atau kuis. Dengan begitu, murid tak merasa bosan ketika menjawab pertanyaan.

    5. Blended Learning dengan Banyak Pilihan
    Blended learning adalah bahan pokok dalam mengajar. Dengan adanya fitur blended learning, dapat memudahkan guru untuk membuat kelompok diskusi untuk para murid. Bahkan fitur ini dapat menyesuaikan kelas diskusi berdasarkan waktu yang sesuai bagi guru dan murid jika dilakukan di luar jam sekolah, seperti akhir pekan.

    6. Pendaftaran
    Jika memasuki tahun ajaran baru, pihak sekolah tetap dapat menerima siswa atau mahasiswa baru tanpa tatap muka. Itulah salah satu fitur LMS yang sangat memudahkan institusi pendidikan dalam pemanfaatan teknologi. Selain irit ongkos, orang tua calon murid pun dapat berkonsultasi dan mendaftarkan anaknya lebih efisien, sehingga tak menghabiskan waktu banyak.

    7. Kustomisasi Cara Mengajar
    Meskipun cara mengajar dapat diimplementasikan dari gestur dan cara berbicara dan berpikir guru, namun dengan menggunakan LMS guru dapat menampilkan gambar, video, Mp3 dan format lainnya saat belajar online.

    Bahkan LMS terbaik akan menyajikan tools webinar, podcast, dan newsfeeds. Ya, hanya cukup satu aplikasi untuk banyak fitur. Sangat memudahkan guru dan murid kan?

    8. Bimbingan
    Bimbingan salah satu fitur LMS yang mempermudah guru untuk menangani siswa yang membutuhkan arahan. Contohnya, guru dapat berdiskusi dengan salah seorang siswa yang mengalami kesulitan belajar. Menggunakan LMS, membantu guru dapat berkomunikasi one on one atau secara pribadi dengan murid untuk membahas materi yang tak ia mengerti. Selain itu, guru juga dapat mengevaluasi tugas yang telah dikerjakan si murid.

    Itulah beragam fitur LMS untuk memudahkan proses belajar online lebih efektif dan praktis. Semoga dengan semakin meningkatnya teknologi dapat membantu sistem belajar online di Indonesia dan membuat guru semakin melek teknologi!
     
Loading...

Share This Page