Fakta, Pasang Solar Panel Bisa Buat Irit Tagihan Listrik

Discussion in 'General Discussion' started by Muhammad Rizam, May 30, 2022.

  1. Muhammad Rizam

    Muhammad Rizam New Member

    Joined:
    Nov 10, 2015
    Messages:
    41
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Pakai handphone, menonton televisi, mendinginkan minuman dengan kulkas, semuanya memiliki satu sumber tenaga yang sama, yaitu listrik. Bayangkan jika saat ini kita tidak ada listrik dan pemadaman listrik memasuki waktu yang panjang, kita mungkin bisa stress hanya karna tidak bisa menggunakan hanphone untuk bersosial media.

    Ketergantungan akan listrik ini membuat kita tidak bisa lepas darinya, tidak hanya untuk soal hiburan diri menggunakan handphone tetapi juga sampai pada kebutuhan pekerjaan dan industri. Para pelaku usaha baik yang masih dalam skala menengah ataupun skala besar pastinya memiliki mesin-mesin yang bisa menunjang produktivitas karyawan agar target tercapai lebih cepat. Dan semua teknologi mesin itu tidak akan bekerja dan mencapai target produksi tanpa adanya listrik.

    Ada satu hal yang bisa saja membuat para pelaku kepikiran, yaitu adanya penyesuaian tarif listrik yang cenderung meningkat setiap tahunnya. Namun jika tidak menggunakan listrik, produksi akan terhenti, maka dari itu banyak dari para pelaku usaha yang sudah memanfaatkan pemasangan solar panel. Pemasangan solar panel untuk saat ini bukan hanya untuk rumahan saja, namun sudah banyak digunakan untuk industri yang punya target produksi tinggi dan akan menjadi masalah ketika tagihan listrik membengkak ataupun adanya pemadaman tanpa pemberitahuan dari pihak penyedia listrik lokal seperti PLN.


    Indonesia sebagai negara yang berada di khatulistiwa punya potensi pancaran sinar matahari yang besar dan cenderung berlimpah setiap hari dan sangat besar setiap tahunnya. Karena hal inilah, energi surya bisa menjadi sumber energi alternatif yang sangat diunggulan untuk kebutuhan listrik di tanah air. Maka dari itu para pemilik rumah dan juga para pemilik industri sangat direkomendasikan untuk memanfaatkan tenaga surya dengan pemasangan solar panel ini.

    Keuntungan memasang solar panel untuk pelaku usaha industri:

    1. Mampu menghemat biaya listrik bulanan.

    Tidak disangka memang sebenarnya menggunakan solar panel ini mampu menekan biaya listrik yang begitu fantastis. Bagaimana tidak, untuk ukuran rumah saja bisa mampu menghemat biaya tagihan listrik sampai lebih dari 20%. Itu untuk ukuran rumah dengan atap yang notabene tidak terlalu lebar atau luas. Dengan luasnya wilayah ataupun atap dari industri atau pabrik bisa dipastikan pemasangan plat-plat solar panel jadi lebih besar dan banyak. Hal ini bisa berdampak pada serapan sinar matahari yang jauh lebih besar serta menghasilkan konversi listrik yang lebih besar pula. Tidak heran industri-industri modern sudah mulai memikirkan hal ini dan juga menerapkannya.


    2. Teknologi yang ramah lingkungan dan awet.

    Solar panel ini merupakan teknologi yang sangat ramah lingkugan pasalnya tidak menghasilkan polusi sama sekali seperti pembakaran mesin. Dengan menggunakan solar panel ini kita bisa menyerap sinar atau cahaya matahari serta mengubahkan menjadi listrik lebih mudah. Ditambah lagi solar panel merupakan teknologi yang terbilang sangat panjang umurnya. Solar panel yang berkualitas bisa sampai bertahan lebih dari 25 tahun, hal ini yang membuat para penyedia jasa solar panel berani memberikan garansi serta jasa perawatan yang terjangkau.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Tertarik sih dengan solar panel, tapi saat ini biayanya masih sangat mahal di pandanangan saya
    untuk kebutuhan satu rumah tangga masih bisa habis diatas sepuluh juta, daya tahan batere juga menjadi masalah tersendiri.
    Cocoknya sebagai sumber energi alternatif, belum bisa dikatakan menghemat,
     
  3. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    314
    Likes Received:
    80
    Trophy Points:
    28
    Benar. Untuk saat ini biaya pasang panel surya masih terlalu mahal, kurang ekonomis. Kalau dihitung-hitung masih lebih murah pakai listrik dari PLN. Di kampung dekat tempat saya dipasang beberapa solar panel oleh seorang donatur untuk penerangan jalan. Belum tiga tahun ada yang sudah tidak berfungsi
     
    blackking likes this.
  4. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    96
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Sayang sekali harganya masih lumayan mahal.. padahal sudah banyak teknologi energy gratis, sayangnya tidak mendapatkan prioritas
     
Loading...

Share This Page