Distribusi Vaksin Dongkrak Penjualan Sepeda Motor, Ini Penjelasannya

Discussion in 'Otomotif' started by bimo dimas, Feb 8, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    227
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Distribusi vaksin COVID-19 di Indonesia mulai berjalan di awal tahun 2021. Dikabarkan vaksin bisa menggairahkan kembali sejumlah sektor bisnis, tak terkecuali bisnis sepeda motor. Hal tersebut dipaparkan oleh Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman.

    Seperti yang dilansir dari laman Antara, Johannes menjelaskan, kehadiran vaksin COVID-19 di Indonesia dinilai bisa menumbuhkan optimisme masyarakat, yang kemudian memberikan dampak positif pada pemulihan ekonomi. Salah satunya pada sektor kendaraan roda dua, yang merupakan alat mobilitas serta bisnis masyarakat.

    Bila pandemi bisa terkendali dengan adanya vaksin, maka akan membuka peluang bagi masyarakat untuk kembali beraktivitas menggunakan kendaraan. sehingga, akan mendorong penjualan sepeda motor.

    "Kami melihat, bila penyebaran vaksin telah dimulai maka pandemi akan bisa diatasi, dan ekonomi akan lebih bergerak dan tumbuh, pasti mobilitas akan dibutuhkan, saya yakin dengan adanya vaksin bisa mempengaruhi penjualan motor di Indonesia," jelas Johannes Loman.

    Lebih lanjut Johannes menuturkan, meski pasar sepeda motor masih berjuang melawan pandemi. Tapi, tren penjualan yang terjadi di 2021 diprediksi akan tetap didominasi segmen skuter matik.

    Prediksi tersebut berdasarkan komposisi pasar skutik yang mendominasi, yakni sekitar 88-90%. Sementara untuk pasar motor bebek kian meredup di kisaran 5%. Kemudian, sisanya menjadi pangsa pasar untuk sepeda motor sport dan trail.

    "Kalau kami lihat kontribusi segmen skutik mencapai 88-90 persen di 2020. Total pasti dari AISI bahwa 2021 itu akan tumbuh 10 persen dibandingkan 2020. Sehingga kami meyakini segmen skutik juga akan tumbuh sejalan dengan pertumbuhan, lebih dari 90 persen (kontribusinya)," papar Johannes Loman yang juga menjabat Executive Vice President Director Astra Honda Motor.

    Sedikit informasi, penjualan kendaraan roda dua di Indonesia sepanjang tahun 2020 mengalami menurunan sebesar 43%, dari 6,4 juta unit pada 2019 menjadi 4,3 juta unit di 2020, karena lesunya penjualan selama pandemi COVID-19.

    Sementara itu, target penjualan di tahun ini diproyeksikan AISI akan mengalami kenaikan sekitar 10% dari penjualan di tahun 2020.

    Sumber: Link
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,720
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Semoga segera pulih kondisi ekonomi rakyat yang telah dilanda pandemi, tidak hanya sektor otomotif tapi semuanya, sehingga para karyawan yang dirumahkan selama pandemi dapat lagi pekerjaan untuk menyambung hidup memutar kembali roda ekonomi keluarga
     
  3. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    mantap masyarakat punya optimisme yang tinggi :D
     

Share This Page