Creatine Monohydrate: Pengertian, Tujuan & Manfaat

Discussion in 'General Sports' started by Alvi Iqbal Budiarsya, Apr 4, 2022.

  1. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    339
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Kali ini, Team OB Fit akan membahas mengenai tentang suplemen Creatine Monohydrate, mulai dari pengertian, mengapa suplemen ini bisa tercipta hingga sampai sekarang dan manfaatnya.

    Pengertian
    [​IMG]

    Creatine adalah senyawa alami dalam sel otot yang juga tersedia dalam bentuk suplemen.

    Creatine sendiri membantu otot untuk menghasilkan energi saat kita melakukan latihan kekuatan atau latihan intensitas tinggi.

    Manfaat dari creatine diantaranya adalah:

    • Membantu sel otot menghasilkan lebih banyak energi,
    • Membantu pertumbuhan otot,
    • Meningkatkan performa latihan intensitas tinggi, dan
    • Mengurangi rasa lelah.
    Tujuan
    Creatine dan protein adalah senyawa yang berasal dari asam amino yang digunakan dalam fungsi otot-otot tubuh.

    Creatine adalah asam amino yang meningkatkan kinerja otot sedangkan protein adalah makronutrien yang membantu memulihkan otot setelah kerja keras.

    Jadi, creatine merupakan hasil dari proses asam amino yang dimana protein adalah makronutrien dasar.

    Mereka pun memiliki tujuan yang berbeda.

    Creatine merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga diproduksi oleh tubuh manusia itu sendiri.

    Tujuan dari creatine itu sendiri adalah:
    • Untuk menambah massa dan kekuatan otot,
    • Meningkatkan kinerja otak,
    • Mencegah terjadinya tulang keropos, dan
    • Mengontrol kadar gula pada tubuh.
    Kebutuhan
    Rata-rata manusia hanya membutuhkan 1 sampai 3 gram creatine sesuai dengan aktifitas dan kebutuhannya.

    Maka, dari itu banyak sekali pabrik supplement yang memproduksi supplement creatine untuk melengkapi kebutuhan creatine pada manusia.

    Namun ternyata creatine pun juga dapat kita penuhi tanpa suplemen loh!

    Beberapa sumber diantaranya adalah dari daging sapi, ayam, ikan, dan juga susu.

    Nah kelebihan dari kita mengkonsumsi sumber creatine natural tersebut adalah tubuh dapat memproses creatine tersebuh lebih mudah dan tidak ada zat kimia yang ditambahkan.

    Asal Mula Terciptanya
    Suplemen creatine terdiri atas beberapa jenis.

    Kamu bisa memilih:
    1. Creatine monohydrate,
    2. Creatine hydrochloride (HCL), dan
    3. Buffered creatine.
    Creatine monohydrate merupakan bentuk creatine yang paling populer [10 ribu orang di Amerika Serikat].

    Pada banyak riset, hampir semuanya menggunakan creatine monohydrate.

    Artinya, banyak pembahasan terkait efektivitas suplemen creatine merujuk pada manfaat creatine monohydrate.

    Dengan efektivitasnya yang sudah terbukti, creatine monohydrate menjadi bentuk standar emas suplemen creatine.

    Keunggulan
    Kelebihan dari creatine monohydrate :
    • Efektivitasnya sudah dibuktikan oleh banyak riset.
    • Harganya relatif murah.
    • Mudah ditemukan dalam berbagai produk.
    Kekurangan
    Kekurangan creatine monohydrate:

    • Dikaitkan dengan efek samping berupa perut kembung, terutama pada fase loading.
    Manfaat
    [​IMG]

    Suplemen kreatin merupakan salah satu suplemen yang telah banyak diteliti.

    Berbagai kajian membuktikan suplemen ini berpotensi untuk memberikan manfaat terkait performa latihan fisik.

    Manfaat suplemen kreatin tersebut, misalnya:

    1. Membantu dalam Meningkatkan Pertumbuhan Otot Tubuh Kita
    Selain membantu memberikan energi lebih banyak, kreatin juga dilaporkan efektif untuk pertumbuhan otot, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    Bahkan, manfaat kreatin ini boleh jadi dirasakan oleh berbagai kalangan, termasuk orang dengan gaya hidup sedentary, orang lanjut usia, dan para atlet.

    Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa suplemen kreatin meningkatkan kadar air di dalam otot.

    Peningkatan ini dikenal dengan istilah volumisasi sel dan dapat memperbesar ukuran otot.

    Suplemen kreatin atau creatine disebut-sebut sebagai suplemen paling efektif untuk menambah massa otot.

    2. Membantu Sel Otot Menghasilkan Lebih Banyak Energi
    Studi menemukan bahwa suplemen kreatin membantu meningkatkan penyimpanan fosfokreatin di otot.

    Suplemen kreatin meningkatkan fosfokreatin, yang kemudian membantu tubuh meningkatkan molekul tinggi energi yang disebut ATP atau adenosine triphosphate.

    Apabila Anda pecinta olahraga, Anda mungkin tahu bahwa ATP dikenal sebagai satuan pertukaran energi.

    ATP yang tinggi membantu kita menjalankan performa latihan yang lebih baik.

    3. Meningkatkan Performa Latihan Intensitas Tinggi
    Karena kreatin membantu meningkatkan produksi ATP, konsumsi suplemen kreatin atau creatine boleh jadi juga meningkatkan performa individu dalam melakukan latihan intensitas tinggi.

    Kreatin tersebut dapat memengaruhi berbagai faktor dalam latihan, misalnya:

    • - Kekuatan fisik
    • - Kekuatan balistik
    • - Kemampuan berlari
    • - Daya tahan otot
    • - Resistensi terhadap kelelahan
    • - Massa otot
    • - Pemulihan
    • - Kinerja otak
    4. Mengurangi Rasa Letih
    Beberapa studi mengaitkan manfaat suplemen kreatin dengan penurunan rasa lelah.

    Misalnya, dalam sebuah studi yang dimuat dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menyebutkan, kreatin atau creatine dapat mengurangi rasa lelah pada atlet yang melakukan tes sepeda.

    Referensi (Resource):
     

Share This Page