Conversational AI untuk Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik dalam Hospitality (Perhotelan)

Discussion in 'General Business' started by Rinaldy, Aug 23, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Ekspektasi pengalaman pelanggan (Customer Experience, CX) yang positif telah berkembang secara signifikan. Ekspektasi ini berkembang baik melalui lebih banyak penyesuaian, interoperabilitas online yang ditingkatkan dengan layanan konvensional, atau balasan/respon yang lebih cepat. Pandemi COVID-19 telah mempercepat tren ini. Sebelumnya, pandemi Covid-19 juga telah memporak-porandakan sektor pariwisata.

    Terlepas dari upaya terbaik Anda, pelanggan mungkin sering merasa kesulitan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. Kolsky mengklaim bahwa 72% wisatawan membicarakan perjalanan mereka dengan enam orang atau lebih, sedangkan 13% pelanggan pasti membicarakan perjalanan yang buruk dengan 15 orang atau lebih. Ini menjelaskan mengapa bisnis dan perusaan saat ini perlu memprioritaskan pengalaman pelanggan (user experience).

    Masalah Layanan Pelanggan pada Perhotelan & Travel
    Dalam bisnis yang berubah dengan cepat ini, perusahaan perjalanan (biro travel) yang sangat menekankan pada pengalaman pelanggan dapat memperoleh loyalitas pelanggan, membangun ketahanan perusahaan, dan “mengamankan” masa depan mereka. Bahkan ketika bisnis travel dan perhotelan memberikan layanan terbaik kepada klien mereka, selalu ada ruang untuk perbaikan.

    Tindakan terbaik untuk bisnis travel dan perhotelan adalah bekerja untuk menciptakan customer experience yang luar biasa di setiap tahap user journey dengan menggunakan teknologi untuk mengevaluasi sikap pelanggan dan menanggapinya dengan tepat. Penggunaan conversational AI (AI percakapan) adalah metode yang paling dapat diandalkan untuk melakukan itu.

    Mari kita periksa manfaat AI percakapan untuk sektor pariwisata dan perhotelan.

    Conversational AI di Era Pandemi!
    1. Engagement Berkelanjutan
    Saat perusahaan berupaya membuat konsumen tetap tertarik dengan produk dan layanan mereka, Conversational AI menjadi sangat relevan. Dengan memasukkan elemen percakapan ke dalam interaksi pelanggan, brand sekarang dapat membedakan diri mereka dari pesaing dengan menyediakan pembaruan dan layanan yang disesuaikan. Jadi, personalisasi memiliki dampak yang signifikan!

    Setelah dibuat, conversational AI mengambil tugas yang sulit untuk menjaga koneksi terus-menerus dengan basis pengguna Anda, baik pengguna yang sudah eksis maupun calon pengguna prospektif. Baik itu WhatsApp atau SMS ataupun sejumlah aplikasi perpesanan yang tersedia saat ini, Gupshup – Penyedia dan Solusi Chatbot API terbaik di Indonesia – telah dan akan membantu Anda.
    [​IMG]
    2. Dukungan Pelanggan Segera Saat Terjadi Keadaan Darurat
    Keadaan darurat dapat terjadi kapan saja dan di mana saja! Mungkin saja berupa kesalahan penempatan bagasi atau dokumen perjalanan, bahaya kesehatan, dll. Anda sebagai brand ingin segera melayani konsumen Anda ketika mereka menginginkan bantuan di negara asing. Anda bisa memenuhi permintaan mereka atau, paling tidak, dengan menghubungkan mereka dengan pihak terkait. Metode ideal untuk melakukannya adalah dengan chatbot, dan Gupshup –penyedia dan Solusi Chatbot API tepercaya di Indonesia– memungkinkan Anda tetap dapat dijangkau sepanjang waktu.

    Pindai kode QR pada gambar di bawah ini untuk mencobanya sendiri.
    [​IMG]

    3. Meringankan Beban Kerja Tim Eksekutif di Lapangan
    Ambil sebuah hotel sebagai contoh; setelah tamu check in, petugas front desk harus selalu hadir dan proaktif. Namun demikian, ada keterlambatan dan masalah dalam memberikan layanan saat okupansi tinggi. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menautkan chatbot sederhana dengan CRM atau sistem reservasi Anda yang secara instan menjadwalkan layanan untuk klien sesuai dengan permintaan mereka.
    [​IMG]

    4. Manajemen Booking (Administrasi Pemesanan)
    Layanan pemesanan (booking), seperti penerbangan atau hotel kini semakin mudah. Aplikasi perpesanan dapat menangani reservasi end to end, pengumpulan payment, pembuatan faktur, memberi tahu pelanggan tentang update, manajemen perubahan, dan tugas lainnya, meniadakan kebutuhan akan booking management portal yang mahal di situs web.
    [​IMG]

    5. Saran & Rekomendasi yang Dipersonalisasi
    Pramutamu terbaik adalah chatbots! Pengunjung Anda mungkin hanya memberi tahu Anda jenis hotel yang mereka sukai. Bersamaan dengan mengaktifkan pembayaran, chatbot dengan teknologi conversational AI memberikan saran yang relevan dan memungkinkan pelanggan memesan hotel pilihan mereka.
    [​IMG]

    6. Tur Online/Virtual
    Sebagai layanan bernilai tambah, menawarkan panduan informasi yang komprehensif adalah cara yang bagus untuk memenangkan hati pelanggan. Pertimbangkanlah museum atau situs bersejarah penting lainnya yang ingin dilihat pelanggan Anda.

    Meskipun tur berpemandu secara virtual bukanlah hal baru, sekarang lebih umum dari sebelumnya sebagai strategi pemasaran. Tur virtual sekarang mungkin memainkan peran strategis dalam sebuah perusahaan dan akhirnya menjadi penting.

    Tur virtual ini mungkin menyertakan konten seperti film, musik, gambar, dan rekaman untuk memberikan detail tambahan penting tentang tur suatu wilayah. Pengguna ingin melihat lebih dari sekadar penampilan; mereka sangat ingin melihat apa yang akan mereka lihat.
    [​IMG]

    7. Umpan Balik/Feedback yang Instan
    Dengan AI percakapan (Conversational AI), memberikan umpan balik kini semudah menekan tombol.

    Selalu ada ruang untuk perbaikan dalam hal pelayanan perusahaan. Orang yang berbeda yang mengunjungi Anda dapat memiliki pandangan yang berbeda tentang layanan Anda. Penting untuk terus mengajukan pertanyaan tentang ini. Meskipun berinteraksi dengan mereka masih merupakan tindakan terbaik, sekarang jauh lebih baik untuk menggunakan tool ulasan atau feedback yang memungkinkan Anda mengumpulkan umpan balik pengunjung dalam suatu ruang dan menganalisisnya kemudian di PC, perangkat seluler, atau iPad. Sistem elektronik ini tidak memenuhi persyaratan untuk umpan balik kertas, yang mungkin memberikan hasil yang salah dan pemeliharaannya tidak praktis.

    Sebagian besar layanan tur perjalanan telah terkena dampak buruk oleh pandemi covid-19, dan sebagian besar dari mereka sekarang mungkin berinvestasi di Customer experince sebagai beban keuangan yang berlebihan. Sebaliknya, menurut laporan McKinsey tentang resesi 2007-2009, perusahaan yang mengutamakan pengalaman pelanggan mungkin akan mengungguli pesaing mereka untuk tahun-tahun mendatang. Dengan demikian, pengeluaran terkait layanan pelanggan yang bijaksana mungkin penting untuk ekspansi dan kelangsungan brand di era pascapandemi.
    [​IMG]

    Tertarik dengan Gupshup?
    Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang harus dipikirkan oleh para pemimpin industri perhotelan:
    • Apa pendapat Anda tentang pengalaman digital, produk, dan kualitas layanan Anda?
    • Apakah Anda juga merasakan apa yang dipikirkan pelanggan?
    • Apakah Anda melakukan segala upaya untuk meningkatkan penjualan saat covid-19 pertama kali muncul?
    • Dan terakhir, bagaimana Anda dapat meningkatkan “romansa traveling” dengan memanfaatkan pengalaman layanan pelanggan Anda?
    Berikan Gupshup ꟷ penyedia dan Solusi Chatbot API pilihan di Indonesia ꟷ kesempatan untuk mengembangkan hotel atau perusahaan pariwisata Anda. Tingkatkan interaksi pengguna dengan brand Anda. Pelanggan Anda dapat memperoleh pengalaman yang disesuaikan di channel pilihan mereka hanya dengan satu API perpesanan (messaging API) yang mendukung lebih dari 30 channel!

    Untuk membantu biro travel dan perhotelan Anda berkembang lebih cepat, dapatkan keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain dan terapkan ide-ide baru dengan menggunakan Gupshup.

    Tingkatkan kinerja Anda di sektor pariwisata dan perhotelan sekarang juga. Ajukan demo dengan kami untuk melihat apakah Gupshup adalah pilihan terbaik untuk Anda.

    Sumber
    Dilokalisasi dari:

    Conversational AI For An Improved Customer Hospitality Experience

    Sumber lainnya:

    Conversational AI-powered Chatbots for Travel and Hospitality
     
    Last edited by a moderator: Aug 27, 2022
  2. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    85
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page