Ciri Ciri Berlian Putih

Discussion in 'General Lifestyle' started by crewjvm, Apr 6, 2018.

  1. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    94
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8

    Ciri Ciri Berlian Putih
    - Berlian atau diamond merupakan batu mulia yang digunakan untuk membuat perhiasan yang memiliki harga jual tinggi. Berlian putih sendiri merupakan salah satu jenis berlian yang sama halnya dengan jenis lainnya.
    Namun belakangan ini banyak oknum penjual perhiasan batu mulia ini yang memalsukan berlian termasuk berlian putih. Oleh karena itu sebagai konsumen atau pembeli kita harus cermat dan teliti ketika akan membeli perhiasan berlian.

    Agar tidak tertipu saat akan membeli perhiasan berlian putih maka Anda harus tahu apa saja ciri ciri berlian putih itu sendiri. Sebenarnya ciri - ciri berlian putih ini sama halnya dengan jenis berlian lainnya yaitu :

    Keras
    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa berlian ini merupakan jenis batu paling keras yang ada di bumi, oleh karena itu berlian tidak akan mudah tergores atau rusak bila terkena benturan. Bahkan tingkat kekerasan berlian bila diukur menggunakan Hardness tester atau alat ukur kekerasan dapat mencapai nilai 10 skala mohs.

    Memiliki Berbagai Warna
    Selain berwarna bening, berlian asli juga memiliki warna lain. Warna seperti pink, kuning dan biru merupakan warna langka untuk batu mulia yang satu ini. Oleh karena itu bila penjual mengatakan berlian yang dijualnya adalah berlian langka namun memiliki warna selain warna tersebut maka dapat menjadi indikator berlian tersebut palsu.

    Dapat Menggores Benda Apapun
    Dengan predikatnya sebagai benda paling keras di bumi tentu berlian asli dapat menggores benda apapun. Anda dapat mengujinya dengan menggoreskannya ke kaca, bila kaca tersebut tergores maka dapat dikatakan berlian tersebut asli. Bahkan belian asli juga dapat menggores logam sekalipun.

    Pencerminan Tidak Jelas
    Meskipun berwarna bening, namun pencerminan berlian ini tidaklah jelas. Jadi bila berlian yang akan Anda beli dapat mencerminkan benda yang dibaliknya maka dapat dikatakan berlian tersebut palsu. Anda dapat mengujinya menggunakan koran dan letakkan berlian di atasnya. Bila tulisan koran terbaca dengan jelas maka berlian tersebut adalah palsu, begitupun sebaliknya.

    Refleksi Abu-abu
    Warna yang dapat direfleksikan berlian asli hanyalah abu - abu. Jadi bila berlian tersebut dapat merefleksikan berbagai warna maka dapat dikatakan bahwa berlian tersebut adalah palsu.

    Tidak Bisa Berkabut

    Berlian asli juga dapat diuji dengan mudah yaitu dengan menghembuskan nafas ke berlian. Bila kabut atau uap air di berlian segera menghilang maka berlian tersebut adalah asli, namun bila kabut tersebut tertahan cukup lama maka dapat disimpulkan bahwa berlian tersebut palsu.

    Mampu Merefleksikan Cahaya

    Berlian asli juga dapat merefleksikan cahaya dari setiap sisinya, oleh karena itu berlian akan tampak mengkilap dari segala sisi. Jika berlian tersebut hanya terlihat mengkilap dari atasnya atau satu sisi saja maka berlian tersebut palsu.

    Tidak Bisa Dipanaskan

    Sama halnya dengan menguji berlian dengan menghembuskan nafas ke berlian, berlian asli juga akan cepat mengeluarkan panas bila berlian dipanaskan. Bila berlian tersebut dipanaskan dan panasnya tertahan cukup lama maka berlian tersebut bisa dikatakan palsu.

    Setelah Anda mengetahui ciri ciri berlian putih dan jenis berlian lain tentu Anda akan lebih cermat ketika akan membeli berlian. Cara - cara di atas dapat Anda praktekan lebih dahulu ketika akan membeli berlian, terima kasih.
     
Loading...

Share This Page