Cat Lantai Pabrik Perlu Mengindahkan Faktor-Faktor Berikut Ini

Discussion in 'General Business' started by alkemisa, Apr 26, 2022.

  1. alkemisa

    alkemisa New Member

    Joined:
    Dec 1, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sudah bukan merupakan rahasia umum lagi bahwa cat lantai pabrik merupakan bagian penting yang tidak boleh terlewatkan dalam renovasi maupun pembangunan pabrik itu sendiri. Berbeda dengan cat lantai lainnya, cat untuk lantai pabrik ini didesain khusus supaya dapat mengisi lubang hingga retakan pada lantai.

    Salah satu contohnya adalah jenis cat lantai epoxy yang dapat dijadikan sebagai alternatif perawatan sistem pelapisan lantai bangunan, pertambangan, petrokimia, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakannya untuk pengganti keramik, beton, dan lainnya. Penjelasan lebih lanjut terkait aplikasi jenis cat epoxy ini bisa Anda simak sebagai berikut.

    Terdapat beberapa langkah atau hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara aplikasi cat lantai pabrik, yaitu:

    Coating Surface Preparation
    Langkap pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan coating surface preparation. Langkah penting ini berguna untuk pembersihan substrat atau unsur-unsur yang mengganggu seperti: debu, kotoran, maupun minyak. Bagian ini perlu Anda perhatikan guna mendapatkan hasil terbaik saat pengaplikasian cat nantinya.

    Pastikan Lantai Kering
    Selanjutnya, jangan lupa pastikan lantai dalam keadaan kering supaya aplikasi cat untuk lantai pabrik memiliki hasil optimal sesuai dengan keinginan.

    Aplikasi Coating
    Selanjutnya, Anda perlu melakukan aplikasi lapisan primer dengan EonCoat 551 Primer produk dari Eon Chemicals yang dicampur dengan hardener pada perbandingan 4 banding 1. Jangan lupa masukkan tiner sebanyak 20%. Nah, setelah lapisan tiner kering, barulah aplikasikan EonCoat 551 SF Light Green (warna hijau) atau bisa warna lainnya dan hardener sebanyak 4 banding 1 tanpa adanya tiner.

    Setelah Anda melakukan aplikasi cat lantai pabrik seperti langkah-langkah tersebut di atas, maka terdapat beberapa manfaat yang sangat menguntungkan yaitu.

    Mengatasi Lubang dan Retakan
    Pengaruh pertama dari pengaplikasian cat untuk lantai pabrik adalah teratasinya lubang dan retakan. Sebagaimana yang diketahui bahwa lantai yang retak dan berlubang tentu sangat tidak aman dan sangat tidak nyaman. Namun, dengan penerapan cat untuk lantai pabrik, semua pemasalahan tersebut dapat diatasi.

    Tahan Benturan
    Adanya lapisan yang sangat keras membuat benda tidak dapat merusak lantai. Dalam artian, cat yang tahan benturan melindungi lantai dari benturan-benturan seperti adanya benda jatuh ke lantai.

    Tahan Bahan Kimia
    Ternyata, penggunaan EonCoat 551 sebagai cat lantai epoxy yang kuat juga tahan dengan bahan kimia sehingga lantai bisa terlindungi dari tumpahan oli, minyak, dan lain sebagainya.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,003
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    63
    Mungkin cat lantai di basement itu memang cat khusus buat lantai
    itu menggunaan kuas rol kecil untuk mengaplikasikan.
     
Loading...

Share This Page