Cara untuk Tetap Belajar Walaupun Malas

Discussion in 'Education' started by Adam Levine, Feb 16, 2021.

  1. Adam Levine

    Adam Levine Member

    Joined:
    Aug 10, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    pexels-andrea-piacquadio-3808012.jpg

    Menempuh pendidikan sejak kecil bukanlah proses yang mudah. Apalagi jika kamu punya keinginan untuk mendapat nilai bagus dan berprestasi di bidang akademik. Belajar adalah kewajiban. Namun kegiatan belajar ini tidak akan selalu berjalan mulus. Ada saja godaan untuk bermalas-malasan.

    Apakah kamu sering mengalami kendala untuk fokus belajar? Jika demikian, maka perlu dilakukan beberapa cara agar kamu tetap belajar meskipun sedang tidak ingin atau malas. Cara ini tidak hanya diperlukan saat kamu hendak menghadapi ujian sekolah. Akan tetapi juga penting untuk perkembangan daya pikir dan perilaku kamu di masa depan. Berikut ini 5 cara agar bisa tetap belajar secara konsisten:

    1. Berhenti Melakukan Multitasking
    Multitasking adalah aktifitas yang bercabang. Dalam kata lain, kamu tidak fokus pada satu pekerjaan. Di masa wabah Covid-19 ini, KBM online diberlakukan. Kemungkinan untuk belajar di rumah secara mandiri akan mengalami banyak gangguan. Apalagi di rumahmu tersedia akses wifi yang lancar.

    Jika kamu sering melakukan multitasking seperti mengerjakan tugas kelas sembari membalas pesan WA dari teman, maka segeralah berhenti. Singkirkan smartphonemu sejauh mungkin. Letakkan ia di tempat yang tidak dapat dijangkau penglihatanmu agar tidak terganggu.

    Begitu pun ketika kamu terbiasa belajar di ruang keluarga sembari menonton TV, maka pindahlah ke ruangan lain. Atur tempat belajarmu senyaman mungkin. Segera mulai belajar, lalu fokuslah pada materi yang ada di hadapanmu.

    2. Mengingat Kembali Tujuan dan Cita-Cita
    Saat malas melanda kamu padahal harus mempelajari contoh latihan soal dari guru, apa yang kamu lakukan? Melanjutkan permainan online atau serial drama yang belum usai kamu tonton? Ini tidak akan menghilangkan kemalasanmu itu. Justru akan menambah godaan untuk terus bermain.

    Ketika itu terjadi, cobalah mengingat kembali cita-cita yang selalu muncul di pikiranmu. Keingian terkuat yang harus kamu capai itu akan sulit jika kamu bermalas-malasan. Belajar seharusnya tidak hanya dilakukan saat kamu sedang ingin. Namun menjadi sebuah kebutuhan ketika kamu tidak belajar satu hari saja.

    Ingatlah bahwa cita-citamu itu sangat berharga. Waktu yang kamu punya saat ini akan membuahkan banyak kebahagiaan. Tentu hanya jika digunakan untuk melakukan hal-hal positif. Say no to be lazy!

    3. Membuat Jadwal Rutin Belajar
    Cara berikutnya adalah dengan membuat jadwal rutin belajar. Jika kamu merasa kesulitan dalam menyusunnya, mintalah bantuan orang tuamu. Jadwal ini sangat penting agar kamu bisa konsisten. Akan ada sebuah dorongan kuat untuk terus belajar.

    Meskipun awalnya harus menjalani jadwal dengan terpaksa, lama-lama kamu akan terbiasa. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa untuk memiliki kebiasaan baru dibutuhkan setidaknya 2 bulan melakukannya. Maka dari itu, jadwal belajar ini harus kamu jalani minimal rentang waktu tersebut. Rutinitas belajar ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru yang ringan dilakukan.

    4. Memberi Reward
    Pemberian reward kepada diri sendiri dapat memicu semangat belajarmu. Reward ini tentu diberikan setelah komitmen yang kamu buat berhasil dilakukan. Semisal patuh terhadap jadwal belajar harian, mengerjakan tugas-tugas sekolah tepat waktu, dan lain sebagainya.

    Hadiah ini tidak harus berbentuk materi, bisa pula non materi. Janjikan pada dirimu sendiri untuk bisa menonton film seharian setelah menjalankan jadwal tanpa bolos. Bisa juga dengan membeli mainan terbaru yang sangat ingin kamu miliki.

    5. Mengenali Gaya Belajar yang Cocok
    Cara ini sangat dibutuhkan agar proses belajarmu lebih mudah. Kenali gaya belajar dirimu sendiri. Apakah kamu tipe pembelajar visual, auditori, atau dengan kinestetik. Jika kamu sudah mengetahuinya, maka sesuaikan materi pelajaran dengan kemampuan tersebut.

    Saat kamu malas belajar, cara ini sangat ampuh diterapkan. Buatlah metode sendiri yang sesuai gaya belajar kamu. Semisal jika kamu tipe auditori, maka rekamlah referensi yang ada dibukumu dalam bentuk suara, kemudian dengarkan kembali.

    Cara-cara di atas tidak hanya akan membuatmu konsisten belajar. Namun dapat membantumu menyelesaikan soal ujian sekolah sd, smp, sma atau tingkat apapun yang sedang kamu tempuh dengan mudah. Jangan menyerah, lakukan dengan sungguh-sungguh!
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,809
    Likes Received:
    128
    Trophy Points:
    63
    Tuntutlah ilmu hingga ke liang lahat
    hidup untuk belajar, tapi juga belajar untuk hidup.
     
Loading...

Share This Page