Cara Optimalkan Penggunaan AC dalam Rumah

Discussion in 'General Business' started by 7hakapolar, Oct 20, 2017.

  1. 7hakapolar

    7hakapolar New Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sangat penting bagi kita untuk bisa menghemat listrik dirumah terutama bagi rumah tangga yang memiliki AC (air conditioner) sebagai penyejuk ruangan. Berikut saya beri ulasan bagaimana mengoptimalkan penggunaan AC dalam rumah sehingga dapat menghemat konsumsi listrik anda di rumah :

    1. Tutup ventilasi udara yang besar – Coba anda cek kemabli, apakah di dalam ruangan yang terpasang AC terdapat kebocoran udara. Hal yang demikian sangat berguna supaya penggunaan AC dapat lebih efisien dalam mendinginkan suhu ruangan anda. Jika terdapati jendela yang bisa buka tutup, maka cek kembali saat jendela tersebut tertutup, apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada, segera perbaiki kebocoran udara tersebut.
    2. Periksa insulasi loteng – Untuk lebih memastikan efisiensi terhadap penggunaan AC (sistem pendingin), periksa dan perbaiki insulasi pada loteng rumah anda. Hal demikian dilakukan supaya ruangan anda mendapatkan suhu yang nyaman serta efisien terhadap kinerja AC.
    3. Membersihkan daerah sekitar unit AC Outdoor– Khususnya pada unit outdoor, lakukanlah pembersihan di daerah sekitarnya seperti daun dan rumput mati atau sampah kering disekitarnya. Ini merupakan ide yang bagus untuk memangkas kembali setiap dedaunan di dekat unit outdoor untuk lebih memastikan aliran udara yang memadai.

    4. Periksa filter udara AC anda – Sebelum mengoperasikan AC pada musim panas (kemarau), periksa filter udara AC Anda. Filter udara AC yang kotor dapat membatasi aliran udara serta membuat sistem pendingin (penggunaan AC) Anda akan beroperasi kurang efisien. Kebanyakan filter udara AC harus diperiksa setidaknya sebulan sekali atau bahkan 2 kali dalam sebulan dan diganti bila terlihat sangat kotor.

    5. Periksa kembali saluran pembuangan – sistem pendingin Anda akan mengalirkan kelebihan air saat beroperasi. Untuk memeriksa saluran pembuangan air, periksalah ketika AC dinyalakan, sehingga anda akan melihat apakah air yang dibuang tersebut mengalir secara lancar atau tidak. Jika Anda tidak melihat air menetes, kemungkinan terjadi penyumbatan pada salurannya.

    6. Pemeriksaan AC oleh profesional – Dengan pemeliharaan yang rutin pada unit AC indoor serta outdoor tentu akan membuat sistem pendingin tersebut berjalan dengan efisien. Jasa pemeliharaan AC profesional akan memeriksa bahwa AC Anda ada pada tingkat yang benar atau tidak seperti komponen listrik dan mekanik beroperasi dengan benar atau tidak.
    Semoga dapat bermanfaat ulasan yang baru saya bagikan kepada para pembaca..
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Kalau settingan ac yang optimal, dan ga boros listrik kaya gimana ya?
     
Loading...

Share This Page