Cara Mudah Agar Proses Booting dan Shutdown Komputer Cepat

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Feb 11, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Cara Mudah Agar Proses Booting dan Shutdown Komputer Cepat – Mengerjakan sesuatu memang terasa menyenangkan bila berjalan lancar dan cepat. Semua semakin terasa mudah dengan hadirnya perangkat pintar bernama komputer. Namun dapat menjadi hal yang menjengkelkan pula jika komputer yang Anda miliki lambat sekali saat berpoerasi.

    Untuk mengatasi masalah seperti ini, pada kesempatan kali ini Agreside akan coba membahas tentang cara mudah agar proses booting dan shutdown komputer Anda menjadi lebih cepat. Sehingga dengan cara ini semoga dapat membantu permasalahan Anda yang menginginkan proses booting shutdown komputernya menjadi cepat.

    Dengan sedikit pengaturan maka dijamin siapapun dapat membuat komputernya cepat saat proses booting dan shutdown. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat proses booting dan shutdown komputernya cepat.

    1. Cara Mudah Membuat Proses Booting Komputer Cepat

    Untuk membuat proses booting komputer Anda menjadi lebih cepat banyak caranya. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas satu cara yang mudah saja, yakni dengan mengurangi waktu booting pada “Boot Menu Time Out”.

    Fungsi Boot Menu Time Out adalah untuk melakukan pengaturan waktu booting sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Waktu booting ini dibuat untuk memberikan jeda waktu agar penggunanya bisa masuk ke Mode lain selain mode normal saat menjalankan komputer. Misalnya seperti mode safe mode ataupun mode recovery.

    Nah jika Anda tidak sering masuk ke mode-mode lain selain mode normal, maka Anda dapat menurunkan kecepatan waktu boot agar lebih cepat masuk ke mode normal. Caranya adalah sebagai berikut ini :

    Masuklah terlebih dahulu ke “Advanced system settings”. Cara termudah untuk masuk ke sana adalah dengan mengetikan pada menu Search “advanced system”. Nantinya akan keluar pilihan “View Advanced System Settings”

    Selanjutnya pilih tab Advanced, lalu lihatlah bagian Startup and Recovery. Kemudian Anda klik tombol Settings.

    [​IMG]

    Lihatlah gambar di atas, selanjutnya di bagian Time to display list of operating systems rubahlah menjadi 10 atau 15 detik. Jika sudah, simpanlah pengaturan tersebut dengan klik tombol OK.

    Selesai.

    Cobalah restart komputer Anda dan rasakan perbedaanya setelah melakukan pengaturan tersebut.


    2. Cara Mudah Membuat Shutdown Komputer Cepat

    Setelah kita mengetahui cara membuat proses booting komputer Anda menjadi lebih cepat, kini kita akan membahas cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat Shutdown komputer jadi lebih cepat.

    Cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat Shortcut Shutdown. Dimana nanti saat Anda ingin mematikan komputer dengan cepat, Anda hanya perlu klik shortcut tersebut 2x dan komputer Anda pun akan segera mati.

    Menarik bukan?

    Untuk membuat shortcut shutdown ini juga caranya mudah, Anda dapat melakukannya sendiri dalam waktu kurang dari 5 menit. Berikut ini adalah caranya :

    Pertama, silahkan Anda menuju dekstop.

    Selanjutnya, klik kanan pada bagian yang kosong di desktop Anda. Pilihlah “New”, kemudian klik “Shortcut”.

    Nanti akan keluar jendela seperti berikut ini.

    [​IMG]

    Silahkan isi dengan “shutdown.exe -s -t 00 –f “

    Klik Next, Selesai.

    Kini shortcut yang baru jadi tersebut bisa Anda klik 2x untuk mematikan komputer Anda dengan cepat.

    Nah itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat proses booting dan shutdown komputer Anda menjadi lebih cepat. Sekedar tips tambahan untuk menutup artikel kali ini, Anda dapat juga mematikan cepat komputer Anda dengan menekan tombol power dengan lama.

    Dengan menekan tombol power selama beberapa detik akan membuat komputer yang Anda gunakan langsung mati seketika. Sebaiknya Anda tidak menggunakan cara ini jika tidak dalam situasi ‘kepepet’. Menggunakan cara ini akan menonaktifkan perangkat komputer Anda secara paksa. Bahkan piringan harddisk yang berputar pun akan ikut mati mendadak. Sehingga jika cara ini sering-sering digunakan, beberapa internal hardware perangkat komputer Anda bisa jadi akan mudah rusak. Jadi gunakan cara ini jika Anda benar-benar dalam situasi urgent saja seperti komputer ngehang atau not responding ya.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada artikel selanjutnya ya.

    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/02/cara-mudah-agar-proses-booting-dan.html
    https://www.agres.id
     
  2. nyemopedia

    nyemopedia New Member

    Joined:
    Feb 19, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nice tips gan, saya g hobi edit begituan, ganti SSD aja dah cepet kok :p
     
  3. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    bisa juga dengan mengatur msconfig timeout dibikin 3 terus dibikin no iu saat booting, lumayan mempercepat proses booting windows
     
  4. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Yoi bener banget gan... Ganti SSD langsung wooosssh...

    Nah, makasih tips tambahannya ya gan... ;)
     
Loading...

Share This Page