Cara Merawat Kaca Mobil agar Tidak Cepat Buram

Discussion in 'Otomotif' started by Franky Sitepu, Sep 22, 2015.

  1. Franky Sitepu

    Franky Sitepu Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    199
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Kaca mobil yang merupakan bagian dari mobil kadang sering luput dari perhatian dalam merawat mobil. Karena biasanya kaca mobil jika belum mengalami retak, pecah rasanya sering terlupakan. Sebagian besar pengguna kendaraan belum mengetahui, jika kaca mobil sudah mengalami kerusakan (terdeformasi) atau berjamur akan sulit diperbaiki, bahkan parahnya lagi tidak akan bisa diperbaiki. Maka dari itu, perawatan berkala terhadap kaca mobil wajib dilakukan, jika kaca depan mobil tidak bersih atau banyak goresan, maka pandangan mata pengemudi juga akan sangat terganggu dan sungguh berbahaya.

    Perawatan tidak harus dilakukan di salon mobil, karena memang bisa dilakukan sendiri. Namun, jika ingin ke salon mobil tidak masalah, hanya saja akan cukup mahal biayanya. Tetapi jangan lupakan untuk merawat kondisi kaca mobil tersebut. Ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam merawat kaca mobil agar nyaman dan tidak membahayakan dalam berkendara. Adapun 3 cara tersebut sebagai berikut :

    Periksa kondisi wiper kendaraan

    Gantilah wiper jika sudah rusak, karena jika didiamkan akan mengakibatkan goresan pada kaca. Kemudian tidak mengoperasikanwiper ketika kaca dalam kondisi kering, apalagi ketika ada debu dan kotoran yang menempel pada kaca. Jika memang ingin menggunakanwiper sebaiknya semprotkan cairan wiper terlebih dahulu.

    Tanda-tandawiper yang sudah rusak yaitu karetnya sudah tidak lentur, terdapat retakan pada karet dan jika digunakan tidak menyapu air dengan sempurna. Kenali tanda-tanda itu jika ingin kaca kendaraan tidak cepat rusak.

    Membersihkan kaca jika terkena kotoran

    Jika kaca terkena debu kering, sebaiknya bersihkan kaca mobil dengan kemoceng halus terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kain atau lap kering berbahan lembut. Ini mencegah terjadinya baret-baret halus pada kaca mobil.

    Namun lain halnnya jika kaca terkena debu atau tanah basah, sebaiknya siram dahulu dengan air bersih secukupnya untuk mengangkat kotoran dari kaca mobil, baru selanjutnya pergunakan lap dengan bahan yang tidak kasar, Selain itu, pembersihan juga seharusnya dilakukan ketika kaca terkena air hujan, karena dikhawatirkan air hujan tersebut mengandung asam, yang dapat merusak struktur kaca kendaraan.

    Periksa sisa-sisa cairan pembersih kaca mobil

    Jika menggunakan cairanconcentratepembersih kaca, pastikan sisa cairan dilap sampai bersih, jangan sampai tertinggal dan mengering dangan sendirinya pada kaca. Itu akan menyebabkan beberapa kerusakan pada kaca seperti, rusaknya struktur kaca, terkelupasnyaceramicpada kaca, kaca menjadi buram, terkelupasnyadefogger, serta timbulnya jamur.

    Menggunakan cairan untuk kaca mobil sebaiknya pilih jenis yang memiliki PH normal yaitu tujuh, dan tidak memiliki keasaman yang tinggi,agar struktur kaca tetap terjaga dan menghindari kaca rusak.

    Selamat Berkendara dan patuhi peraturan lalu lintas.
     
  2. isadaud2006

    isadaud2006 Member

    Joined:
    Jan 19, 2015
    Messages:
    118
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Ane bookmark dulu den,,ntar pas ane punya mobil langsung ane praktekin:D
     
  3. Rudi Nazarudin

    Rudi Nazarudin Member

    Joined:
    Oct 7, 2014
    Messages:
    351
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
    wah.. sempet juga tuh ngalamin kaca jadi buram cuman gara-gara wiper
     
  4. Franky Sitepu

    Franky Sitepu Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    199
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    hehehhe.. siap Kang "isadaud2006" amin kag.. didoain supaya terkabul doanya kang... sukses selalu kang
     
  5. Franky Sitepu

    Franky Sitepu Member

    Joined:
    Jul 27, 2015
    Messages:
    199
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Iya bener Kang Rudi.. kalau wiper sudah waktunya di ganti sebaiknya diganti, kalau sdh baretin kaca lebih mahal jadinya.. sebenernya ada cairan yang membuat wiper jadi awet dan lembut sehingga tidak merusak kaca.. banyak dijual KangRudi..
     
  6. risiandison

    risiandison Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    61
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    memang kaca mobil paling sering kena jamur, apalagi kalo sdh kena biasa nya agak sulit ilangin nya,

    harga honda jazz palembang
     
  7. Mantap ulasannya. Terimakasih banyak
     
Loading...

Share This Page