Cara Menghitung Persen Dengan Mudah

Discussion in 'Education' started by RyanNDI, Apr 23, 2020.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    71
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Anda barangkali merupakan salah satu orang yang masih belum paham bagaimana cara menghitung persen. Tapi, Anda tak perlu bingung lagi karena bentuk persen ini sebenarnya sudah dipelajari ketika Anda masih duduk di bangku SD, kok. Tepatnya saat mata pelajaran matematika.

    Kalau Anda masih belum mengingat kembali cara menghitung persen, yuk lanjutkan membaca dan temukan penjelasan tentang apa itu persen serta cara menghitungnya! Jadi, nanti ketika Anda menemukan promo diskon potongan 50% atau 75% di toko favorit, Anda tidak lagi keliru menghitung diskonnya.

    Tentang Persen

    Persen sendiri merupakan penggambaran data dalam bentuk persentase, atau per seratus. Penggunaannya paling banyak ditemukan dalam perhitungan persentase suku bunga, proporsi terhadap jumlah penduduk, potongan harga atau diskon, dan sebagainya. Persen juga dilambangkan dengan simbol % – jadi, kalau ada tulisan diskon 50%, misalnya, berarti persentase tersebut dibaca ‘lima puluh persen’. Apabila angka persen diubah menjadi bilangan pecahan, maka persentase 50% sama dengan 50/100, atau lima puluh per seratus.

    Cara Menghitung Persen

    Rumus dasar dalam menghitung persen adalah sebagai berikut:

    Persentase (%) = (Jumlah bagian/Jumlah keseluruhan) x 100%

    Dengan rumus tersebut, Anda bisa menghitung persen secara matematis dengan lebih mudah dan cepat. Segala bentuk pecahan, desimal, rasio, maupun bentuk lain dapat diubah menjadi sebuah persentase dengan rumus di atas, yaitu dengan mengalikannya dengan angka 100.

    Oh iya, Anda juga bisa menghitung berapa pecahan dari sebuah nilai persentase yang telah diketahui dengan menggunakan rumus berikut ini:

    Jumlah bagian = Persentase (%) x Jumlah keseluruhan

    Agar Anda jadi lebih mudah memahami bagaimana caranya, ada beberapa contoh skenario atau soal berikut ini untuk memperjelas cara perhitungan persen.

    Contoh Cara Menghitung Persen
    Contoh 1
    Ada sebuah gelas yang diisi dengan air sirup sebanyak 400 ml. Kemudian, gelas tersebut diisi lagi dengan sirup sebanyak 40 ml. Kalau begitu, berapa persen penambahan volume sirup yang terdapat di dalam gelas tersebut?

    Pembahasan
    Diketahui bahwa jumlah bagian adalah 40 ml dan jumlah keseluruhan adalah 400 ml. Dengan begitu, perhitungan persen dengan menggunakan rumus di atas adalah:

    Persentase = 40 ml/400 ml x 100% = 10%.

    Jadi, total persentase penambahan volume sirup yang ada di dalam gelas adalah sebesar 10%.

    Contoh 2
    Rika mendapatkan PR matematika dari sekolah sebanyak 50 soal. Di malam hari ketika sedang mengerjakan PR tersebut, ibu Rika bertanya sudah berapa banyak soal yang Rika kerjakan. Rika menjawab bahwa ia sudah mengerjakan 80% dari seluruh soal. Kalau begitu, berapa banyak soal yang sudah Rika kerjakan?

    Pembahasan
    Dari soal di atas, diketahui bahwa persentase adalah sebesar 80% dan jumlah keseluruhan adalah 50 soal. Dengan menggunakan rumus di atas, maka jumlah soal yang sudah dikerjakan oleh Rika adalah sebagai berikut:

    Jumlah bagian = 80% x 50 soal = 80/100 x 50 soal = 40 soal.

    Jadi, jumlah soal yang sudah dikerjakan Rika dari total 50 soal adalah 40 soal.

    Contoh 3
    Sepasang sepatu baru yang diinginkan oleh Reki dijual dengan harga Rp 200.000. Kemudian, toko sepatu yang menjualnya memberikan diskon sebesar 20% untuk pembelian sepatu tersebut. Jika Reki membeli sepasang sepatu itu, berapa harga akhir yang perlu dibayar oleh Reki?

    Pembahasan
    Berdasarkan skenario tersebut, diketahui bahwa besaran persentase diskon adalah 20% dan harga keseluruhan atau harga asli sepatu adalah Rp 200.000. Dengan begitu, perhitungan harga akhirnya dilakukan dengan cara berikut ini.

    Pertama, hitung dulu berapa besar diskon atau potongan harga yang diterima Reki.

    Besar diskon = 20% x Rp 200.000 = 20/100 x 200.000 = Rp 40.000.

    Kedua, hitung selisih antara harga asli sepatu dengan besar diskonnya.

    Harga sepatu sesudah didiskon = Rp 200.000 – Rp 40.000 = Rp 160.000.

    Jadi, harga akhir sepatu setelah didiskon adalah Rp 160.000.


    Sumber
     
Loading...

Share This Page