Cara Menghadapi Anak Yang Susah Makan

Discussion in 'General Lifestyle' started by sdkrahman, Apr 11, 2017.

  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    187
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Banyak sekali penyebab anak susah makan misalnya seperti tidak suka mengonsumsi sayuran, memilih-milih dalam makan dan tidak mau menelan makanan. Faktornya bisa karena anak tidak menyukai rasa makanannya atau memang anak bosan dalam melakukan aktivitas menguyah lalu menelan makanan. Sangat penting untuk Anda sebagai orang tua mengetahui cara mengatasi anak susah makan. Karena kondisi tersebut akan berdampak buruk pada anak jika dibiarkan tanpa ada penyelesaian. Jangan pernah memaksa anak untuk menghabiskan makanannya, karena itu hanya memicu anak untuk berbohong. Anak bisa berpura-pura menghabiskan makanannya padahal sebenarnya ia membuang makanannya di suatu tempat.

    Berbagai Cara Jitu Untuk Mengembalikan Nafsu Makan Anak

    [​IMG]

    1. Kondisikan Makanan Dengan Pencernaan Anak
    Jika anak Anda sedang dalam usia golden age atau usia 0-3 tahun, pastikan makanan yang Anda berikan sudah benar-benar di olah menjadi tekstur yang sangat halus. Sehingga anak Anda dapat mengunyah dan menelannya dengan mudah. Karena anak pada usia tersebut sedang mengalami masa transisi dari konsumsi asi ke konsumsi makanan padat. Biasanya ia tidak mau makan karena belum terbiasa, baik pencernaannya maupun lidahnya.

    2. Berikan Cemilan Menarik Setelah Anak Makan
    Pada umumnya, anak dalam usia golden age lebih senang mengonsumsi cemilan-cemilan menarik ketimbang menghabiskan makanan yang seharusnya ia makan. Karena itu siasati dengan memberikannya cemilan menarik setelah ia berhasil menghabiskan makanannya. Sajikan makanan dengan porsi yang lebih sedikit agar ia masih memiliki ruang untuk melahap cemilannya.

    3. Sajikan Pada Alat Makan Khusus
    Bangunlah suasana menyenangkan bagi anak saat mengonsumsi makanannya. Belikanlah ia alat makan khusus agar si kecil semakin bersemangat untuk menghabiskan makanannya. Anda bisa memberikannya alat makan khusus sesuai dengan tokoh kartun yang ia sukai atau warna kesukaannya. Hal ini akan memicu rasa senang si kecil saat waktu makan tiba.

    4. Bersabar dan Berikanlah Pemahaman Pentingnya Makan Bagi Si Kecil
    Cara paling ampuh adalah memberikan pengertian dan pemahaman kepada si kecil mengenai pentingnya makan untuk tumbuh kembangnya. Bahwa mengonsumsi sayur wortel sangat bagus untuk kesehatan mata dan mengonsumsi ikan sangat baik untuk kekuatan tulang serta kekebalan tubuh. Pemahaman tersebut harus ditanamkan kepada anak sejak dini, agar nantinya akan terus diingat dan menjadi sebuah kebiasaan anak untuk selalu mengonsumsi makanan sehat.

    Berikut adalah cara-cara mengatasi anak susah makan yang bisa Anda terapkan kepada anak Anda. Jika anak masih mengalami masalah susah makan, sebaiknya konsultasikan kepada dokter gizi untuk mendapatkan solusinya.

    Solusi Lain Menghadapi Anak Yang Susah Makan
    [​IMG]
    Dari sekian banyak cara, solusi paling penting menghadapi anak susah makan adalah komunikasi. Lakukan pendekatan pada anak, jalin komunikasi dengan baik dan coba untuk mengerti apa yang anak Anda inginkan. Anak paling suka didengarkan dan jika Anda sudah dekat dengan anak, pasti anak akan mudah untuk patuh pada aturan.
     
  2. Hana07

    Hana07 Member

    Joined:
    Mar 16, 2017
    Messages:
    130
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    satu lagi Den.. dikemas dalam tampilan yang menarik jadi menambah napsu makan juga *dancewithme*
     
  3. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    bener banget di bentuk yang lucu lucu
     
Loading...

Share This Page