Cara Mencuci Jaket Kulit Tetap Awet

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by elfathin, Dec 29, 2019.

  1. elfathin

    elfathin Member

    Joined:
    Jul 31, 2018
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Mengapa perlu tahu cara mencuci jaket kulit dengan benar
    Tak peduli dari jenis kulit apa pun jaket kamu dibuat (apakah itu suede, kalep, semi kulit, oscar, kulit kw atau bekas, kulit imitasi atau sintetik atau jenis kulit lainnya), kamu tetap perlu tahu cara mencuci jaket. Emang betul… kamu bisa mencuci jaket di tempat laundry, namun ada beberapa pusat jasa laundry pencucian jaket yang tidak faham tentang kulit.

    Laundry umumnya ada di kota besar. Kamu bisa jumpai laudry di Bandung, Depok, Bekasi, Bintaro, Jakarta (utara, selatan, barat, timur, pusat), Tangerang, Ciledug, Kelapa Gading, Bogor, Medan dan kota besar lainnya. Cek juga layanan jasa pembersihan jaket kulit terdekat di kotamu.

    Perawatan yang salah bisa merusak kulit
    Kulit hewan merupakan bahan alami dalam pembuatan jaket, sehingga perlu perawatan khusus untuk membuatnya tetap awet dan kelihatan baru. Sekalipun jaket kulit adalah jenis fashion yang bertahan lama, namun cara perawatan yang tikda tepat justru bisa merusaknya seperti jadi bulukan. Oh iya, perawatan jaket kulit yang baik dan benar bisa memperpanjang umur jaket kulit.

    Harga jaket kulit asli yg mahal
    Enjoy leather telah menjelaskan analisa harga jual jaket kulit dalam artikel bisnis jaket kulit. Di artikel tersebut dijelaskan bahwa harga dasar kulit asli domba super (lainnya kulit kambing, kulit sapi) sendiri sudah mahal, sekitar 300 ribuan. Oleh karena itu, wajar kiranya harga jaket kulit asli lebih mahal dari jaket kulit sintetis (imitasi) atau jaket semi kulit yg lebih murah harganya.

    Kamu gak mau kan, produk fashion berharga mahal justru rusak karena perawatan yang salah apalagi dg biaya mahal? So, kamu perlu baca cara mencuci jaket kulit asli yang benar

    Harga jaket kulit di Denpasar Bali tidak berbeda jauh dengan di kota lainnya seperti Jogja, Surabaya, Semarang, Solo, Malang, Makassar, Tulungagung. Kamu bisa cek juga cek daftar harga jaket kulit terbaru di kedai online seperti Zara. Selain merk (seperti Cardinal atau Armani), asesoris dan variasi puring bisa menyebabkan perbedaan harga jaket kulit asli.

    Tips Membersihkan Jaket Kulit
    Jangan gunakan pemutih (bleaching)
    Dilansir dr laman diynetwork.com, sangat disarankan untuk tidak mencuci jaket kulit dengan pembersih yang mengandung bahan pemutih seperti ammonia. Amonia bisa menyebabkan jaket kulit menjadi kering dan retak-retak sehingga permukaan jaket kulit pun rusak.

    Gunakan deterjen ringan
    Gunakan deterjan ringan (mild detergent) untuk mencuci jaket kulit. Selalu larutkan bubuk deterjen ke dalam air terlabih dahulu sebelum digunakan sebagai bahan dan cara mencuci jaket kulit yang baik.

    Mild soap (sabun ringan) dan mild detergent memiliki fungsi yang sama, yakni membersihkan dari kotoran. perbedaan keduanya terletak dari bahan pembuatannya. Mild soap terbuat dari minyak atau lemak alami, sedangkan mild detergent terbuat dari bahan sintetis (dari petroleum). Keduanya bekerja dengan cara menurunkan tegangan permukaan sehingga kotoran yang menempel dapat terlepas.

    Segera bersihkan kotoran yang menempel
    Mungkin suatu waktu, kamu pernah bepergian pakai jaket kulit. Jaket kamu jadi kotor karena debu. Kotoran tersebut segera bersihkan sehingga tidak meninggalkan bekas noda. Untuk noda yang membandel gunakan cara berikut.

    Segera bersihkan kotoran atau noda yang menempel di permukaan jaket kulit dengan kain lembut. Tujuannya adalah supaya kotoran tidak menempel secara permanen (noda). Jika dibiarkan, noda akan masuk ke dalam pori-pori jaket kulit. Akibatnya, kotoran menjadi sulit dibersihkan. Ukuran pori-pori jaket kulit bergantung pada ukuran hewan yang kulitnya dibuat menjadi kerajinan.

    Wikihow menuturkan ada 3 cara utama untuk membersihkan jaket kulit. Diantaranya adalah

    Membersihkan jaket kulit dengan air sabun
    Membersihkan jaket kulit dengan cairan pembersih
    Membersihkan jaket kulit dengan conditioner kulit
    Cara mencuci jaket kulit dengan benar
    Mia Sumiati melalui laman website setrika.com juga memberikan cara pencucian dan perawatan jaket kulit. Berikut adalah tahapannya.

    Siapkan peralatan dan bahan untuk mencuci
    Langkah pertama, siapkan air suam-suam kuku, sabun yang lembut seperti sabun mandi atau sampo bayi, kain bersih, handuk kering.

    Buat larutan sabun lembut
    Masukkan sabun lembut atau sampo bayi ke dalam air suam-suam kuku secukupnya, asal kelihatan keruh saja. Sudah tahu kan sabun lembut?

    Sabun lembut adalah sabun yang terbuat dari minyak nabati seperti minyak zaitun, kandungan minyak pembersih rendah dan ditambahkan conditioner untuk membuat alkali benar-benar tidak ada sisa. Terkadang tekstur sabunnya cenderung berminyak. Contohnya adalah sabun bayi (baby soap).

    Uji kelunturan jaket kulit
    Sebelum mulai menerapkan cara mencuci jaket kulit yang benar, tes terlebih dahulu jaket kulit anda dengan menggunakan kain berwarna putih. Carilah bagian yang tersembunyi, seperti bagian bawah kerah.

    Usapkan air sabun, jika jaket kulit anda luntur maka ada baiknya proses pencucian tidak usah menggunakan sabun. Cukup dengan air suam-suam kuku dan lap yang digunakan jangan telalu basah. Jika jaket kulit anda tidak luntur, lanjutkan proses pencucian.

    Setiap kulit hewan untuk kerajinan itu punya ciri khas. Kulit sapi cenderung lebih kaku dibandingkan dengan kulit kambing atau domba. Jadi, kelenturan setiap jenis kulit itu berbeda-beda.

    Gantungkan jaket dan mulai mencuci
    Gantung jaket kulit kamu, mulailah proses pencucian dengan cara mengelap jaket kulit dengan air sabun secara perlahan. Jadi, celupkan kain lap dan peras airnya. Ingat bahwa kain yang digunakan tidak boleh terlalu basah, cukup lembap saja. Usap-usap jaket kulit satu arah.

    Bilas jaket dari sisa sabun. Caranya sama, tapi gunakan air bersih (bukan air sabun). Ingat tidak boleh ada sisa sabun yang tersisa karena akan membuat jaket kulit anda kering dan akhirnya mengelupas. Ingat: jangan gunakan lap yang terlalu basah. Air dapat masuk ke dalam pori-pori jaket kulit dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

    Mengeringkan jaket kulit
    Keringkan dengan handuk kering. Tekan-tekan dengan lembut. Angin-anginkan jaket kulit, ingat jangan sekali-sekali dijemur dibawah terik matahari karena akan membuat kering kulit dan ujung-ujungnya rusak. Jadi, jangan menjemur jaket kulit ya guys.

    Pastikan jaket kulit anda benar-benar kering, karena jika disimpan dalam keadaan lembap maka akan berpotensi tumbuh jamur. Lemari buat menyimpan jaket kulit pun juga perlu dipastikan dalam kondisi kering. Dengan demikian, jaket kulit anda tidak berjamur (jamuran).

    Untuk mengeringkan jaket kulit setelah kehujanan pun caranya sama. Agar warna cat kulit (hitam, coklat) tidak pudar dan rusak, maka gantungkan jaket kulit atau letakkan di atas meja. Lap jaket yang kena air bekas hujan dengan kain lap lembut.

    Cara mencuci jaket kulit dengan mesin cuci
    Mesin cuci tidak direkomendasikan
    Mencuci dengan menggunakan mesin cuci sangat tidak dianjurkan, namun jika anda terpaksa harus mencuci dengan mesin cuci maka gunakanlah sabun yang lembut dan jaket kulit anda harus dibungkus oleh tas laundry. Hal ini untuk mencegah kerusakan jaket karena putaran mesin cuci, untuk meminimalkan resiko kerusakan seting mesin cuci anda ke mode soft.

    Kamu juga perlu mengenal jenis kulit kamu, apakah model bomber, model parka atau model lainnya. Dalam setiap pembelian, biasanya disertakan manual guide perawatan jaket kulit. Lihat dan ikuti.

    Tips pencucian
    Jika Anda mencuci dengan mesin cuci, jaket kulit tidak boleh dijemur dengan cara digantung. Bentuk jaket anda akan mengikuti bentuk gantungan.

    Letakkan saja jaket di atas meja, tekan-tekan dengan menggunakan handuk kering agar proses penjemuran lebih cepat. Agar jaket kulit anda tidak bernoda, ada baiknya ketika terkena noda, Anda langsung membersihkannya sehingga tidak meninggalkan bekas. Sudah tahu tips dan cara mencuci jaket kulit yang benar ya sekarang?

    Cara membersihkan noda (bekas noda) pada jaket kulit
    Pembersihan noda pada jaket kulit bisa dilakukan dengan cairan cuka dan air. Berikut caranya:

    Buat larutan yang terdiri dari cuka dan air dengan perbandingan 1:1
    Celupkan kain basah yang lembut ke dalam larutan
    Usapkan kain basah untuk membersihkan kotoran.
    Lap dengan kain handuk hingga kering.
    Sebagai alternatif, kamu bisa membersihkan jaket kulitmu dengan cairan khusus kulit. Produk cairan untuk membersihkan jaket kulit banyak dijual online. Kamu bisa membelinya di marketplace kesayangan seperti, Tokopedia, Bukalapak, Zalora, dll. Baca tips dan panduan membeli jaket kulit asli agar sesuai budget kamu.

    Cara mencuci jaket kulit yang sudah bau
    Untuk membersihkan jaket kulit yang sudah bau, kamu bisa menggunakan baking soda. Caranya adalah

    Taburkan bubuk baking soda ke permukaan jaket kulit.
    Lalu, semprotkan air hangat (suam-suam kuku) ke area baking soda
    Usaplah sehingga merata dan tersebar. Biarkan selama 15-20 menit
    Bersihkan baking soda yang mengering dengan kain lap.
    Cara merawat jaket kulit dengan body lotion
    Jika sudah kering betul, olesi jaket kulit anda dengan lotion khusus untuk barang-barang terbuat dari kulit. Lebih baik jika yang mengandung anti jamur. Jaket kulit pria atau wanita itu sama saja.

    Biasanya body lotion (handbody) ini digunakan untuk kulit. Kamu perlu mengetesnya terlebih dahulu. Olesi terlebih dahulu area di bawah kerah, dan tunggu sesaat reaksinya. Jika baik-baik saja, maka anda bisa melanjutan mengoleskan lotion ke bagian yang lain.

    Selain lotion, kamu juga bisa menggunakan baby oil untuk membuat jaket kamu lentur, lemes dan mengkilap. Jadi, masalah jaket kusam, kusut dan kaku bisa diatasi dengan hand body lotion. Mudah bukan, mencuci jaket kulit, membersihkan dan merawat jaket kulit bila tahu caranya?

    Sumber: https://www.tozcaleather.id/artikel/cara-mencuci-jaket-kulit-domba-asli.html
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    297
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    Ternyata beda ya cara mencuci jaket kulit dengan jenis pakaian berbahan kain tekstil. Berarti kalau dimasukin ke mesin cuci bisa cepat rusak ya? Maklum soal cuci mencuci biasa ditangani oleh istri atau jasa laundry. Nice info den
     
Loading...

Share This Page