Cara Memutihkan Baju Putih Tanpa Menggunakan Kaporit

Discussion in 'General Lifestyle' started by Rasyid99, May 31, 2021.

  1. Rasyid99

    Rasyid99 Member

    Joined:
    Jul 9, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Baju putih memang memerlukan upaya ekstra untuk menjaga warnanya yang cemerlang dan bersih. Tidak hanya dari noda debu ataupun noda makanan, pakaian putih juga dapat berubah warna akibat penggunaan deterjen yang berlebihan.

    Berbagai cara memutihkan baju putih tanpa menggunakan kaporit juga harus dilakukan, karena penggunaan kaporit yang berlebihan juga dapat membuat serat kain menjadi lebih mudah rusak.

    Memutihkan Baju Putih dengan Air Perasan Lemon

    Tidak hanya air perasan lemon, berbagai jenis buah dari keluarga citrus dapat dijadikan sebagai alternatif pemutih baju jika kamu hendak mengurangi penggunaan kaporit. Air yang dihasilkan dari buah-buahan tersebut memiliki kandungan asam sitrat yang cukup tinggi. Sifat alami dari asam sitrat sendiri adalah dapat meluruhkan berbagai jenis noda, terutama yang berbasis minyak dan noda karat.

    Memutihkan Baju Putih dengan Cuka Dapur

    Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa cuka dapur dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan di dapur. Cuka memang memiliki sifat antiseptik yang dapat menghilangkan banyak jenis bakteri. Selain itu, cuka juga dapat mengembalikan warna cemerlang dari pakaian putih jika dicampurkan dengan deterjen ketika melakukan proses pencucian. Keuntungan lain dari menggunakan cuka adalah serat pakaian yang terasa lebih lembut dan ringan setelah pakaian dikeringkan.

    Memutihkan Baju Putih dengan Rendaman Baking Soda

    Baking soda memang sudah lama digunakan sebagai salah satu pilihan untuk cara memutihkan baju putih tanpa kaporit. Kebanyakan deterjen yang dijual di pasaran pun memiliki kandungan baking soda di dalamnya. Kemampuannya untuk mengembalikan warna putih ini jugalah yang menyebabkan baking soda juga digunakan dalam kebanyakan pasta gigi.

    Penggunaan baking soda untuk memutihkan baju pun cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan beberapa sendok makan baking soda dengan beberapa liter air. Tanpa harus menambahkan deterjen ataupun produk pembersih lainnya, kamu cukup merendam pakaian putih. Setelah itu, kucek pakaian dan warna baju putih akan terlihat lebih cemerlang dari sebelumnya.

    Memutihkan Baju Putih dengan Bubuk Blau

    Di Indonesia, bubuk blau sudah menjadi tradisi turun temurun untuk memutihkan pakaian. Warna biru pekat dari bubuk tersebut ampuh untuk memberikan kesan yang lebih putih bagi pakaian yang mulai menguning. Warna kekuningan dan biru memang berada di sisi yang bertolak belakang pada spektrum warna, sehingga warna kebiruan bubuk ini bisa membuat warna kuning menjadi tidak terlihat lagi.

    Penggunaannya pun cukup sederhana. Cukup lakukan pembilasan terakhir pada pakaian putih yang telah dicuci dengan air yang telah dicampur bubuk blau. Gunakan bubuk secukupnya saja agar warna biru pada pakaian tidak terlalu pekat.

    Cara Pencucian yang Baik Untuk Menjaga Warna Putih pada Pakaian


    Tidak hanya dari penggunaan pakaian, cara mencuci baju putih yang tidak benar pun mampu menjadikan warnanya tambah gampang berganti menjadi kekuningan. Misalnya, penyetelan panas yang terlalu berlebihan pada mesin pengering dapat membuat serat kain menjadi terbakar. Jika terlalu sering dilakukan, maka warna serat kain yang aslinya putih tersebut pula dapat menjadi kuning.

    Selain itu, proses pembilasan yang tidak sempurna juga bisa membuat cara memutihkan baju putih menjadi kurang efektif. Banyak unsur kimia yang digunakan pada deterjen dapat tertinggal pada kain yang tidak dibilas dengan baik. Lama kelamaan, warna serat kain pun dapat berubah karena debu dan noda keringat lebih mudah lengket. Selain itu, pakaian juga akan terasa lebih kasar dan kurang nyaman untuk dipakai.
     
  2. Nusatour

    Nusatour Member

    Joined:
    Mar 1, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    pakai Bilao aja gan jadi bening ke hijau-hijaunan hee
     
Loading...

Share This Page