Cara Mempercepat Laptop atau Komputer Windows 10 yang Lemot

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Feb 5, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    115
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Cara Mempercepat Laptop atau Komputer Windows 10 yang Lemot – Apakah Anda termasuk orang yang merasa jengkel karena laptop atau komputer Anda sering kali lemot? Bisa jadi pembahasan kali ini cocok untuk Anda. Meski terkadang kita memaklumi lambatnya perangkat kita, akan tetapi tetap saja jadi hal yang paling menjengkelkan jika saat Anda butuh cepat namun laptop yang Anda miliki berkehendak lain.

    Untuk membantu Anda yang sedang mengalami masalah tersebut, pada kesempatan kali ini Agreside akan membahas cara mempercepat laptop atau komputer terkhusus untuk Anda yang menggunakan Windows 10. Jika Anda saat ini menggunakan Windows 7, maka cara yang bisa Anda gunakan bisa Anda baca pada link berikut ini : Cara Mempercepat Komputer atau Laptop di Windows 7

    Jika Anda menggunakan Windows 10, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mempercepat komputer atau laptop Anda.

    1. Membersihkan File Sampah seperti Cache dan Registry atau File yang Tidak Terpakai

    Saat Anda menggunakan laptop terlalu lama dan tidak dibersihkan, maka akan banyak file sampah seperti cache dan registry yang menumpuk di belakang layar Anda. Nah untuk membuat laptop atau komputer Anda cepat, maka Anda perlu membersihkan file-file tersebut.

    Cara termudahnya untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan software gratis bernama Auslogic Registry Cleaner.

    [​IMG]

    Silahkan Anda download software gratis tersebut, kemudian bersihkan beberapa file dan registry yang tidak berguna dari laptop atau komputer Anda. Jika sudah, akan terlihat perbedaannya (terutama jika Anda sudah lama sekali tidak membersihkan file cache dan registry).

    2. Mematikan Animasi atau Berbagai Efek Visual Windows 10

    Makin tinggi windowsnya, makin ciamik pula tampilan dan efek yang ditampilkan. Jika Anda merasa animasi dan berbagai efek visual windows tersebut tidak begitu penting, maka Anda bisa menonaktifkannya. Dengan menonaktifkan berbagai efek tersebut, performa laptop atau komputer Anda dijamin langsung melesat.

    3. Cari Tahu File atau Shortcut yang Bermasalah dan Tidak Dibutuhkan dengan Windows Troubleshooting

    Bagi orang awam yang tidak melek komputer, biasanya tidak akan tahu menahu masalah ini. Sebenarnya, kerap kali Windows yang Anda gunakan membuat berbagai macam file dan shortcut tanpa sepengetahuan Anda. File dan shortcut ini tujuannya dibuat untuk memudahkan Anda nantinya cepat dalam mengakses berbagai fitur.

    Namun kadang kala shortcut tersebut error karena berbagai faktor, nah shortcut yang error tersebut akan tetap tertinggal di Windows Anda jika tidak dibersihkan atau perbaiki. Alhasil jika didiamkan, maka sama seperti file registry dapat menumpuk dan akhirnya membuat laptop atau komputer Anda menjadi lemot.

    Untuk mengatasi masalah ini, silahkan Anda gunakan fitur Windows Troubleshooting. Caranya Pilih control panel kemudian selanjutya pilih System and Security. Lalu pilih Security and Maintenance, kemudian pilih Troubleshooting, terakhir klik Run maintenance tasks. Nantinya akan ada layar yang bertuliskan tulisan seperti ini "Troubleshoot and help prevent computer problems," jika muncul pilihlah next.

    4. Mengubah Pengaturan Power Battery dari Best Performance Menjadi Better Battery

    Cara keempat yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat laptop atau komputer Windows 10 yang lemot adalah dengan mengubah pengaturan power battery dari best performance menjadi better battery.

    Dengan settingan Best Performance, maka semua fitur akan banyak diaktifkan oleh Windows. Namun, jika Anda menurunkan pengaturan dari Best Performance menjadi Better Battery, maka akan ada beberapa fitur yang dinonaktifkan oleh Windows guna menghemat masa pakai baterai laptop Anda.

    5. Matikan Fitur Sinkronisasi OneDrive pada Windows 10

    OneDrive memang menjadi andalan disaat Anda ingin berlintas data pada teman atau kerabat dari jarak yang jauh. Namun sebaliknya, jika tidak ingin berlintas data maka OneDrive menjadi fitur yang tidak berguna sama sekali.

    [​IMG]

    Jika Anda memang tidak ingin berlintas data dan memanfaatkan fitur OneDrive, maka Anda dapat mematikan fitur Sinkronisasi OneDrive. Sebagai ganti matinya fitur ini, performa Windows 10 yang Anda jalankan nantinya akan cepat dan tidak lagi lemot.

    6. Matikan Notifikasi Tidak Penting

    Cara berikutnya yang mudah sekali Anda terapkan jika ingin mempercepat laptop atau komputer Windows 10 yang lemot adalah dengan cara mematikan notifikasi tidak penting pada Windows Anda.

    Untuk mematikan fitur ini caranya adalah sebagai berikut :

    [​IMG]

    Pertama silahkan masuk terlebih dahulu ke setting, lalu pilih System. Sleanjutnya klik Notifications & Actions. Terakhir, Silahkan periksa beberapa notifikasi yang ingin Anda nonaktifkan, kemudian nonaktifkan dengan cara menggeser button bar menjadi non aktif.

    Jika cara di atas masih kurang, Anda bisa membaca artikel agreside sebelumnya yang berjudul Cara Mudah Membuat Kinerja Laptop atau Komputer Cepat di Windows 10

    7. Beli Laptop Baru

    Terakhir, cara ini tidak wajib bagi Anda yang masih ingin bersama dengan laptop lama Anda. Akan tetapi jika Anda ingin laptop yang siap sedia bisa menemani berbagai macam aktivitas Anda saat ini tanpa khawatir akan lemot, maka membeli laptop baru adalah suatu keseharusan.

    Jika Anda ingin membeli laptop baru terutama lewat jalur online, maka tidak boleh sembarangan. Sebab jika Anda sembarangan membeli laptop baru tanpa mengetahui tentang penjual dan tokonya bisa jadi akan berdampak fatal. Seperti misalnya terkena penipuan, packing barang yang tidak aman dan ketidakjelasan garansi barang yang Anda beli.

    Sebagai saran, jika Anda memang ingin membeli laptop baru sebaiknya berkunjunglah ke toko online AGRES. Agres ID membranding dirinya sebagai Toko Komputer Online Terpercaya, dimana dalam toko onlinenya Anda bisa membeli berbagai macam pheriperal komputer atau IT seperti PC Gaming, Laptop Kerja, Laptop Gaming hingga untuk kebutuhan profesional seperti Laptop untuk Desain Grafis.

    Tidak perlu khawatir akan masalah keaslian, pengiriman dan garansi laptop yang Anda beli. Laptop yang dijual oleh Agres asli dikeluarkan langsung dari vendor resminya seperti Lenovo, Acer, Hp, Asus, dll. Semuanya bergaransi resmi dan jika rusak maka akan dibantu juga untuk urusan klaim garansinya. Ditambah dengan packing pengiriman yang super aman, dijamin laptop baru yang dikirim ke Anda datang dengan kondisi prima.

    Jika Anda ingin melihat-lihat sekiranya laptop apa yang cocok untuk Anda, bisa langsung mengunjungi toko onlinenya Agres di alamat berikut ini https://www.agres.id

    Jika cara-cara di atas masih kurang dan Windows 10 Anda masih butuh bantuan, mungkin bisa baca cara lainnya di sini Cara Mudah Membuat Kinerja Laptop atau Komputer Cepat di Windows 10

    Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat laptop atau komputer di Windows 10 Anda yang lemot. Semoga pembahasan cara di atas bermanfaat untuk Anda.

    Sumber : https://agrestips.wordpress.com/202...t-laptop-atau-komputer-windows-10-yang-lemot/
     
  2. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    378
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat laptop lama kita yang lemot teryata, dulu waktu masih awal pakai laptop lemot dikit solusinya install ulang. hehehe.. padahal tidak ada masalah lain selain lemot
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,692
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Laptop lawas ane sejak pake SSD jadi lumayan cepet meski RAM cuma 1 gb
     
  4. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    115
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Sampai sekarang kalo yang gak ngerti teknologi, dikit-dikit install ulang :D

    Yoi gan, SSD emang mantep...
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page