Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Discussion in 'Otomotif' started by herianto, Jul 24, 2020.

  1. herianto

    herianto New Member

    Joined:
    Jun 17, 2020
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak – Bagi pengguna motor yang kerap mengalami lampu motor kerap putus perihal ini memicu ketidaknyamanan bagi pemilik kendaraan tersebut, padahal bohlam motor tersebut sudah diganti bersama yang baru.

    Tetapi baru dipasang belum lama dipake sudah putus ulang atau kadang waktu menemui aki motor yang sudah soak melemah tegangan seluruh itu ternyata tersedia hubugannya bersama kiprok motor tersebut. Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengetahui kiprok motor sudah rusak, nah agar lebih memahami dan di mengerti simak ulasan dibawah ini.

    Pengertian Kiprok
    Kiprok merupakan komponen yang benar-benar berperan untuk pengaturan anggota kelistrikan motor dan termasuk kiprok cukup peka dikarenakan perannya yang langsug berhubungan bersama aki dan pesetabil arus terhadap proses penerangan motor. Sering kali terkandung masalah motor kadang kala mati ditengah-tengah jalan yang aki cepet soak atau lampu utama yang tiba-tiba redup lama-lama mati.

    Hal berikut dikarenakan disebabkan yang mungkin suasana kiprok yang tidak ulang optimal bagaimana cara jelas kiprok motor yang udah rusak atau kiprok mati susah-susah enteng untuk mengatasinya. Kalau melihat pentujuk buku wejangan cara enteng untuk jelas kiprok masih faedah atau tidak caranya bersama manfaatkan sebuah alat yang biasa digunakan terhadap kelistrikan yakni multimeter.

    Fungsi Kiprok
    Fungsi kiprok ialah sebagai penstabil arus dan tegangan sebelum masuk ke aki. Kiprok itu sebagai penstabil arus dan tegangan dari spul sebelum dialirkan ke aki. Aki yang masuk ke aki tidak boleh terlalu besar maupun kecil.

    Bila arus yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge, sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang. Dan selain itu yang mengalir ke aki terlalu besar bisa overcharge.

    Dan sebaliknya jika arusnya terlalu kecil malah tekor, jadi tegangannya harus seimbang. Dan selain itu fungsi kiprok ini untuk mengubah atau penyearah arus yang dihasilkan spul, di mana tegangan listrik yang dihasilkan oleh spul dengan jenis AC “alternating current”, diubah menjadi DC “direct current”.

    Listrik yang dihasilkan oleh spul itu berupa AC, dan sementara listrik yang dapat disimpan di dalam aki itu harus DC, jadi harus disearahkan dahulu melalui kiprok. Jika tipe lampu depan motor masih menggunakan sistem AC, kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu. Kiprok juga berfungsi sebagai penstabil arus ke lampu, menyesuaikan dengan kebutuhan arus lampu, kalau kelebihan arus bisa putus bohlamnya.

    Dan mesti juga untuk diketahui bahwa kadang kiprok itu tidak mati melainkan rusak kegunaan kiprok adalah sebagai penyearah tegangan dari sepul dan halangi besarnya tegangan yang bakal menuju ke aki motor dan proses kelistrikan motor. Bohlam lampu utama motor yang kerap mati ini akibat tegangan yang masuk ke lampu benar-benar besar sebab disebabkan kiprok telah tidak dapat lagi halangi tegangan yag terlihat ke kiprok.

    Bahwa kiprok itu kadangkala tetap manfaat untuk mengecas aki motor dapat tetapi kiprok itu udah rusak akibatnya tidak sanggup membatasi tegangan yang masuk ke sistem kelistrikan motor, sebagai acuan idealnya tegangan yang keluar dari kiprok terhadap motor yakni ±15V tanpa tersedia beban.

    Ciri Ciri Kiprok Rusak
    Selanjutnya bagaimana cara mengenali atau mengetahui tanda-tanda kiprok motor telah rusak mati perlu diganti seandainya tidak membawa multimeter jikalau tidak punyai jangan pusing tersedia cara lain untuk menangani atau mengenali keadaan kiprok sebagai berikut:

    Lampu Redup

    Salah satu penyebab kiprok mati harus diganti adalah lampu depan yang kadang-kadang tiba-tiba redup atau lebih-lebih langsung mati jikalau arus dari sepul lampu dalam kondisi baik maka tersedia bisa saja besar kiprok motor mati atau tahanan antar terminal kiprok dari sepul dan massa membuka langsung atau melekat kabelnya.

    Aki Motor Cepat Soak

    Terkadang ciri kiprok motor rusak yang lainnya adalah aki motor yang cepat soak kalau kondisi sepul dan suplai arus berlangsung normal tersedia kemungkinan kiprok rusak atau mati dan tidak bisa digunakan. Dan tanda-tanda awal termasuk bisa kalian rasakan pada selagi motor belum dijalankan, seandainya alternator dan kiprok normal, maka tegangan bateri selayaknya stabil di angka 12 volt meskipun baru saja digunakan.

    Namun seandainya kiprok motor mangalami kerusakan, katakanlah lemah maka suplainya input listrik pun tidak bisa menutup pemakaian kelistrikan motor. Yang akibatnya listrik didalam baterai terkuras dan aki drop voltage. Bila hal ini terjadi, biasanya hal yang mulai yakni starter tidak bisa menyala dan klakson mulai sember. Sehingga selagi aki itu tekor bukan berarti kondisi aki rusak, dikarenakan kondisi kiprok termasuk bisa pengaruhi voltage baterai.

    Motor Mengalami Brebet


    Dalam hal ini brebet atau bisa di bilang kinerja mesin tidak sempurna akan mengeluarkan bunyi yang tidak sempurna. Bila di telusuri ternyata bunyi brebet yang di keluarkan oleh sebuah mesin yang berjalan tidak lancar juga menjadi salah satu ciri ciri kiprok rusak yang membuat sistem kelistrikan pada sepeda motor tidak berjalan.

    Dengan semestinya, jika itu terjadi maka kita patut mencurigainya sehingga harus ada tindakan khusus yang musti kira lakukan supaya kinerja listrik pada motor kembali normal dan tentunya akan membuat mesin juga lancar lagi.

    Masalah Motor Susah Di Starter

    Moto susah di starter juga menjadi salah satu ciri ciri kiprok rusak yang membuat aki motor menjadi soak. Hal ini tentunya ketika aki soak maka kondisi kelistrikan yang ada pada motor pun tidaklah baik sehingga musti dan harus di cari masalah yang menyebabkan kenapa aki bisa menjadi soak.

    Nah salah satu hal yang sering terjadi pada kendaraan bermotor ialah terjadinya ketidak sempurnaan asupan listrik ke aki yang mungkin dapat terjadi karena kondisi kiprok mulai melemah dan membuat kinerja atau fungsi kiprok sendiri tidak sebagaimana mestinya. Dan jika itu dibiarkan maka lama kelamaan akan dapat membuat aki semakin rusak dan tentunya menjadikan motor susah di starter.

    Nah untuk mengetahui ulasan selengkapnya simak disini: https://www.teknik-otomotif.co.id/cara-paling-mudah-mengetahui-kiprok/


     
Loading...

Share This Page