Cara Membuat Performa Komputer Lebih Cepat dengan SSD

Discussion in 'Computer' started by Agreside, Mar 13, 2021.

  1. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Jika membicarakan teknologi, tentu semua orang ingin mendapatkan teknologi yang terbaik. Sebab teknologi terbaru biasanya menghadirkan suatu solusi untuk penggunanya agar lebih mudah dan lebih cepat dalam menyelesaikan suatu masalah.

    Seperti saat ini misalnya, telah muncul teknologi terbaru berupa teknologi penyimpanan baru yang bernama SSD. SSD yang merupakan singkatan dari Solid State Drive ini adalah teknologi terbaru yang kemungkinan akan menggantikan kedudukan HDD pada komputer atau laptop.

    SSD dinilai lebih unggul karena banyak faktor yang memang jika dibandingkan dengan HDD tetap SSD yang jadi pemenangnya. Mulai dari struktur mesin, media penyimpanan, berat, daya listrik serta dari segi kenyamanan semua dimenangkan oleh SSD.

    Apa yang menjadi nilai lebih SSD dibandingkan dengan HDD adalah dari sisi kecepatan. Banyak yang mengklaim setelah menggunakan SSD performa komputer atau laptop yang digunakan menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Bahkan banyak yang mengklaim juga jika laptop yang usianya sudah sekitar 5 tahun dan diganti HDD nya dengan SSD, maka laptop yang tadinya lemot bisa jadi terasa lebih cepat.

    Jadi kesimpulannya, jika kamu saat ini membutuhkan komputer atau laptop yang performanya cepat, maka menggunakan SSD ini adalah jawabannya.

    Lantas bagaimana cara untuk menggunakan SSD ini? Caranya mudah, berikut ini sudah kami rangkum juga cara memasang SSD pada komputer atau laptop yang kamu miliki.

    Cara Memasang SSD pada Komputer atau Laptop

    Pertama silahkan lihat motherboard yang kamu miliki, apakah terhubung dengan hardisk sebelumnya dengan konektor IDE atau SATA. Jika konektornya sudah menggunakan SATA, itu artinya komputer atau laptop yang kamu miliki sudah bisa menggunakan SSD.

    Kedua, pastikan motherboard yang kamu miliki support menggunakan SATA III. Hal ini bertujuan agar SSD yang kamu gunakan nantinya mengeluarkan potensi aslinya. Cara termudah mengetahui perangkatmu support SATA III atau tidak bisa dengan cara melakukan pencarian di Google tentang perangkat yang kamu miliki.

    Terakhir, lakukanlah instalasi sistem operasi Windows pada SSD baru yang hendak kamu pasang pada perangkat komputer atau laptop. Jika kamu ingin SSD yang akan kamu pasang nanti memiliki semua data Hardisk lama, maka solusinya adalah dengan melakukan kloning hardisk. Lakukanlah kloning hardisk dari Hardisk lama kamu ke SSD yang hendak kamu pasang pada perangkat komputer atau laptop.

    Perbandingan Antara Hardisk HDD dan SSD

    Jika kamu masih ragu akan kehandalan dari SSD ini, berikut ini kami sediakan infografis perbandingan antara hardisk HDD dengan SSD yang kami ambil dari Tirto.id sebagai referensi :

    [​IMG]
    Sumber :
    https://agresblog.blogspot.com/2021/03/cara-membuat-performa-komputer-lebih.html
    https://www.agres.id
     
Loading...

Share This Page