Cara Membuat Blog Untuk - Step by Step - Tutorial Lengkap untuk Pemula

Discussion in 'Internet Marketing' started by Karel, Aug 13, 2014.

  1. Karel

    Karel New Member

    Joined:
    Aug 13, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bagaimana Cara Membuat Blog?…..Mungkin pertanyaan inilah yang selama ini atau saat ini ada dalam pikiran sobat. Lama mencari jawabannya hingga akhirnya Sobat menemukan halaman ini. Ya, di sinilah tempat yang tepat untuk memenuhi keingintahuan sobat dan tidak salah lagi, di sini sobat akan langsung saya tuntun cara membuat blog milik sendiri dengan MUDAH dan PRAKTIS.

    Saya tahu mungkin ini membingungkan pada awalnya. Tapi tenang… saya (bahkan semua blogger paling sukses pun) juga merasakan dan mengalami hal yang sama ketika pertama kali berusaha untuk membuat blog. Tiga tahun yang lalu ketika saya mulai belajar membuat blog untuk pertama kali, saya tidak punya pengetahuan sama sekali tentang blog, apalagi cara membuat blog. Saya terus mencari informasi melalui Google, tapi yang saya dapati hal ini membutuhkan keahlian khusus dan sangat sulit diikuti cara-caranya apalagi saya bukan latarbelakang pendidikan computer.


    Tetapi sekarang, saya sudah membuat lebih dari 10 blog dan selama itu juga saya telah belajar banyak tentang blog. Dan akhirnya saya simpulkan bahwa membuat blog itu benar-benar SANGAT MUDAH dan MENYENANGKAN!. Tidak memerlukan keahlian khusus seperti encoding html atau semacamnya. Siapa saja bisa membuat blog.


    “Siapa saja BISA membuat blog sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di sini”


    Sobat juga pasti bisa membuat blog, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini. Semua informasi dan petunjuk saya rangkumkan dalam satu halaman ini.


    Untuk memudahkan sobat, berikut daftar isi dari halaman ini.
    1. Tentukan TOPIK BLOG
    2. Tentukan Platform Blog, GRATIS atau “SELF HOSTED”
    3. Pilih DOMAIN dan HOSTING
    4. Cara SETTING BLOG
    5. Cara POSTING BLOG
    6. Selanjutnya…

    >>Ayo, kita mulai!

    1) Tentukan TOPIK BLOG


    Hal ini sangat penting. Sobat harus punya tujuan dan topik yang spesifik. Jangan berpikiran untuk memasukkan apa saja dalam Blog. Pilihlah topik yang UNIK, yang sesuai dengan MINAT Sobat dan yang BERGUNA bagi banyak orang. Sebuah topik yang benar-benar Sobat KUASAI atau bidang yang Sobat sangat SENANGI, bisa juga HOBBY Anda. Nantinya topik blog Sobat harus berkaitan dengan Domain atau Judul Blog. So, Stay Focus….

    2) Tentukan Platform Blog, GRATIS atau “SELF-HOSTED”?

    Ada begitu banyak layanan blog yang ditawarkan. Ada layanan blog gratisan seperti: blogger.com, wordpress.com. Ada juga layanan Self-Hosted. Self-Hosted artinya Sobat harus punya Domain dan Hosting sendiri (nanti saya tunjukkan caranya).

    Saran Saya, gunakan yang Self-Hosted. Kenapa?? Tentunya sesuatu yang Berbayar memiliki kelebihan dari pada yang Gratisan.

    Mari saya jelaskan:

    - Domain punya sendiri

    Berbeda dengan layanan blog gratisan di mana Anda memperoleh sub-domain dari pemilik domain (contohnya jika anda punya blog di blogger: carangeblog.blogspot.com) , pada layanan blog Self-Hosted Anda bebas menentukan nama domain blog Anda sendiri (contohnya blog saya ini: carangeblog.com). Yang mana kelihatan lebih simple dan profesional?

    - Bebas menginstal plugin dan template apa saja

    Layanan blog gratis tidak dapat menginstal plugin yang sangat dibutuhkan untuk Pengembangan Blog. Pilihan template pun sangat terbatas.

    - Kendali sepenuhnya ada di tangan Anda


    Pada layanan blog gratisan, Blog Anda “nebeng” pada blog orang lain. Anda bukan pemilik blog, sehingga bukan anda yang pegang kendali. Jika blog Anda tidak sesuai dengan ketentuan pemilik blog, maka blog Anda dapat dihapus tanpa pemberitahuan sama sekali. Maka pekerjaan Anda akan jadi sia-sia.

    Jadi, jika Anda serius ingin menekuni Ngeblog untuk jangka panjang, pilihlah yang Self-Hosted. Namun, jika Anda tidak mempunyai budget dan Anda berencana Ngeblog cuma selama beberapa bulan saja, silahkan coba yang Gratisan.

    Jika Anda memutuskan untuk memilih layanan Self Hosted, pilihan Bijak! Silahkan lanjut ke langkah ke-3.

    3) Pilih DOMAIN dan HOSTING

    Luangkan waktu untuk menemukan nama domain yang tepat untuk blog Sobat. Bagi saya, bagian ini sangat menyenangkan. Hal-hal yang Sobat perlu perhatikan pada saat mencara nama domain yang tepat adalah:
    • nama domain harus unik (kata kunci yang banyak dicari orang tapi sedikit orang yang punya)
    • pilih kata-kata yang mudah diingat, jangan kepanjangan (maksimal 3 kata yang singkat)
    • nama domain relevan dengan isi blog.
    • Utamakan ekstensi domain “.com“. Kalau “.com” tidak tersedia, pilih .net atau .org
    Hosting merupakan tempatnya semua file blog disimpat. Kalau domain diibaratkan dengan alamat rumah, hosting adalah rumah itu sendiri. Hal-hal yang Sobat perlu perhatikan pada saat memilih Layanan Hosting adalah:
    • Paket Ukuran Penyimpanan dan Bandwidth, biasanya dalam MB (megabyte). Semakin besar penyimpanan, maka semakin banyak file yang bisa anda upload atau simpan. Sesuaikan dengan kebutuhan Blog Sobat.
    • Lokasi Server. Siapa target market Sobat? Idealnya, semakin dekat lokasi server dengan pengunjung blog, maka kecepatan proses loading blog akan lebih cepat bagi pihak pengunjung. Jika target market Sobat adalah orang Indonesia, maka sebaiknya pilih server hosting Indonesia. Jika Blog Anda berbahasa Inggris dan target marketnya orang Amerika, maka pilihlah server hosting Amerika.
    • Support dan Kredibilitas Perusahaan Penyedia Hosting. Pilih yang mudah dihubungi dan responsif terhadap pertanyaan yang Anda sampaikan.
    Di mana saya bisa mendapatkan Nama Domain dan Hosting?

    Memilih tempat hosting dan memperoleh nama domain yang tepat juga sangat penting. Saya sarankan Sobat untuk mendapatkan Nama Domain dan Layanan Hosting di satu tempat yang sama, agar menghemat waktu dan biaya. Ada begitu banyak perusahaan penyedia jasa ini yang menawarkan banyak kemudahan tetapi banyak juga yang mengecewakan.

    Saran saya,

    Jika blog yang Sobat akan buat adalah Blog Berbahasa Indonesia dengan target orang Indonesia, pilihlah penyedia layanan Hosting Lokal, di antaranya yang saya sarankan:

    • NiagaHoster.com
    • IdWebHost.com
    Jika blog Sobat berbahasa Inggris dan targetnya orang Amerika atau global, pilihlah penyedia layanan hosting yang berikut ini:

    Hostgator.com
    BlueHost.com

    4) Cara SETTING BLOG

    Instal WordPress


    Cara Menginstal WordPress di Blog dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung layanan hosting yang Sobat gunakan. Tetapi semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Dengan hanya mengklik beberap tombol, maka blog wordpress Sobat bisa langsung jadi.
    • Masuk ke cPanel Blog: NamaDomainSobat.com/cpanel. Masukkan Username dan Password (yang telah diberikan oleh layanan hosting Sobat, biasanya via Email)
    • Setelah berada di halaman Cpanel, scroll ke bagian bawah untuk mencari logo Softaculous. Lalu klik logo softaculous tersebut dan kita akan diarahkan ke halaman berikutnya. Sobat juga bisa Menggunakan Fantastico, caranya kurang lebih sama dengan Softaculous.
    • Setelah masuk ke halaman Softaculous, pada menu bagian sebelah kiri Sobat akan melihat daftar kategori software. Klik kategori “Blogs” kemudian pilih “WordPress”
    • Sobat akan di arahkan ke halaman instalasi wordpress. Klik pada tombol biru “Install”
    • Pada halaman selanjutnya, Sobat diminta untuk mengisi beberapa data yang diperlukan untuk instalasi WordPress. Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama domain, In directory dikosongkan (hapus “WP”), nama blog, deskripsi, admin user name, dan admin password, untuk kolom lainnya biarkan saja default. Kemudian klik “Install”

    Login ke WordPress


    Setelah wordpress telah terinstal, masuklah ke halaman WordPress Admin. Pada browser Sobat ketik: “NamaDomainSobat.com/wp-admin”

    Masukkan Username dan Password yang telah anda buat ketika menginstal wordpress. Tampilan awal wordpress Sobat seperti gambar berikut:

    Setingan Umum

    Hal pertama yang Sobat harus lakukan setelah masuk ke Dashboard Blog adalah mengatur beberapa setingan umum Blog. Hal-hal yang perlu diatur adalah:
    • General Settings: dalam setingan ini, sobat isi Judul Blog dan Deskripsi Blog.
    • Update Service, tambahkan ping service yang telah disediakan
    • Permalinks: pilih setingan “PostName”

    Instal Themes

    Memilih themes yang terbaik juga merupakan langkah yang sangat penting untuk membuat blog. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih themes:
    • Mendukung SEO
    • Mudah Digunakan
    • Loading Cepat
    • Tampilan Menarik
    • Dukungan Penuh dari Penyedia Theme
    Ada banyak sekali themes yang tersedia di internet. Ada yang gratisan dan ada yang berbayar. Saran saya, jika Sobat punya bugdet lebih, pilih yang berbayar. Karena yang gratisan sebenarnya tidak gratis. Biasanya blog sobat dipasangi link yang menuju ke Website penyedia themes.

    Supaya Sobat tidak pusing-pusing cari themes, di sini saya tunjukkan untuk Sobat yang biasa saya gunakan.

    MagPress.com

    MagPress.com merupakan penyedia WordPress themes gratis yang tampilannya bagus, seo friendly, Fast Loading, cukup sederhana dan mudah digunakan. Tersedia berbagai jenis theme untuk blog Anda. Silahkan pilih salah satu yang cocok untuk Anda.

    Setelah memilih theme yang tepat untuk blog Sobat, download lalu simpan di komputer. Anda dapat menginstalnya melalui Halaman Dashboard WordPress : 1) Appearance > 2) Themes > 3) Install Themes > 4) Upload > 5) Cari File Themes yang telah didownload > 6) Klik tombol “Install Now”

    Install Plugins

    Plugins merupakan software atau script tambahan yang digunakan untuk tujuan khusus seperti SEO, Efek Gambar, Security dan lain-lain yang tidak tersedia di wordpress. Plugins sangat penting untuk pengembangan blog. Plugin yang saya sarankan minimal harus Sobat Install yaitu:
    • Akismet, untuk mencegah Spam
    • Yoast WordPress SEO, merupakan salah satu plugin untuk SEO yang terbaik saat ini
    • Google XML Sitemap, plugin untuk membuat Sitemap Blog untuk memudahkan index oleh Google
    Cara Install Plugin sangat mudah, ikuti langkah berikut:

    1) Plugins > 2) Add New > 3) Search > 4) Isi Nama Plugin, lalu klik “Search Plugins” > 5) Install Now

    5) Cara POSTING BLOG

    Pada menu sebelah kiri dashboard, klik pada ” Posts” >> “Add New”. Maka sobat akan melihat halaman “New Post”. Pertama-tama, masukkan judul postingan blog, kemudian Sobat bisa langsung menulis isi postingan pada kotak yang tersedia di bawahnya. Karena ini adalah postingan pertama, Sobat sebaiknya mengisinya dengan informasi tentang Diri Sobat dan tujuan Blog Sobat

    Sekarang klik tombol “Publish. Untuk melihat hasil postingan, klik “Preview Changes”. Sobat juga masih bisa mengedit postingan dengan cara klik “Post” > “All Post”, kemudian pilih postingan yang akan diedit. Setelah diedit klik tombol “Update”.

    Nah, sekarang sobat telah memiliki blog sendiri yang Sobat bisa buat sesuai keinginan.

    6) Selanjutnya???

    Sekarang Sobat sudah punya blog dengan postingan pertama. Apakah sudah cukup sampai di situ? Tentunya belum cukup. Tetapi ini adalah awal yang bagus.

    Selanjutnya tugas Sobat untuk mengembangkan blognya.

    Bagaimana caranya???

    Tenang…untuk itulah saya hadir disini. Tidak hanya membantu sobat membuat blog, tetapi juga akan membantu Sobat mengembangkannya. Jadi tetaplah di sini. Baca semua tips yang saya posting di sini atau kunjungi blog saya.

    Kunci Utama Untuk Sukses NgeBlog

    Beberapa tips berikut akan berguna bagi Sobat untuk memulai ngeblog:

    Jangan Menyerah!

    “Blogger bukan untuk orang yang gampang menyerah”

    Jika Sobat gampang menyerah ketika hal itu sulit, maka ngeblog tidak cocok untuk Sobat karena ngeblog itu butuh ketekunan dan kesabaran. Jika Sobat ingin berhasil ngeblog, teruslah belajar dan yang terpenting: Jangan Menyerah! Teruslah posting hal-hal yang bermanfaat bagi orang banyak.

    Tulislah berdasarkan pengalaman

    Jika Sobat ingin berhasil ngeblog, tulislah berdasarkan apa yang Sobat benar-benar Alami. Sobat harus jujur dan bulat tentang apa yang anda katakan dengan apa yang anda lakukan.

    …….

    Adakah point yang kurang atau saya lewatkan? Bagaimana tanggapan sobat atas tutorial ini? Apakah Sobat punya cara lain membuat blog? Silahkan Komentar di bawah…
     
    Last edited: Aug 13, 2014
  2. aku sukses

    aku sukses Member

    Joined:
    Jul 21, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    kalau lebih suka wordpress karena seonya bagus
     
  3. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,409
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    iya gan lebih enak aja kalo pake wp, ga tau menurut pendapat yg lain.
     
  4. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,191
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Tergantung kebiasaan siiii, memang wp enaknya tinggal drag n drob, kalau yang lain kayaknya kebanyakan main script
     
  5. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Wah lengkap banget tutorialnya
     
  6. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Jarang bermain dengan blog, lebih serang dgn wordpress. Banyak plugin u/ seo yg gratis dan jos gandos
     
Loading...

Share This Page