Cara Membersihkan Tas Polyester Secara Baik dan Benar

Discussion in 'General Business' started by Mas Her, May 8, 2021.

  1. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Cara Membersihkan Tas Polyester Secara Baik dan Benar

    Bahan polyester sering digunakan untuk menjadi tas, baik tas untuk belanja, tas pantai, tas kerja, dan lain sebagainya. Bahan polyester ini dikenal sebagai bahan yang tahan terhadap keausan, meski demikian bahan polyester ini tetap harus rutin mendapatkan perawatan. Anda perlu mencuci dan merawat tas bahan polyester agar ke depannya tas Anda tetap aman untuk kesehatan Anda.


    Nah, untuk mencuci tas bahan polyester ini pun membutuhkan panduan yang benar agar nantinya tas bahan polyester Anda tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Selain harus memperhatikan beberapa peringatan yang ada di label tas, Anda juga perlu mempelajari cara mencuci tas sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika pada label produk tersebut Anda dilarang untuk mencuci menggunakan mesin cuci, sebaiknya Anda beralih menggunakan tangan saat mencucinya. Apabila tidak ada peringatan atau larangan untuk menggunakan mesin cuci, tak masalah Anda mencucinya ke dalam mesin cuci.


    Cara Mencuci Bahan Polyester Menggunakan Mesin Cuci

    Bagi Anda yang menggunakan mesin cuci untuk mencuci tas bahan polyester Anda, berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan di rumah:

    1. Anda bisa menggunakan detergen untuk mencuci tas bahan polyester. Untuk hasil yang lebih baik, Anda disarankan untuk menggunakan detergen cair.

    2. Sebelum memasukkan tas bahan polyester ke dalam mesin cuci, Anda disarankan untuk membalik tas tersebut agar risleting, kancing, dan hiasan lainnya tidak merobek serat bahan polyester yang halus.

    3. Dilarang untuk menggunakan air panas saat mencucinya karena air panas dapat menyusutkan, melelehkan, atau bahkan merusak bentuk tas bahan polyester. Anda sebaiknya menggunakan air hangat, jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggantinya menggunakan air dingin.

    4. Pilih durasi waktu pencucian yang biasa atau relatif pendek dengan kecepatan yang terendah. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan bentuk dan fungsi tas.

    5. Hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah Anda disarankan untuk tidak menggunakan pelembut kain dan melakukan pengeringan secara manual. Untuk meminimalkan risiko penumpukan listrik statis atau kain kusut, keluarkan pakaian dari pengering saat masih lembap.


    Cara Mencuci Bahan Polyester Menggunakan Tangan

    Meski mencuci menggunakan mesin cuci juga disarankan untuk dilakukan, namun mencuci menggunakan tangan adalah pilihan yang lebih aman untuk tas bahan polyester Anda. Hal ini mengingat kompleksitas dan struktural, dimensi, dan hiasannya akan lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan tangan. Untuk melakukannya, Anda hanya membutuhkan baskom, wastafel dapur, atau bathtub.

    Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat akan mencuci tas bahan polyester menggunakan tangan:

    1. Isi baskom dengan air hangat dan deterjen lalu biarkan tas terendam dengan baik.

    2. Lalu setelah Anda yakin bahwa debu dan kotoran yang ada pada tas tersebut sebagian besar sudah hilang, Anda bisa mengambilnya untuk kemudian dibilas menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan pancuran untuk menghilangkan sabun dan debu sisa yang menempel.

    3. Disarankan untuk tidak memeras tas bahan polyester yang baru saja Anda cuci karena akan menyebabkan kain mudah rusak dan kusut. Untuk menghilangkan kelebihan air, Anda bisa menekannya. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan tas di atas handuk dan gulung agar kelembapannya terserap.


    Jika pada tas Anda terdapat sebuah noda makanan atau noda lainnya yang menempel, Anda bisa melakukan penghapusan noda sebelum proses pencucian. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, di antaranya yaitu gosokkan deterjen cair dalam jumlah banyak dengan lembut pada noda lalu diamkan selama sekitar 20 menit. Setelah itu, Anda baru bisa mencuci bahan polyester di mesin cuci atau menggunakan tangan sesuai keinginan Anda. Untuk menghindari pengaturan panas pada noda, periksa dulu status noda tersebut. Jika tidak hilang, ulangi proses sebelum memasukkan barang polyester ke dalam pengering.
     
Loading...

Share This Page