Cara Daftar Test TOEFL

Discussion in 'Education' started by azisM, Jul 6, 2022.

  1. azisM

    azisM New Member

    Joined:
    Mar 16, 2020
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi saat ini. Entah untuk melamar kerja, mendaftar sekolah atau beasiswa, atau sekedar jalan-jalan ke luar negeri, semuanya membutuhkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

    Untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, dibutuhkan alat ukur yang bernama tes. Tes kemampuan bahasa Inggris yang paling umum digunakan di dunia adalah TOEFL (Test Of English as a Foreign Language). Terdapat berbagai macam jenis dalam TOEFL, namun yang paling sering digunakan adalah TOEFL ITP dan TOEFL iBT.

    TOEFL ITP (Institutional Testing Program) adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa yang terpercaya. TOEFL ITP tidak diakui secara internasional. Bagian-bagian atau sections yang diujikan dalam TOEFL ITP meliputi Listening, Structure and Written Expression, dan Reading.

    Durasi pengerjaan untuk TOEFL ITP kurang lebih 115 menit, dengan rincian 35 menit untuk 50 soal Listening, 25 menit untuk 40 soal Structure and Written Expression, dan 55 menit untuk 50 soal Reading. Rentang skor untuk TOEFL ITP adalah 310 - 677

    Sedangkan TOEFL iBT (Internet-based Test) adalah tes kemampuan bahasa Inggris yang menggunakan internet dan komputer sebagai medianya. Berbeda dengan TOEFL ITP, ada 4 sections yang diujikan dalam TOEFL iBT, yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

    Durasi pengerjaan untuk TOEFL iBT berkisar antara 4 - 5 jam. Durasi waktu untuk tes ini cukup panjang karena terdapat sesi Speaking. Rentang skor dalam tes ini adalah 0 - 120.

    Nah, itu tadi merupakan informasi sekilas mengenai TOEFL ITP dan iBT. Sebelum mengikuti tes-tes ini, tentunya kita perlu mendaftarkan diri dulu ya. Kawan YEC, sudah tahu cara daftar tes TOEFL? Jika belum, yuk simak caranya berikut ini!

    Cara Pendaftaran TOEFL iBT

    1. Kunjungi situs www.ets.org dan lakukan pendaftaran secara online. TOEFL iBT diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Center)

    2. Buatlah akun ETS di web tersebut. Isilah informasi seperti nama, asal negara, alamat, dan lain-lain. Untuk membuat akun ini, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit.

    3. Setelah berhasil membuat akun, kamu akan diberikan 3 pilihan untuk melakukan pembayaran. Pilihannya yaitu membayar melalui kartu kredit atau debit, Paypal, dan yang terakhir melalui voucher. Untuk mengikuti TOEFL iBT, biaya yang perlu kamu keluarkan untuk sekali tes adalah $205 atau sekitar Rp 2,9 juta (kurs Rp 14.298)

    Cara Pendaftaran TOEFL ITP:

    Untuk mendaftar TOEFL ITP, kamu cukup mengunjungi perguruan tinggi dan lembaga bahasa yang menyelenggarakan TOEFL. Di sana kamu akan diarahkan untuk proses pendaftaran dan berkas-berkas yang perlu kamu kumpulkan. Biaya untuk sekali mengikuti TOEFL ITP mulai dari Rp 500.000.


    Demikian, Kawan YEC, informasi tentang cara daftar tes TOEFL. Baik TOEFL ITP dan iBT, semuanya perlu dipersiapkan secara matang. Selain persiapan secara finansial, Kawan YEC juga perlu mempersiapkan diri agar mendapatkan skor yang memuaskan. Bagaimana cara persiapannya?

    Jawabannya adalah dengan belajar. Tentu saja, seperti mengikuti ujian atau tes pada umumnya, kita perlu belajar sebelum menghadapi ujiannya. Materi yang diujikan dalam TOEFL sangat bervariasi dari yang termudah hingga yang tersulit. Karenanya banyaknya materi ini, kebanyakan orang merasa bingung harus mulai dari mana.

    Nah, bagi Kawan YEC yang ingin belajar untuk mempersiapkan TOEFL, YEC punya solusi untuk kalian.

    YEC menyelenggarakan “YEC TOEFL Preparation Online”. Sesuai namanya, di kelas ini kita akan belajar berbagai materi yang sering keluar di TOEFL secara online atau daring.

    YEC memahami pesatnya perkembangan dunia. Karenanya, kelas persiapan TOEFL ini didesain agar kamu cepat memahami materinya, hanya dalam 2 bulan. Tentu kelas ini lebih cepat dibandingkan dengan kelas persiapan TOEFL lain yang dilaksanakan selama 3 bulan atau lebih.

    Materi yang dipelajari di kelas ini merupakan gabungan dari 4 kelas, yaitu Pre TOEFL, Listening, Structure and Written Expression, dan Reading. Dalam Les Privat Bahasa Inggris ini, kamu juga akan belajar mengenai tips dan trik dalam mengerjakan TOEFL.

    Agar memudahkanmu, materinya disusun secara ringkas dan menarik dalam bentuk video. Materinya disampaikan dalam bahasa Indonesia, jadi pasti kamu paham.

    Untuk proses belajarnya, kamu bebas menentukannya sendiri. Selama belajar di YEC, kamu bisa mengakses materi dan latihannya selama 24 jam, nonstop. Mau pagi, siang, atau malam, kamu bisa belajar kapanpun kamu mau.

    Begitu juga dengan lokasi belajarnya. Kelas TOEFL ini diselenggarakan secara online, jadi kamu bebas mau belajar di mana saja. Sambil nongkrong di cafe atau rebahan di rumah, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan nyaman!

    Setelah memahami materinya, waktunya kamu mengasah kemampuanmu. Terdapat ratusan soal yang siap menguji pemahamanmu, yang dapat kamu kerjakan kapan saja.

    Di tengah kelas mengalami kesulitan? Jangan khawatir, karena ada tutor profesional yang siap membantumu. Kamu bisa bertanya ke tutor melalui grup WhatsApp ya.

    Nah, jika kamu rajin mengikuti kelasnya sampai akhir, kamu akan mendapatkan sertifikat! Sertifikat ini bisa kamu cantumkan di CV kamu yaa.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    146
    Trophy Points:
    63
    Yang suka jalan-jalan keluar negri memang mendukung banget kalau pintar bahasa ingrris, tapi lebih keren lagi kalau menguasai banyak bahasa.
     
  3. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    96
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Jadi ingat, dulu ada temen saya berbangga diri bilang, kalau nilai TOEFL nya dia itu tertinggi di kelasnya, yaitu 100 hahaha
     
  4. Denni

    Denni Member

    Joined:
    Jan 22, 2015
    Messages:
    55
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Jadi inget dulu masih kuliah, terlalu percaya diri tanpa ikut pre-test simulasi ujian TOEFL.. Hasilnya ya gitu deh *drama*
     
Loading...

Share This Page