Biar Nggak Gampang Sakit Saat Cuaca Tidak Menentu, Tipsnya Simpel!

Discussion in 'Health & Medical' started by Fitria Nursalis, Apr 7, 2017.

  1. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Sudah sering kita mendengar bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Hanya saja kadang karena faktor cuaca, kita jadi kesulitan untuk menjaga kesehatan. Kalau sudah begini, perlu effort yang lebih besar lagi untuk membuat tubuh selalu sehat dan bugar serta enggak gampang jatuh sakit.

    Nah, biar sistem kekebalan tubuhmu tetap terjaga dengan baik, coba ikuti tips-tips simpel ini guys :

    Minum air putih yang cukup
    Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik bisa mencegah kita terkena penyakit dan menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap stabil sehingga tidak mudah terserang virus. Selalu bawa botol air minum yang bisa diisi ulang setiap saat. Sehingga kalau sewaktu-waktu kamu membutuhkannya kamu tak kesulitan dan terhindar dari dehidrasi.

    Lakukan meditasi ringan
    Menurut penelitian dari University of Wisconsin, Madison pada tahun 2012, 55 orang yang melakukan teknik menenangkan pikiran bisa memiliki 13 jenis penyakit lebih sedikit dan 51 hari bebas penyakit lebih banyak daripada orang-orang dari grup kontrol selama musim pilek dan flu. Hal ini terjadi karena meditasi bisa mengurangi pengaruh fisik yang disebabkan oleh stres yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sesibuk apapun dirimu, tetap luangkan waktu untuk istirahat dan menenangkan pikiran, ya.

    Tidur yang cukup
    Penting juga untuk mendapatkan tidur yang cukup. Soalnya sistem imun kita butuh istirahat untuk bisa tetap sehat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University, disebutkan bahwa meskipun orang-orang mengklaim bahwa mereka merasa segar setelah tidur kurang dari tujuh jam per hari, tapi sebenarnya mereka memiliki risiko tiga kali lipat lebih besar terkena flu dibandingkan orang-orang yang bisa tidur sedikitnya delapan jam setiap harinya.

    Batasi konsumsi makanan atau minuman manis
    Makan yang manis-manis boleh asal jangan sampai berlebihan. Dalam sebuah penelitian di Loma Linda University, orang-orang yang mengonsumsi 6 sdm gula (baik dari jus jeruk, madu, atau minuman manis lainnya), sel-sel darah putih yang bisa mencegah infeksi kehilangan kemampuannya untuk membunuh bakteri dan virus. Bahkan sistem kekebalan tubuh kita bisa menurun selama beberapa jam setelah kita makan atau minum yang manis-manis.

    Olahraga 30-60 Menit Per Hari
    Buat yang super sibuk, meluangkan waktu untuk olahraga mungkin sulit. Tapi berolahraga 30 hingga 60 menit sehari manfaatnya bisa memperlancar aliran darah sehingga sel-sel imun dapat tersalurkan ke semua bagian tubuh. Akan lebih baik lagi bila kamu bisa melakukan olahraga lima hari selama seminggu secara rutin.

    Jaga Kebersihan Tangan
    Sering-seringlah mencuci tanganmu, khususnya kalau kamu baru saja menyentuh sesuatu yang dicurigai mengandung bakteri atau kuman. Tapi mencuci saja tidak cukup. Pastikan juga kamu mengeringkan tanganmu setelah mencucinya. Soalnya bakteri masih bisa menempel di tangan yang masih basah. Penting juga untuk mengganti handuk yang basah dengan handuk kering sesering mungkin.

    Mengkonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh

    Tidak harus mengkonsumsi suplemen berbahan kimia untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda bisa mengkonsumsi suplemen herbal yang tentunya lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu pendek ataupun jangka panjang.

    Nah, itu tadi tips-tips simple untuk menjaga kekebalan tubuh biar nggak mudah sakit saat cuaca tidak menentu. Yuk, jaga kesehatan kita dari sekarang. Nggak mau kan nantinya malah jatuh sakit parah hanya karena kita terlalu cuek menjaga diri dan kesehatan? Stay well, stay healthy! ;)
     
  2. Nandadc

    Nandadc Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    181
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Jagan lupa perbanyak konsumsi buah sama sayur nya den
     
  3. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    hehe iya den makasih udah nambahin :D
     
  4. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    460
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    makasih gan tipsnya :)
     
  5. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Oke gan sama-sama..
    Silakan dicoba ya tips nya :)
     
Loading...

Share This Page