Berkenalan dengan Jenis Kayu Mahoni dan Kelebihannya

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by haryo arbianto, Aug 5, 2021.

  1. haryo arbianto

    haryo arbianto New Member

    Joined:
    Apr 20, 2021
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mahoni.jpg
    Jenis kayu mahoni menjadi salah satu bahan material yang sering digunakan. Bahkan popularitas dari kayu mahoni ini tidak pernah turun.

    Seringnya, kayu mahoni digunakan untuk konstruksi, material furnitur serta penopang. Bukan hanya itu, kayu mahoni juga sangat cocok dengan berbagau macam gaya bangunan di Indonesia.

    Popularitas yang dimiliki oleh kayu mahoni sebenarnya tidak kalah dengan kayu jati. Bukan hanya itu, masa panen dari kayu mahoni juga bisa dikatakan cepat karena memiliki diameter begitu besar.

    Kayu mahoni diperoleh dari pohon mahoni. Pohon dari kayu ini mempunyai bunga begitu unik. Di usia muda, buah pohon ini memiliki bentuk layaknya bola rugby, saat tua, buah mekar dan memperlihatkan biji tersusun rapi.

    Mengenal Jenis Kayu Mahoni Sebagai Bahan Konstruksi
    Bukan hanya saat ditebang saja kayu mahoni memberikan manfaatnya, namun ketika masih menjadi pohon, kayu mahoni menjadi pohon yang dapat mengurangi polusi udara.

    Bahkan, ketiak dilihat dari presentase yang dimiliki, kayu mahoni ini dapat mengurangi polusi udara yang mencapai 70%. Hal tersebut disebabkan karena daun kayu mahoni dapat menyerap udara yang kotor dan mengolahnya menjadi oksigen.

    Inilah yang membuat kayu mahoni dapat menyerap udara kotor serta mengubahnya menjadi oksigen. Bahkan, ketika hujan turun, kayu mahoni juga bisa menyerap banyak air untuk candangannya, sehingga menanam kayu mahoni bisa membuat air tidak menggenangi kebun.

    kayu mahoni memiliki karakteristik dengan warna merah muda, tetapi sebagian besar dari kayu mahoni juga memiliki warna merah tua. Jika warna merah tua tersebut ada pada kayu, ini berarti kayu tersebut memiliki umur lebih dari 25 tahun.

    Bagian tepi dari kayu mahoni memiliki warna putih. Serat dari kayu ini mempunyai sifat yang lurus serta terpadu. Inilah yang membuat kayu ini mudah dipotong sesuai dengan keinginan. Tekstur dari kayu juga halus karena porinya kecil.

    Berbagai Kelebihan Jenis Kayu Mahoni
    Setelah mengenal kayu mahoni, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mengenal berbagai kelebihan yang dimilikinya. Berikut berbagai kelebihan yang dimiliki kayu mahoni, seperti:

    1. Terlihat Mewah untuk Furnitur
    Seperti yang sudah dibahas, kayu mahoni memiliki karakter serat yang lurus, dan halus sehingga ketika menggunakannya sebagai bahan material furnitur, furnitur bisa terlihat begitu mewah. Kayu mahoni sering digunakan untuk furnitur rumah-rumah mewah.

    2. Daya Tahan Penampang yang Stabil
    Jika dibandingkan dengan kayu lain, kayu mahoni tidak mudah susut atau memuai. Bahkan ketika Anda sudah menggunakan kayu mahoni ini selama bertahun-tahun lamanya. Inilah alasan mengapa kayu mahoni sering digunakan untuk membuat gitar.

    3. Memiliki Kandungan Minyak Alami yang Rendah
    Minyak alami yang ada di kayu bisa meninggalkan noda warna kuning ketika proses finishing dilakukan. Biasanya, hal ini terjadi pada kayu jati. Tetapi, ketika menggunakan kayu mahoni, Anda tidak perlu cemas karena kayu mahoni sangat kering sehingga tidak akan menimbulkan warna kuning.

    4. Memiliki Harga yang Ekonomis
    Dengan berbagai macam keunggulan yang dimiliki, bisa dikatakan jika kayu mahoni memiliki harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan kayu jati. Meskipun mengeluarkan harga yang terjangkau, Anda tetap bisa memperoleh furnitur dengan kualitas baik, bahkan menggunakan furnitur setara kualitas kayu jati. Selain itu untuk mendapatkan kayu ini juga terbilang mudah. Anda tinggal mengunjungi distributor material Jakarta maka biasanya mereka memilik stok kayu ini.

    5. Proses Panen yang Cepat
    kayu mahoni memiliki proses panen yang sangat cepat. Bahkan di usia 5 hingga 10 tahun, kayu mahoni sudah bisa dipanen dan memiliki diameter cukup besar.

    Dengan berbagai macam fakta di atas, tentu Anda lebih mengenal kayu mahoni bukan. Apalagi sebelum mengaplikasikannya, Anda harus mengenal jenis kayu mahoni terlebih dahulu. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai macam bahan material dengan harga terjangkau seperti harga besi beton polos per kg murah. Maka dapat menghubungi SJU Steel. SJU Steel adalah distributor material professional yang menyediakan berbagai macam bahan untuk kebutuhan Anda.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,813
    Likes Received:
    129
    Trophy Points:
    63
    Kayu apapun kalau jatuh ke tangan tukang mebel hampir semuanya menjadi bagus
    tapi ketahanan kayu memang beda-beda, kayu jati yang masih menjadi favorit banyak orang
     
Loading...

Share This Page