Berbagai Kegiatan Positif Untuk Menghindarkan Kenakalan Remaja pada Anak

Discussion in 'Education' started by Educamp Ganesha, Aug 21, 2015.

  1. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    100
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Tidak akan ada yang menyangkal bahwa setiap orang pasti pernah mengalami masa yang disebut sebagai masa kenakalan Ya, memang pada dasarnya setiap anak pasti akan mengalami masa dimana ia dianggap nakal. Sedang kenakalan setiap anak sering berbeda antara anak satu dengan anak yang lainnya. Sementara itu kenakalan anak juga akan berbeda ketika anak tersebut akan mengalami pertumbuhan menuju ke arah yang lebih dewasa seperti pada masa remaja. Pada masa remaja ini, sering dikatakan masa dimana akan akan menuju kedewasaan namun mereka masih memiliki pola pikir dan prinsip yang masih sangat labil, sehingga pada masa inilah akan sangat menentukan bagaimana mana anak akan bersikap dan cara dalam menghadapi berbagai keadaan dalam lingkungannya. Selain itu pola pikir yang masih labil ini terkadang sangat sering membawa anak pada pergaulan yang lebih liar atau pergaulan bebas, terlebih jika ia berteman dengan teman-teman yang juga nakal. Olah sebab itulah, kita sebagai orang tua tentu tidak ingin apabila anak Anda terjerumus dalam pergaulan bebas pada anak remaja kita.

    Dampak Negatif dari Kenakalan Remaja akibat Pergaulan Bebas

    Nah, pada saat ini kenakalan remaja mempunyai tingkat yang berbeda-beda dan bahkan kenakalan remaja tersebut terkadang mencapai tingkat yang tidak bisa ditolerir lagi atau kenakalan remaja tersebut terkadang menuju pada tindakan ke arah kriminal. Beberapa kenakalan remaja yang umum terjadi saat ini yang sangat bahaya bagi anak kita ialah seperti tawuran, membuat sebuah geng seperti mengikuti kelompok berandalan jalanan, merokok, bolos sekolah, mabuk, mengkonsumsi narkoba hingga perilaku sex bebas. Beberapa kenakalan remaja di atas tentu merupakan sebuah kenakalan remaja yang banyak terjadi pada saat ini yang tentunya mencapai tingkat yang tidak bisa ditolerir lagi bagi kita selaku orang tua. Sedangkan bahaya kenakalan lain yang lebih menakutkan ialah ketika perilaku tersebut dibawa oleh anak hingga mereka beranjak dewasa. Oleh karena itu, tentu kita tidak mengharapkan hal itu terjadi pada anak kita tentunya.

    Kegiatan Positif Untuk Menghindarkan Anak Pada Kenakalan Remaja Dengan Bimbel

    Dengan bahaya dari pergaulan bebas dan kenakalan remaja tersebut, tentu kita sebagai orang tua harus selalu memberikan motivasi dan arahan kepada anak kita agar mereka bisa memfilter dan menghindari pergaulan bebas dan beberapa kenakalan remaja yang saat ini sedang marak-maraknya. Nah, salah satu cara untuk menghindarkan anak dari kenakalan remaja ialah dengan memberikan anak pada kegiatan yang positif seperti mengikutkan anak padabimbinganbelajar pada anak. Ya, bimbel ataubimbinganbelajar merupakan salah satu kegiatan yang sekiranya mempunyai dampak yang sangat positif bagi anak, karena selain akan mendapatkan wawas dan tambahan materi dari sekolah, kegiatan ini juga dapat menyita waktu anak dari berbagai kegiatan yang yang bersifat negatif yang dilakukan akan dilakukan oleh anak ketika di luar rumah bersama dengan teman-temannya.

    Kegiatan Positif Untuk Menghindarkan Anak Pada Kenakalan Remaja Dengan Kegiatan Keluarga

    Selain bimbel ataubimbinganbelajar, kegiatan positif untuk menghindarkan anak dari kenakalan remaja yang bisa kita berikan ialah dengan mengajak anak pada kegiatan keluarga seperti mengajak anak-anak ke beberapa tempat yang menghibur seperti taman hiburan atau taman wisata. Ya, selain akan menambah kedekatan orang tua dengan anak, kegiatan bersama keluarga tentu akan menyita waktu bagi anak yang bisa kita lakukan untuk menghindarkan anak dari berbagai bentuk kenakalan remaja dan pergaulan bebas di luar sana. Selain itu Anda juga bisa mengikutkan anak pada pelatihan yang disukai anak seperti pelatihan musik atau pelatihan olah raga tertentu.
     
    lasealwin likes this.
  2. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalo di kota2 kecil yang paling umum itu rokok kali yah. susah juga sih, karena memang gampang didapetin barangnya :d
     
  3. desaingrafis

    desaingrafis Member

    Joined:
    Jul 23, 2014
    Messages:
    83
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    mengarahkannya dengan mengikuti berbagai kegiatan positif yang digemarinya seperti mengikuti berbagai kursus, les, bimbingan belajar, kegiatan olahraga dan lain sebagainya.:)
     
  4. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    jangan salahin anak yg merokok.... lah bapaknya dan gurunya disekolah juga nyontohinnya merokok....
     
  5. zonamers

    zonamers Member

    Joined:
    Jul 24, 2015
    Messages:
    594
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    jangan salahin bapak yang merokok... lah merokok bukan kegiatan yang ilegal :D
     
  6. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Keluarga adalah pagar pertama dan utama untuk remaja terhindar dari kenakalan. Terimakasih
     
Loading...

Share This Page