Benarkah Memulai Bisnis Harus Sejak Usia Muda?

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Wirausaha, Dec 31, 2014.

  1. Wirausaha

    Wirausaha Member

    Joined:
    Oct 27, 2014
    Messages:
    22
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Tab0lidWirausaha.Com — Menurut mitos modern, ciri-ciri calon pengusaha berhasil umumnya didominasi kaum pria yang kutu buku berusia 20-an, tidak dewasa, dan tinggal selangkah lagi menuju kesuksesan dan ketenaran. Hal tersebut muncul seiring dengan mencuatnya nama-nama seperti Bill Gates, Marc Andreessen pendiri Netscape, para lelaki Google, Larry Page dan Sergey Brin. Meskipun cerita mereka cocok dengan mitos yang ada, tetapi hampir semua stereotip tersebut salah.
    Buktinya, saat ini di Amerika Serikat perempuanlah yang menjadi kekuatan penggerak di balik banyaknya bisnis baru. Pusat Riset Bisnis Perempuan di sana bahkan menyatakan perkembangan bisnis yang dimiliki perempuan tumbuh hampir dua kali lipat daripada kebanyakan perusahaan yang ada. Mereka mempekerjakan lebih dari 12,8 juta pegawai. Menghabiskan 550 juta dollar AS (sekitar Rp 5,17 triliun) untuk gaji dan tunjangan karyawan, serta membukukan penjualan akhir 1,9 triliun dollar AS (sekitar Rp 17,86 triliun).

    Mitos kewiraswastaan pun jadi penting karena dapat mengendurkan semangat mereka yang tidak memenuhi kriteria. Namun, meskipun tidak sesuai, pengusaha perempuan telah mengucurkan jutaan dollar AS ke dalam perekonomian Amerika dan dunia. Lalu, yang terpenting, mereka melakukan segala sesuatu dengan aturan main sendiri!

    Aturan dari segi usia sangat bisa dipatahkan. Jill Blashack Strahan (48), misalnya. Ia memulai Tastefully Simple di usia 37. Saat itu ia telah menikah dan punya anak. Menurutnya, usia matang adalah salah satu kunci keberhasilan. "Waktu muda, saya tidak mengenali siapa diri saya sebenarnya," ujar Jill. "Sedangkan untuk jadi pemimpin yang hebat, kita harus mengetahui diri kita dengan baik."

    Menurut penelitian Simon Parker, dosen ekonomi dan kewiraswastaan di University of Durham, Inggris, sebagian besar bisnis yang dimiliki pengusaha berusia matang memiliki kecenderungan bertahan lama. Usia rata-rata pemimpin perusahaan yang ada dalam Inc. 500, daftar perusahaan swasta dengan pertumbuhan tercepat, adalah 43 tahun. Pengusaha tertua Doris Drucker memulai perusahaan pertamanya saat berumur 82 tahun.

    Meski demikian, ada anggapan bahwa menjadi pengusaha harus dimulai sejak muda, karena hanya orang muda yang cukup berani mencoba sesuatu dengan tingkat kegagalan tinggi. Namun, ternyata pengalaman biar bagaimanapun juga, terbukti akan jauh lebih berharga dibandingkan dengan keberanian yang bodoh.

    Sewaktu Carol Latham, 67 tahun, masuk ke dalam kelas bisnis, para mahasiswa langsung terkaget-kaget. Terlihat jelas apa yang ada di dalam benak mereka: "Ia pengusaha? Tidak mungkin! Terlalu tua!" Kemudian Carol berbagi cerita.
    Ia adalah seorang ahli kimia di Cleveland yang kemudian berhenti bekerja untuk mengasuh anak. Ia tinggal di rumah selama 18 tahun, dan baru kembali bekerja pada tahun 1981. Pertengahan 1980-an, saat ukuran komputer mengecil, Carol menyadari bahwa komputer yang terlalu panas akan menimbulkan masalah besar. Bertumpu pada latar belakang kimia, ia mendapat ide untuk menggunakan material pengantar panas dengan bahan polimer.

    Tahun 1989, ia nekat membuka perusahaannya sendiri, Thermagon. Carol lalu kekurangan uang untuk membayar gaji, tetapi hatinya tidak ciut. "Pengalaman sebagai ibu rumah tangga membuat saya bisa memotivasi orang, tanpa uang. Saya sendiri dulu sering menjadi relawan. Saya terpikir untuk menggerakkan orang mengerjakan sesuatu tanpa imbalan apa pun. Ternyata saya berhasil melakukannya," lanjut Carol.

    Ia mempekerjakan tenaga yang tidak berpengalaman dan membujuk dewan sekolah Cleveland untuk mengirim guru Bahasa Inggris dan Matematika. Lalu, ia mengadakan berbagai pelatihan. "Kami mempromosikan banyak perempuan dan kaum minoritas. Mengembangkan kemampuan mereka dan memberikan kesempatan untuk hidup lebih baik. Itu sebuah akhir yang sempurna," katanya.
    (Margaret Heffernan)
    Source Artikel : Kompas.com 2010
     
    lasealwin likes this.
  2. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    sangat menginspirasi Cerita diatas,
    saya percara Setiap Orang di beri jalan kesuksesan masing-masing oleh Tuhan , baik itu waktu muda maupun sudah usia tua
     
  3. Bachul

    Bachul Member

    Joined:
    Dec 12, 2014
    Messages:
    72
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    iya gan kalo bisa ya sejak dini, biar kalo dah gede sudah terbiasa dan gak kaget soal kebangkrutan
     
  4. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Biasanya usahawan muda itu penuh semangat kerja keras.
     
  5. Evans

    Evans Member

    Joined:
    Jun 21, 2014
    Messages:
    524
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Memulai dari umur 17 tahun :D
     
  6. Koleksi Tas Terbaru

    Koleksi Tas Terbaru Member

    Joined:
    Dec 7, 2014
    Messages:
    424
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Mungkin dukungan orang tua juga kali yah klo masih muda udah sukses
     
  7. sanchez gilbert

    sanchez gilbert New Member

    Joined:
    Oct 30, 2014
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kaloini menrut ane ada bener, ada nggak nya juga sih, tergantung orangnya... tp semakin merintis dari usia muda semakin matang pula seseorang dan berpengalaman
     
  8. karangmulya

    karangmulya Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    155
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Kalau semuanya nanti jadi pengusaha terus siapa yang nanti jadi pekerjanya..
     
  9. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,386
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    iya kalo bisa dimulai dari usia yg muda. :D
     
  10. nandar

    nandar New Member

    Joined:
    Jan 3, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gw sendiri mulai dr SMP sudah mulai usaha dr jualan stiker hasilnya ga terlalu besar tp lumayan buat nambah" uang jajan.. kl yg cukup modal yg cukup besar setelah kuliah ane jatuh bangun 3x dan sekarang mulai merintis usaha lg walau pun umur tidak muda lg
     
  11. alterbridge

    alterbridge New Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mau dari tua atau muda .. yang penting smua recana harus dipersiapkan dengan matang
    dan pastinya harus dijalankan juga .. jagan cuma perencanaanya
    75% usaha 25% doa ..
     
  12. alfon

    alfon Member

    Joined:
    Dec 16, 2014
    Messages:
    21
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Mungkin maksudnya sejak usia muda itu harus rajin dan bekerja untuk mencapai tujuan, karna seiring dengan berjalannya waktu pengalaman pasti akan bertambah dan itu modal yang bisa dijadikan kunci kesuksesan para pebisnis, mulai dari bisnis properti, investasi, perhiasan, batu, resto, transportasi,dll. Dan juga kalau di era saat ini mau berbisnis diikutin aturan mainnya.
     
  13. Muhammad Amin

    Muhammad Amin Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    241
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Kalau bisa di mulai serius usaha dari usia muda mungkin bisa lebih bagus :)
     
  14. kiting2906

    kiting2906 Member

    Joined:
    Nov 8, 2014
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Ada sekolah TK khalifah yang punya Ippho Santosa sudah mulai mendidik anak muridnya berbisnis
    Semoga enterpreneur di Negeri kita makin banyak yah*senang*
     
  15. icassuge

    icassuge New Member

    Joined:
    Jan 17, 2015
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    banyak juga lo yang memulainya dari usia 6 tahun, :D
     
  16. kedaigrafis

    kedaigrafis Member

    Joined:
    Nov 17, 2014
    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    "pengalaman biar bagaimanapun juga, terbukti akan jauh lebih berharga dibandingkan dengan keberanian yang bodoh."
    suka kata" itu kak.. walaupun kegagalan adalah keberhasilan yg tertunda,, tapi setidaknya.. kegagalan yg dilakukan,, bukan kegagalan yg bodoh dan tidak bermanfaat menjadi pengalaman untuk menjadi lebih maju,.
     
  17. jellygamat

    jellygamat Member

    Joined:
    Jan 19, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Yang penting banyakin dulu pengalaman gan, biar masih kecil tapi kalo pengalaman memadai (belajar dari lingkungan) yaaa bisa aja doi sukses dengan menjadikan pengalaman sebagai "guru"-nya *CMIIW *keren3*
     
  18. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,877
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Tidak selalu sih teman
    Pernah saya menonton tv seorang anak kecil juga udah bisa buka usaha sendiri.
    Istilahnya teman tergantung panggilan hati sajalah
    Salam pengusaha sukses
     
  19. mabrur

    mabrur Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    84
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    semua tergantung skill. kalau memang punya skill dan otak cemerlang, mengapa tidak. tapi skill juga butuh pengalaman yang mantap, ini yang butuh wahtu
     
  20. adarabintangcaraka

    adarabintangcaraka New Member

    Joined:
    Jul 10, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Soal umur memang menjadi faktor awal kesuksesan karena bisnis tidak tumbuh dengan waktu yang sebentar
     
Loading...

Share This Page