Beberapa Fakta tentang Burung Alap alap

Discussion in 'Science' started by Lucas Adie, May 3, 2014.

  1. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    [​IMG]

    Kamu tahu nggak burung Alap alap? Alap alap adalah burung yang sangat saya sukai. Dulu sewaktu kecil, saya sering melihat Alap alap di kampung halaman saya. Bahkan dulu saya sering bermain main mencari sarangnya di tebing tebing tinggi, di kawasan perbukitan dekat tempat tinggal saya. Namun sekarang, burung ini tidak pernah terlihat lagi. Sepertinya telah banyak diburu orang. Mengesalkan memang. Entah kapan lagi saya bisa menyaksikan burung ini terbang di angkasa dengan bebas, ketika senja hampir tiba. Hmm. .ah jadi inget masa kecil dulu. . .hehehe :D

    Alap-alap atau dalam bahasa Inggrisnya Falcon adalah jenis burung pemangsa dari famili Falconidae. Berbeda dengan Elang dan Rajawali dari suku Accipitridae, Alap-alap mempunyai sayap yang lebih sempit dan runcing, paruh lebih pendek dan melengkung, cakar membulat, iris mata gelap serta gaya terbang yang lebih cepat dan akrobatis. Kecepatan terbang Alap alap diklaim punya akurasi yang lebih baik dibanding burung Elang. Gaya akrobatik Alap alap dijadikan inspirasi pembuatan pesawat tempur modern, seperti pesawat Falcon buatan Amerika.

    Di bawah ini adalah beberapa fakta tentang burung ini :

    1. Burung Alap-alap mempunyai kecepatan melebihi Elang. Mungkin ini disebabkan karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil ketimbang Elang. Dengan berat yang ringan dan struktur tubuh yang sangat aerodinamis, ia tidak hanya mampu terbang cepat, tetapi juga bergerak dengan berbagai manuver. Alap alap dapat dikategorikan ke dalam hewan tercepat, yakni dengan kecepatan yang bisa mencapai 320 km/jam.

    2. Seperti halnya kelompok burung pemangsa yang terbang di udara, mata alap-alap juga mempunyai akurasi yang tinggi. Alap-alap mempunyai daya penglihatan yang tajam dan memiliki akurasi 2.6 kali mata manusia. Tidak heran meskipun berada di tempat tinggi, ia tetap bisa melihat mangsanya dengan jelas.

    [​IMG]

    3. Makanan dari burung karnivora ini
    adalah hewan kecil dengan ukuran yang lebih kecil darinya. Beberapa hewan yang biasanya menjadi sasaran utama sebagai santapannya adalah anak ayam, burung merpati, burung nuri, burung jalak, dan yang lainnya.

    4. Selain bisa melakukan serangan terhadap mangsa di darat, burung Alap-alap mampu melakukan penyergapan terhadap burung lain di udara dari segala sisi. Ini adalah salah satu keunggulan dari burung Alap-alap yang memiliki kemampuan untuk berburu di udara.

    5. Nama Alap-alap dalam bahasa Inggris, adalah Falcon berasal dari kata Falx yang berarti sabit.

    6. Alap alap adalah sahabat bagi petani karena mereka memangsa tikus sawah. Alap-alap juga dapat dijadikan peliharaan bila dilatih sejak kecil dengan sabar, namun sepertinya bakal berurusan dengan pihak yang berwajib karena saudara Elang ini termasuk hewan yang dilindungi juga *ketawa2*

    Source : Buku dan Artikel dengan sedikit perubahan.
     
  2. cayun

    cayun Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    650
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    wah saya baru tau burung Alap-alap sekarang... apa burung ini ada hubungannya dengan member @LilihAlap ? *jail*
     
    Lucas Adie likes this.
  3. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    @LilihAlap ?? Wah, belum tahu kalo itu ya, hehehe. . .
    Ntar tanya dia aja kalo ngomen disini :D
     
  4. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    318
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  5. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    599
    Likes Received:
    51
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    di jogja lumayan masih banyak nih, daerah sekitar merapi
     
  6. zouero

    zouero Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    363
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Matanya serem banget itu om *dingin* kalo di film naruto mah udah kaya sharinggan aja itu
     
  7. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    wkwk. . .kebanyakan nonton anime yow? *ketawa1*
     
  8. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Oh, bagus itu om. . .
    Binatang langka kayak gni harus dilindungi
     
  9. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Yupz *peace*
     
  10. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,243
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Gak pernah di pelajaran SD ada burung alap-alap. Saya lihat sih sama saja, elang. Sama juga kalau lihat orang China, semuanya sama. Atau lihat orang negro, semuanya sama juga.

    *no rasis
     
    Lucas Adie likes this.
  11. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    mirip burung elang gan... gagah bgt burungnya... *bagus*
     
  12. iskandar22

    iskandar22 Member

    Joined:
    Sep 26, 2013
    Messages:
    802
    Likes Received:
    40
    Trophy Points:
    28
  13. foxydiba

    foxydiba Member

    Joined:
    May 7, 2013
    Messages:
    272
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Mau nambahin buat teman-teman yang bingung antara elang, rajawali dan alap-alap.

    Elang (bahasa inggrisnya eagle)

    Ciri fisik lebih besar daripada rajawali dan alap-alap, suka berburu mangsa di daratan di tempat terbuka. Bisa mengangkat mangsa yang seberat dirinya, jika mangsa lebih berat maka dia akan membunuh mangsanya dengan cara dijatuhkan dari ketinggian atau diremukkan tulang lehernya dengan cakarnya yang kuat.



    Rajawali (bahasa inggrisnya hawk)

    Ciri fisik lebih kecil dibandingkan elang tapi lebih besar apabila dibandingkan alap-alap, rajawali lebih lincah dibandingkan elang, dia bisa mengejar mangsanya sambil berbelok-belok di antara pepohonan atau tanaman semak yang tinggi. Ada spesies yang diklasifikasikan sebagai elang sekaligus rajawali, seperti Elang Jawa (Javan Hawk-Eagle), dia bertubuh besar layaknya elang tapi bisa berburu di antara pepohonan seperti rajawali.


    Alap-alap (bahasa inggrisnya falcon)
    Ini sudah dijelaskan oleh TS, saya menambah video alap-alap lagi berburu saja.


    Sangat penting bagi kita untuk ikut menjaga kelestarian mereka. Sebagai puncak rantai makanan (apex predator), mereka berperan dalam mengontrol populasi hewan yang bisa merugikan manusia dan juga mengganggu keseimbangan alam jika populasinya terlalu banyak seperti babi hutan, ular dan tikus.

    Semoga spesies elang, rajawali dan alap-alap di Indonesia bisa terhindar dari kepunahan, mengingat banyak diantara mereka yang statusnya sudah Endangered atau Critically Endangered dalam IUCN Red List.
     
    Lucas Adie likes this.
  14. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Jadi pengen pelihara ini burung kelihatanya lebih macho dan jos daripada elang *jail*
     
  15. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Terima kasih banyak untuk penjelasan tambahannya sob. Yup, semoga spesies burung-burung gagah tersebut tetap eksis *peace*
     
  16. Nur Wahid

    Nur Wahid Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    131
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Waduh saya malah baru tahu tentang burung alap-alap setelah baca thread diatas *huh* ..
     
  17. billatransport

    billatransport Member

    Joined:
    Apr 8, 2014
    Messages:
    145
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Betul dulu waktu masih kecil di desa saya banyak alap-alap..biasanya makan anak ayam...
    Sekarang udah gak pernah liat lagi...
     
  18. aprilia

    aprilia New Member

    Joined:
    Jun 2, 2014
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Emang udah hampir punah burung alap-alap saat ini. Oh iya, emang beda kah antara burung elang dengan burung alap-alap? kalau menurutku sich sama aja.
     
  19. Lucas Adie

    Lucas Adie Member

    Joined:
    Mar 23, 2014
    Messages:
    248
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Mereka memang satu spesies namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya
     
  20. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    399
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Baru tau nih ada yang namanya burung Alap - Alap... :D Matanya dan paruhnya... Wusss...
     
Loading...

Share This Page