Basmi Terorisme Pertahankan NKRI

Discussion in 'Politik' started by muhrasta, Oct 21, 2013.

  1. muhrasta

    muhrasta New Member

    Joined:
    Sep 20, 2013
    Messages:
    51
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Sekali lagi densus 88 berhasil melakukan penangkapan terhadap teroris di Bone, Sulawesi Selatan. Ini adalah prestasi yang luar biasa. Terorisme harus dibasmi karena ini sangat berbahaya. Terorisme merupakan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan nasional maupun internasional
    Pemerintah sangat konsen untuk pemberantasan terorisme di negeri ini karena tidak sesuai dengan amanat Undang undang dasar 1945 dan Pancasila. Tujuan nasional sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka mutlak diperlukan penegakan hukum dan ketertiban secara konsisten dan berkesinambungan.
    Pengaturan terhadap tindak pidana terorisme di Indonesia diatur dalam Perpu No. 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Setiap orang yang dengan sengaja menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan menimbulkan suasana teror atau rasa takut terhadap orang secara meluas atau menimbulkan korban yang bersifat massal, dengan cara merampas kemerdekaan atau hilangnya nyawa dan harta benda orang lain, atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap obyek-obyek vital yang strategis atau lingkungan hidup atau fasilitas publik atau fasilitas internasional, dipidana dengan pidana mati atau penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.

    Dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana terorisme, Pemerintah Republik Indonesia melaksanakan kerja sama internasional dengan negara lain di bidang intelijen, kepolisian dan kerjasama teknis lainnya yang berkaitan dengan tindakan melawan terorisme sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Begitu pentingnya pemberantasan terorisme untuk mempertahankan keutuhan negara ini membutuhkan peran aktif dari masyarakat.
     

Share This Page