Bahaya Spam Score Untuk Blog

Discussion in 'Internet Marketing' started by Imam Munandar, Aug 5, 2021.

  1. Imam Munandar

    Imam Munandar Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    44
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Halo sobat, sudah cukup lama tidak mengunjungi forum ini. Sudah hampir 4 tahun sementar rehat dari dunia blogging. Bahkan Blog Saya sudah tidak terurus, Sebenarnya tidak sibuk juga, hanya tidak tahu harus menulis apa. Saat ini tampaknya ideal karena ada hal-hal yang harus dibagikan sehingga bermanfaat, tentang risiko skor spam untuk situs web dan penyebabnya.

    Apa itu skor spam? Bagi Anda yang selalu berurusan dengan SEO, Anda tentu tahu. Skor spam adalah penanda seberapa besar faktor spam pada sebuah situs. Untuk memeriksa skor spam, Anda dapat mengunjungi beberapa situs Optomasi SEO, saya sarankan menggunakan MOZ atau Ahrefs yang bisa dibilang sempurna dalam pengerjaannya.

    Penting untuk diketahui dan mungkin semua pasti tahu, di dunia web tidak semua berniat baik. Beberapa dapat diterima dan beberapa dipandang sebagai sampah dalam kenyataan. Skor spam ini untuk mengevaluasi seberapa sampah blog kita. Apa risiko pada blog kita jika skor spam blog kita tinggi ? Berikut uraiannya :

    1. Merusak Traffik Blog
    Skor spam ini diklasifikasikan dalam persen (%). Mulai dari 1-10%, 11-20%, 21-30% untuk zona hijau. 31-40%, 41 , 51-60% untuk zona oranye dan 61-70%, 71-80%, 81-90%, 91-100% untuk zona merah. Semakin tinggi skor spam blog atau situs Anda, semakin lambat lalu lintas situs Anda. Misalnya, biasanya ada 2000 visitor perhari, dengan adanya spam skor yang tinggi di situs atau blog anda, lama kelamaan visitor akan menurun dratis.

    2. Menurunkan Peringkat di Google Penelusuran
    Faktor yang membuat trafik turun adalah posisi artikel blog di Google Search berangsur-angsur turun. Biasanya diurutan No. 1, hingga 2,3,4 bahkan bisa saja hilang dan diindex. kenapa bisa begitu ?

    3. Kalah dalam persaingan
    Skor spam yang tinggi membuat kontes di indeks web jauh lebih merepotkan. Selain itu, pesaing situs lain terus bekerja pada sifat substansi mereka. Juga, itu dapat memiliki efek di semua tempat.

    4. Menurunkan Pendapatan
    Jika traffic turun, yang paling terlihat adalah pendapatan dari adsense juga akan turun. Karena adsense membutuhkan lalu lintas blog yang tinggi dengan asumsi Anda perlu membuat tafik yang sangat hebat untuk mendapat penghasilan yang signifikan. Selanjutnya, bayangkan sebuah skenario di mana keadaan saat ini dibiarkan tidak terkendali.

    5. Menghilang Dari Peredaran
    Setelah beberapa waktu blog akan lenyap dari arus jika skor dibiarkan saja. Mungkin blognya masih ada, tapi lalu lintas visitor bisa turun drastis. Bahkan mungkin tidak terdaftar lagi oleh Google.

    Kalau bahayanya sudah diketahui, penyebab spam score tinggi itu apasih? ya bisa macam-macam. Beberapa hal penyebabnya bisa seperti berikut ini :

    1. Backlink Tidak Berkualitas
    Dulu banyak beranggapan bahwa membuat banyak backlink bisa menaikkan peringkat blog di search engine. Faktanya, backlink asal-asalan bisa membahayakan blog kita. Dan sepertinya backlink bukan lagi suatu yang perlu dikejar selain konten.

    2. Backlink Dari Web Dengan Spam Score Tinggi
    Backlink yang asal-asalan itu adalah asal taruh link url blog kita di sembarang blog. Blog yang punya spam score tinggi dalam menular ke blog kita jika ada link blog kita disitu. Logikanya kalau punya teman penjual parfum ya biasanya kita ikut wangi dan sebaliknya kalau blog kita direkomendasikan blog lain yang spam scorenya tinggi ya bisa nular.

    3. Terlalu Banyak Link Keluar (Outbound Link)
    Selain backlink, outbound link juga pengaruh. Kalau terlalu banyak link keluar dan yang direkomendasikan adalah web dengan score spam tinggi, ini sudah pasti bisa nular juga. Jadi gak bisa sembarangan buat backlink dan outbound link.

    4. Terlalu Banyak Link Minim Konten
    Minim konten tapi banyak link keluar juga sudah bisa dipastikan bisa tinggi score untuk spamnya. Kalau mau banyak link, perbanyak juga isi kontennya terutama artikel dengan minim gambar.

    5. Dikerjain Pesaing
    Kalau ini bisa iya bisa tidak. Tanpa disadari, setiap website di dunia maya bisa saling sikut-sikutan berebut peringkat atas di search engine. Kalau cara jantannya ya sudah pasti buat artikel berkualitas agar bisa bersaing. Kalau cara yang nggak berakhlak ya menjatuhkan pesaing dengan memasukkan url blog ke web-web dengan spam score tinggi. Cara ini sangat-sangat tidak direkomendasikan.

    Bahaya spam score sudah tau, penyebabnya sudah tau, terus solusinya seperti apa? Paling mudahnya adalah hapus link yang sudah Kamu sebar satu-persatu. Kalau tidak bisa, maka Kamu bisa mengikuti panduan yang sudah pernah aku buat: cara memblokir backlink spam. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya buat Kamu dan selamat mencoba.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,863
    Likes Received:
    131
    Trophy Points:
    63
    Spam score itu apakah maksudnya pemilik situs menyebar link situs mereka sendiri di situs lain yang memilki reputasi rendah?
    sepertinya pengaruhnya sangat mengerikan buat para blogger
     
  3. Imam Munandar

    Imam Munandar Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    44
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Bisa juga dijailin bang, dimasukin ke direktori backlink yang ga jelas
     
  4. Ibnu Ayun

    Ibnu Ayun New Member

    Joined:
    Apr 15, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tapi sejauh saya main blog SEO, saya dapet aged domain yang Spam Score sampe 44%, tak biarin aja, fokus buat konten berkualitas sama link building, akhirnya Spam Score turun jadi 1% hehee. Kayak kata Mas Airul dari MastahSEO, spam score gak usah di pusingin aslinya, meski ada ngaruhnya sih tapi nanti juga berubah seiring perkembangan webnya makin bagus :)
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,169
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Spam Score itu bukan nilai dari Google, jadi tidak ada pengaruh di SERP (termasuk juga DA & PA).
    Namun, itu cukup membantu untuk mengetahui bagaimana kualitas situs kita berdasarkan tool pihak lain.
     
Loading...

Share This Page