Bahaya ES Batu Dari Air Mentah & Cara Membedakan Dengan Es Air Matang

Discussion in 'Health & Medical' started by Wandi suwandi, Aug 28, 2017.

  1. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Sering rasanya kita mengkonsumsi es batu. Tinggal di perkotaan yang bikin gerah hati dan gerah bodi, menjadikan es batu sebagai obat pendingin yang menemani kita ketika kepanasan. Minuman dingin yang di campur es batu, sejatinya banyak kita temukan, baik itu di pinggir jalan, sampai di dalam restoran, kita sering menemukan minuman dengan campuran es batu.
    [​IMG]

    Kita sering minum es kelapa, es teh, atau minuman yang istilahnya serebuan menggunakan es batu untuk menambahkan rasa dingin. Jika es batu berasal dari es balok yang banyak dijual pedagang-pedagang es, yang harus diwaspadai adalah pembuatan es batu tersebut, sangat disayangkan jika terbuat dari air mentah.

    Karena pedagang es yang banyak ditemukan dipasaran/rumahan sering kali menggunakan es dari air mentah untuk menekan biaya pembuatan. Mungkin sayang jika harus membuat es dari air matang yang harus di rebus dulu, atau menggunakan air galon yang notabenya tidak murah. syukur-syukur dari air sumur, macemana kalo diambil dari air sungai ? ? ?

    Bahaya Es Batu dari Air Mentah

    Es batu yang berasal dari air mentah disinyalir sangat rentan mengandung bakteri berbahaya, karena kuman tidak mati melalui proses pembekuan, kuman akan mati jika telah melalui proses pemanasan atau dengan cara penyaringan seperti halnya Air R.O. Jika tidak melalui proses tersebut beresiko tumbuh bakteri Escherichia coli. Bakteri ini banyak dijumpai pada air minum dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal ditemukan orang yang mengonsumsi air yang mentah/tercemar E Coli memiliki peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi, peradangan ginjal dan juga penyakit jantung, serta penyakit saluran pencernaan seperti usus buntu yang akut di kemudian. (sumber brilio.net)

    Lantas, bagaimana cara membedakan Es batu dari air mentah dengan air matang ?

    1.Es Batu Dari Air Mentah

    [​IMG]

    Jika es batu terbuat dari air mentah umumnya terlihat berwarna putih (tidak bening) seperti salju dan terdapat gelembung-gelembung pada es tersebut. Hal ini karena es batu air mentah masih banyak gas terlarut yang berada di dalamnya karena tidak melalui proses perebusan terlebih dahulu. karena itu, kuman dan bakteri dalam es batu air mentah tidak akan mati.​


    2.Es Batu Air Matang


    [​IMG]


    Jika es batu terbuat dari air matang, teksturnya akan lebih bening/kristal dan sedikit gelembung. Ini terjadi dikarenakan gas yang terdapat dalam air terlepas atau menguap saat proses perebusan. Jadi, tidak ada lagi, kuman atau kotoran yang berwujud gas menempel pada air hasil rebuasan. Namun, tidak semua air rebusan bisa bening ketika dijadikan es batu, tergantung cara dan kondisi air yang bagus untuk menghasilkan es kristal yang memiliki tekstur bening.

    Saat ini sudah banyak dijual di pasaran jenis es batu kristal atau ice cube yang memiliki bentuk seperti pipa dan berlubang. Es ini sangat aman dikonsumsi, namun yang harus diperhatikan adalah cara dan alat yang digunakan harus benar-benar steril.

    Nah itulah ulasan mengenai mengenai Bahaya ES Batu Dari Air Mentah Dan Cara Membedakan Dengan Es Air Matang, semoga thread ini bisa bermanfaat bagi kalian semua,

    Thread Lainya :
     
  2. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,098
    Likes Received:
    1,049
    Trophy Points:
    163
    Google+:
    Well, ini bukan kasus baru dan bukan menjadi rahasia lagi. Ini juga jadi alasan kenapa saya tidak minum minuman soft-drink yang dijual pinggir jalan. Hanya minum-minuman yang dikemas dari pabrik dan didinginkan di lemari es, atau air putih saja. Minuman manis dengan es malah akan buat tenggorokan tambah haus.

    Tidak bicara air mentahnya dari kali saja, bahkan cara penyajiannya yang diguling-guling di tanah, tertempel banyak debu jalanan, dan diinjak-injak kaki--itu sudah kelihatannya sakit. Mirisnya, benda yang satu ini menjadi konsumsi utama anak-anak. Minumannya harnyanya cuma Rp1.000, berobatnya bisa keluarkan Rp50.000.

    Alternaifnya, buat es batu sendiri di rumah. Tahu sumber dan bagaimana dibuatnya, dan higenis.
     
    Last edited: Aug 28, 2017
  3. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Terkadang kita terlena pada kenikmatan sesaat bro o_Oo_O
     
  4. dramaencode

    dramaencode New Member

    Joined:
    Jun 22, 2017
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    wah pernah nih beli minuman harganya 2000 persis sama seperti di gambar ternyata es batu air mentah
     
  5. Ardi Tri

    Ardi Tri Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Sudah lama tau artikel kayak gini, sejak itu lebih selektif soal es dari air mentah ini *keren2*
     
Loading...

Share This Page