Bagaimana Poster yang Efektif untuk Promosi dan Marketing?

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by ayahnyanadia, Oct 4, 2016.

  1. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Apakah Anda ingin menjadikan poster sebagai bagian dari alat marketing bisnis dan produk Anda? Ingin tahu bagaimana poster yang efektif untuk promosi dan marketing? Tulisan ini akan menghadirkan sudut pandangnya untuk Anda.

    Mempublikasikan suatu informasi bisa dari berbagai macam metode dan cara, menyampaikan informasi bisa menggunakan gabungan berbagai cara juga, salah satunya yang sedang ngetren adalah menggunakan poster dengan desain yang unik dan menarik.

    [​IMG]

    Poster biasa banyak ditemukan di jalanan kota, biasanya juga poster ditempelkan di tembok-tembok gedung, atau bisa juga di dalam gedung, tentunya penempatan poster-poster ini bertujuan agar masyarakat tersosialisasi dengan isi konten dari poster tersebut. Penempatan poster-poster ini juga memperhatikan tempat, hanya tempat yang banyak dikunjungi atau dilintasi oleh orang banyak lah merupakan lokasi penempatan poster yang strategis. Tentunya hal ini berlaku juga dalam menempatkan poster untuk di dalam ruangan.

    Sebelum membaca lebih jauh tentang bagaimana poster yang efektif untuk promosi dan marketing, saya informasikan tentang tempat download bermacam format dan bentuk contoh dan template desain poster, di mana itu? Di Ayuprint.co.id. Tidak itu saja, Ayuprint sebagai percetakan offset dan digital printing juga menghadirkan banyak jasa percetakan dari banner, brosur, company profile dan lain sebagainya.

    Tentunya untuk memperbanyak orang melihat poster, haruslah dibuat poster yang menarik, sehingga pembaca dapat mencerna informasi yang diberikan dengan baik. Agar lebih efektif, poster dapat menggunakan desain gambar yang tentunya berkaitan tentang konten yang diberikan.

    Ciri-ciri poster yang efektif

    Membuat sebuah poster tentunya memerlukan berbagai faktor yang membuat poster menjadi efektif dan bagus. Adapun ciri-ciri poster yang baik adalah:

    1. Poster yang baik tentunya poster yang dipasang ditempat tempat umum, yang banyak dilewati atau dikunjungi orang-orang. Contohnya seperti stasiun, terminal, mall, atau sekolah. Bisa juga ditempatkan di dinding-dinding gedung di pinggiran jalan raya, yang tentunya membuat banyak orang mengetahui dan membaca informasi yang ada pada poster.

    2. Poster yang baik tentunya dapat dibedakan dengan media publikasi lainnya, salah satunya pembeda adalah ukuran poster yang relatif besar. Tentunya poster yang dibuat di media yang besar akan lebih mudah untuk dikenali dan isi konten dapat lebih gampang untuk dibaca dan dipahami. Selain itu, dengan menggunakan media yang besar, poster tentunya akan menarik banyak perhatian orang.

    3. Menggunakan gambar dan tulisan yang menonjol. Gambar adalah komponen pada poster yang membuat isi konten menjadi terlihat lebih menarik. Tulisan yang ada pada poster biasanya berukuran besar, yang digunakan untuk judul poster tersebut. Selain itu juga, dengan menggunakan tulisan yang berukuran besar, orang dapat melihat inti dari suatu poster dibuat.

    4. Poster yang baik, tentunya memiliki tema dan konsep yang disesuaikan dengan tujuan awal poster dibuat. Hal ini membuat poster menjadi lebih menarik dan terlihat penting untuk dibaca, dan juga dari tema dan konsep poster sudah bisa menggambarkan isi konten poster, jadi pembaca sudah paham hanya dengan melihat tema poster tanpa perlu melihat isi konten terlalu jauh.

    5. Buatlah poster secara jelas dan singkat, tentunya poster yang baik dan efektif dalam menyampaikan informasi ke khalayak ramai, tidak memerlukan informasi yang tidak penting. Sehingga pembaca hanya membaca tentang hal yang harus diketahui.

    Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster

    Setelah mengetahui ciri-ciri poster yang baik, dan tentunya bisa efektif dalam menyampaikan suatu informasi, membuat poster juga tidak bisa asal membuat, harus memperhatikan berbagai hal dan aspek. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah:

    1. Menggunakan komposisi gambar yang mencolok, dan disesuaikan dengan tema yang digunakan

    2. Kata-kata dalam poster harus mudah untuk dipahami, mudah juga untuk diingat, dan bersifat persuasif kepada pembaca maupun orang yang hanya melihat sekilas.

    3. Ukuran dalam membuat poster harusnya diperhatikan, alangkah baiknya berukuran besar sehingga mudah untuk dibaca dan dilihat oleh orang banyak.

    Demikian itulah beberapa tips dan langkah tentang bagaimana poster yang efektif untuk promosi dan marketing. Selamat berkarya dengan poster untuk meningkatkan target marketing Anda.
     
  2. hspg

    hspg Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Terima kasih infonya @ayahnyanadia . Membuka wawasan saya yang awam tentang promosi & marketing
     
    ayahnyanadia likes this.
  3. dankerzrazib

    dankerzrazib Member

    Joined:
    Sep 22, 2016
    Messages:
    75
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Untuk point yang ke 2, contoh kata-kata yang persuasif itu kaya gimana ya gan?
     
    ayahnyanadia likes this.
  4. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Terjemahan dari persuasive: kalo nomina berarti: dorongan (encouragement, boost, impetus, push, urge, persuasive).
    sinonimnya adalah: motif (motive, motif, theme, persuasive). kalo kata sifat, berarti yg meyakinkan (conclusive, convincing, persuasive, cogent, potent, positive).

    Kata-kata dalam poster harus memiliki makna yang bisa mendorong, memotivasi, mempengaruhi yang membacanya.
     
  5. ekselsior

    ekselsior Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Kebutuhan alat promosi via digital printing pada umumnya memang hal yang cukup strategis. Semakin bagus banner atau brosur untuk merepresentasikan produk, maka akan semakin banyak juga yang tertarik dan membeli produk kita.
     
  6. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
  7. Firman Maulana

    Firman Maulana New Member

    Joined:
    Jan 31, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menarik juga yaa Promo via Poster, sepertinya wajib dipertimbangkan karena bisa dengan anggaran tidak terlalu besar
     
  8. Apipah

    Apipah New Member

    Joined:
    Feb 19, 2018
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    terimakasih ilmunya kak, kayaknya bisa di aplikasikan untuk membuat banner promosi toko online *keren3*
     
  9. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Harus banyak modalnya mas, sekarang udah jaman Online Semua, yg efektif dan menjangkau pasar kalangan atas udah pd beralih ke online, misalnya via FB ads maupun Google Adwords, bisa lebih luas target pasarnya
     
  10. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Nah ini udah lebih jelas, makasih yaaa pencerahannya
     

Share This Page