Bagaimana Cara Menggunakan Digital Marketing untuk Bisnis Kuliner?

Discussion in 'Internet Marketing' started by Alexandromeo Lawrence, Dec 31, 2020.

  1. Alexandromeo Lawrence

    Alexandromeo Lawrence New Member

    Joined:
    Dec 16, 2020
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    pexels-pietro-jeng-671956.jpg

    Bisnis kuliner mungkin menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Dengan prinsip semua orang perlu makan banyak orang yang melihat bisnis ini memiliki prospek yang cukup baik. Meskipun demikian kebutuhan akan promosi tetaplah dibutuhkan. Salah satu cara efektif untuk berpromosi di era seperti sekarang ini adalah dengan menggunakan digital marketing.

    Menggunakan digital marketing untuk bisnis kuliner merupakan hal yang bisa dicoba. Selain bisa menghemat biaya dan waktu, menggunakan digital marketing sebagai cara berpromosi juga bisa menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

    Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi lewat digital marketing antara lain adalah :

    1. Promosi dengan Sosial Media

    Cara yang paling sering dilakukan saat ini adalah dengan melakukan promosi lewat sosial media. Cara ini cukup mudah dengan tingkat efektifitas yang tinggi.

    Anda hanya perlu membuat akun sosial media untuk bisnis anda, selanjutnya anda bisa langsung melakukan beragam promosi. Promosi melalui sosial media ini memiliki jangkauan yang luas sehingga lebih banyak orang yang bisa mendapat informasi produk anda.

    Satu tips jika ingin berpromosi lewat sosial media adalah buat konten dengan semenarik mungkin. Bisa menggunakan video ataupun foto. Dalam bisnis kuliner, terkadang calon pelanggan menjadi tertarik karena tergoda oleh visual yang memanjakan mata.

    2. Menggunakan Influencer

    Ini juga merupakan cara melakukan digital marketing yang kini sedang populer. Memanfaatkan influencer yang memiliki banyak pengikut di sosial media maka bisnis kuliner anda akan lebih mudah dikenal banyak orang.

    Anda bisa memilih influencer yang sesuai dengan pasar dan budget anda. Cermat memilih influencer maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan dari berpromosi dengan cara ini.

    3. Content Marketing

    Anda juga bisa berpromosi dengan membuat content digital. Bisa berupa artikel ataupun video. Biasa nya cara ini digunakan jika bisnis kuliner anda memiliki official account, bisa berupa website atau sosial media.

    Untuk bisnis kuliner, content marketing ini bisa dibuat dengan memberikan bahan – bahan dari produk unggulan yang anda jual. Selain itu anda juga bisa memberikan banyak informasi lain melalui cara ini.

    4. Memanfaatkan SEO dan SEM

    Berpromosi lewat dunia digital tidak akan lepas dari dua hal ini. Termasuk digital marketing untuk bisnis kuliner. Secara mudah fungsi dari SEO dan SEM ini adalah agar konten yang kita buat terutama pada website lebih mudah ditemukan.

    Jika kita memiliki website pribadi, dengan menggunakan SEO dan SEM maka web kita akan selalu muncul di halaman depan mesin pencarian. Menggunakan cara ini juga kita akan mendapatkan calon pelanggan yang sesuai dengan target pasar kita.

    5. Go online

    Jika sudah berpromosi secara digital, maka anda pun harus membuat bisnis kuliner anda bisa dijangkau secara digital. Anda bisa masuk ke berbagai layanan pesan antar online yang kini sudah banyak tersedia. Pastikan juga bisnis kuliner anda ada di berbagai platform yang membahas tentang kuliner.

    Buatlah tempat kuliner anda bisa dicari via internet. Pastikan semua informasi penting tentang tempat kuliner anda seperti alamat, no telepon, jam operasional, list harga dan menu, serta informasi lainnya bisa dicari via internet. Calon pelanggan akan lebih mudah percaya ketika mereka bisa menemukan bisnis anda di internet.

    Itulah beberapa tips digital marketing untuk bisnis kuliner yang bisa anda coba. Jika anda tertarik untuk melakukannya, hal penting yang harus anda tahu pertama kali adalah memastikan seperti apa pasar usaha anda nantinya. Mengetahui hal seperti ini di awal akan memudahkan segala usaha anda ke depannya.
     
Loading...

Share This Page