[ask] Java atau Python di 2019?

Discussion in 'Programming' started by Samsul Arifin, Jan 2, 2019.

Tags:
  1. Samsul Arifin

    Samsul Arifin Member

    Joined:
    Feb 9, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau melihat perkembangan bahasa pemrograman, mungkin python merupakan bahasa programan yang berkembang sangat cepat, bahkan salahsatu survei menyebutkan di 2019, bahasa pemrograman terpopuler adalah Python di mana sebelumnya best programming language dinobatkan ke Java. Kalau dilihat secara kegunaan, sebenernya Java lebih multi platform, web, desktop bahkan mobile. Sementara python mungkin sangat berguna jika dipakai untuk analitis namun tidak terlalu familiar ke web.

    Mungkin ada yang mau beropini terkait komparasi Java vs Python ke depannya?!
     
  2. Lyulph Ydwallo

    Lyulph Ydwallo Member

    Joined:
    Aug 22, 2018
    Messages:
    70
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    8
    Iya nih, baru tenar sekarang. Padahal saya awalnya gak mau pake python, karena pikir saya bakal susah.

    Tapi ternyata, enak makenya dan gampang juga dipelajari. Maka pendapat saya, mending pakai python daripada harus pakai JAVA yang ribet.

    JAVA ribet iya kan !! Terus python ini dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi. Untuk web juga bisa, bahkan untuk mobile juga bisa. FREE open source juga. Pokoknya coba dulu deh pake python.

    Luar biasanya lagi, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.

    Ini bukan opini, cuma yang saya rasakan selama ini memang begini :)
     
  3. irvangen

    irvangen Member

    Joined:
    Jan 4, 2019
    Messages:
    30
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kalo menurut pendapat pribadi, mending memperdalam java, terutama untuk Java web yang menarik untuk dipelajari. Karena aplikasi yang akan kita buat hampir bisa disemua platform seperti yang mas katakan.
     
  4. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,098
    Likes Received:
    1,049
    Trophy Points:
    163
    Google+:
    Tergantung orientasi dan kebutuhannya untuk apa. Semenjak kedua Bahasa Pemrograman tersebut masuk ke kriteria umum: tidak harus web, desktop, dan mobile.

    Java (dahulu) dikenal popular karena paket GUI (Swing dan JavaFX) sehingga developer bisa siap membuat aplikasi berbasis antar muka dengan cepat. Sedangkan untuk Python, anda perlu memasang library yang terpisah, yaitu: Qt (PyQT) atau GTK (PyGTK). Ini menjadi tantangan tersendiri bagi beginner programmer yang tidak terlalu mau di bawa ribet.

    Qt dan GTK sendiri toolkit GUI yang seragam: banyak dimiliki dan digunakan berbagai macam bahasa pemprograman. Pada platform Linux, Windows, ataupun Unix-like. Alternatif bagi Windows dengan .NET, dan MacOS dengan GUI-Builder-nya. Qt sendiri bahkan sudah mencangkup mobile.

    Realitasnya, Java kini mulai ditinggalkan. Anda bisa gunakan Kotlin, yang sama berjalan dengan JVM, namun memiliki syntax yang lebih modern dan simple, dan cepat.
     
Loading...

Share This Page