Apa Sebenarnya Infrastruktur dan Bagaimana di Indonesia?

Discussion in 'Education' started by no teemo, Sep 15, 2016.

  1. no teemo

    no teemo New Member

    Joined:
    Jan 26, 2016
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Infrastruktur ialah suatu rangkaian yang di dalamnya terdiri dari beberapa bangunan fisik dan masing-masing saling berkaitan serta memiliki ketergantungan satu sama lain. Contohnya, infrastruktur atau jaringan jalan, di mana ini terhitung sebagai sarana yang fungsinya akan dipengaruhi serta mempengaruhi sektor lain seperti perdagangan, kawasan industri, pemukiman penduduk, pusat perbelanjaan, wilayah pusat pemerintahan, dan lain sebagainya.

    Karena hal tersebut, maka tiap kali ada pembangunan infrastruktur tentunya memerlukan koordinasi yang secara mendalam serta antisipatif antar sektor atau institusi yang terkait. Hal ini penting dipikirkan agar manfaat dari infrastruktur yang tengah dilakukan dapat dirasakan secara maksimal dengan daya guna yang tinggi serta nyaman bagi masyarakat.

    [​IMG]

    Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Serta Peranannya

    Pembangunan infrastruktur pada dasarnya dilaksanakan berdasarkan tingkat kepentingan serta kebutuhan, sehingga dalam pelaksanaannya, diperlukan skala prioritas dalam pembangunan. Ada yang cukup dilaksanakan satu kali saja namun perawatannya terus dilakukan, akan tetapi ada juga pembangunan yang bersifat dinamis serta memiliki peluang untuk berkembang.

    Dan di dalam tiap-tiap pembangunan, setiap sektor infrastruktur tak dapat lepas begitu saja dari yang sudah ada maupun yang masuk dalam rencana pengembangan. Karena inilah, perlu dibuat Rencana Umum Tata Ruang atau RUTR sebagai acuan yang nantinya perlu dipahami serta secara konsisten harus dilaksanakan.

    Akan tetapi, sampai detik ini rupanya tak jarang terlihat di setiap pembangunan serta pengembangan infrastruktur yang akhirnya memberikan kesan 'jalan sendiri-sendiri' seakan tak ada koordinasi bersama pemerintah. Kasus yang sering dijumpai khususnya soal bagaimana aturan yang berjalan serta spesifikasi akan teknis baku. Beberapa contohnya yakni jalan, pusat distribusi listrik, telekomunikasi, kesehatan, irigasi, dan lainnya.

    Padahal, pembangunan infrastruktur didasarkan dari gagasan, akan bagaimana pembangunan yang dijalankan memiliki manfaat bagi banyak golongan. Tak hanya bermanfaat, namun infrastruktur ini nantinya harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

    [​IMG]

    Infrastruktur di Indonesia Kini

    Dalam pembangunan Infrastruktur Indonesia di Tanah Air, tentunya peran investor serta yang diinvestasikan memiliki pengaruh besar dalam pelaksanaannya. Selain tercapainya ketersediaan dana, adanya investor diyakini akan membawa dampak positif terhadap kelangsungan pertumbuhan ekonomi. Beberapa trik ditanamkan ke sumber daya manusia agar semakin kompeten menghadapi era di mana setiap individu bersaing ketat.

    Belum lama ini, Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, menyatakan bahwa negaranya tertarik dalam investasi pembangunan infrastruktur di Indonesia yang tengah gencar dilaksanakan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Pihak Ukraina menyatakan harapan mereka tentang kolaborasi serta turut serta di dalam proyek pembangunan di Tanah Air terlebih di sektor pelabuhan.

    Dan tak hanya pada sektor itu saja. Rupanya telah ada perbincangan akan ketertarikan dua pihak dalam membangun kerjasama di bidang pertanian, seperti perdagangan gandum dan jagung dari Ukraina, serta kertas, minyak sawit, dan bubur kayu atau pulp dari Indonesia.
     
Loading...
Similar Threads - Sebenarnya Infrastruktur Bagaimana
  1. KangAndre
    Replies:
    10
    Views:
    1,556
  2. no teemo
    Replies:
    2
    Views:
    860

Share This Page