Angkat Toko Onlinemu Menjadi yang Pertama di Halaman Google Dengan Menggunakan SEO

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by Pika, Dec 4, 2020.

  1. Pika

    Pika New Member

    Joined:
    Nov 30, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Memiliki toko online memang harus dioptimalkan di mesin pencarian agar mereka para users dapat melihat papan nama tokomu. Cara yang paling signifikan agar toko onlinemu dapat ditemukan yaitu memang dengan menggunakan SEO.

    Banyak yang bilang hal ini rumit, namun padahal ini hal yang menarik untuk kamu lakukan karena metode SEO adalah hanya metode dasar yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan tokomu di hasil pencarian si mbah Gugel. Berikut ini tips SEO yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan traffic pada toko onlinemu.


    Tips SEO Untuk Toko Online Supaya Makin Terlihat di Hasil Pencarian Google

    Gampangnya secara konvensional google adalah pasar yang berfungsi sebagai media pencarian penjualan yang konsumen inginkan, sekarang tugas besarnya hanya satu, bagaimana cara calon konsumen dapat menemukan toko online mu? Jawabannya simpelnya sangat mudah, "yaitu tinggal optimasi page toko kamu di paling depan dan paling atas dari si pasar google". Eits, tidak segampang itu ferguso.. Memang membutuhkan tahapan namun segalanya bisa dioptimasi secara beraturan. Nah, berikut ini komponen-komponen yang harus kamu lakukan terhadap tokomu agar mendapatkan peringkat di Google.

    1. Riset Keywords

    Hal yang utama dapat kamu lakukan yaitu dengan riset keywords yang tepat agar calon pembeli menemukan kata sesuai dalam search intent. Bagaimana cara bisa mengetahui keyword apa yang sering dicari oleh calon konsumen? Pondasinya ada 3 yang harus kamu tanamkan yaitu Volume pencarian, Intensi kata kunci, dan Kompetisi.


    Gausah panik, semua itu bisa kamu cari dengan menggunakan tools yang disediakan dari google yaitu Keyword planner, Ahrefs, ataupun dengan Google trends. Contohnya gini, jika kamu menjual bahan kue di toko online mu, kamu bisa menggunakan kata kunci seperti (Kata kunci) “Bahan Kue”, (Intensi kata kunci) “beli bahan kue murah”, atau “jual bahan kue terlengkap”, “bahan kue terenak tahun ini”, “jual bahan kue di Jakarta”, “Jual bahan kue grosir”. Paham kan? Untuk volume pencariannya kamu bisa searching kata mana yang sering di klik user sehingga bisa kamu gunakan sesuai produk yang kamu jual.


    2. Sebar Keyword yang sudah kamu temukan di page tokomu

    Sekarang saatnya kamu menaruh keywords yang sudah kamu temukan di setiap bagian dari sebuah page yang ingin kamu optimasi. Bagian mana saja sih keywords itu ditaruh?

    H1 / Title

    Dengan begini konsumen tahu apa yang kamu jual, bukan itu saja namun google juga akan membaca page kamu melalui Title tags.

    Deskripsi Produk

    Selain Title, kamu juga harus menanam keyword itu di bagian deskripsi produk. Kamu dapat menuliskan minimal 300 kata keterangan produk yang kamu jual, fungsinya yaitu google akan membaca kamu memiliki konten yang lebih dari yang lain.


    Untuk tahap ini kamu bisa menuliskan kulit dari produk knowledge yang kamu jualkan, fungsinya agar membentuk awareness user agar lebih tertarik lihat lebih dalam produk yang kamu jual. Untuk penaruhan keyword juga harus diperhatikan banyaknya dalam satu penulisan, jika terlalu banyak google akan membaca konten kamu buat spam/ keyword stuffing.

    Foto dan Alt Text

    Foto yang kece dari produk yang ingin dijual tentu suatu keharusan yang harus kamu lakukan, namun bukan itu saja. Google juga akan mengindex alt text dari foto kamu melalui keyword yang kamu taruh di foto tersebut.


    Sebisa mungkin, isilah alt text dengan deskripsi dan keyword yang sesuai. Meski begitu, jangan pernah jejali bagian ini dengan begitu banyak keyword atau hanya copy paste di bagian ini. Selain itu fungsi dari Alt text juga bisa membuat foto kamu terdaftar dalam list kategori “Gambar” di google sesuai dengan keywords search intent kamu dengan calon pembeli.


    Title dan Meta Desc

    Hal satu ini jelas direkomendasikan mesin pencari seperti yoast SEO pada saat kamu ingin menuliskan meta. Google sengaja meng-highlight kata kunci yang kamu taruh di sana. Bagian ini memberi kesan kepada calon pembeli, bahwa keywords user sangat penting bagi pencarian tokomu.

    Permalink / URL

    Kata kunci utama wajib ditaruh di permalink atau URL. Satu cara ini terbukti membantu Google mengindeks website dengan lebih baik. Di samping itu, teknik SEO ini juga berpengaruh langsung ke ranking pencarian.



    3. Konten Deskripsi

    Apa bedanya deskripsi produk dengan konten deskripsi? Dua hal ini sebenarnya hampir sama yaitu menjelaskan kepada calon pembeli tentang produk kamu, namun konten deskripsi lebih detail, informatif, kamu bisa menaruh kreatifitas disana, dan lain hal seputar produk yang kamu jual.


    Google masih sangat bergantung pada panjang konten dalam suatu page yang kita ingin optimasi, semakin banyak semakin bagus, semakin banyak semakin informatif, semakin banyak semakin bisa kamu menaruh keyword dan sinonim (LSI) dari kata kunci tersebut di dalam deskripsi yang kamu buat.


    4. Review Produk

    Review produk tidak hanya membantu para calon pembeli percaya terhadapmu, namun review produk juga membantu page mu agar naik di peringkat teratas google. Jika kontenmu terlalu sedikit kamu tuliskan, nah fungsi dari komen review produk mendongkrak kata dari ketentuan yang google inginkan. Simplenya “kamu mendapat tambahan konten gratis dari para pelanggan”.



    5. Sosial Media dan Blog

    Seperti yang kamu ketahui fungsi dari social media adalah memasarkan produk kamu melalui gambar yang menarik dengan sedikit kata-kata, fungsinya adalah hanya ingin membuat para customer BM (Banyak Mau) saat melihat produkmu, namun hal yang terpenting untuk kamu ketahui untuk mendongkrak page kamu yaitu dengan Blog.


    Blog berfungsi sebagai sales digital yang menerangkan, memberi informasi, sampai mengajak para customer melalukan konversi dengan link-link yang tersebar di setiap paragrafnya. Hal ini sungguh unik karena kata-kata yang bekerja secara otomatis mendorong customer tambah bernafsu untuk membeli produk kamu. Tidak itu saja, fungsi blog juga mendorong page produk kamu untuk menjadi yang teratas, asal kamu mengerti cara penulisan yang baik, menarik dan pastinya SEO friendly.


    Sebar informasi-informasi tentang produkmu, seperti contohnya kamu menjual bahan kue, kamu bisa menuliskan judul “Cara membuat kue brownies dengan menggunakan bahan kue ….”, “Santapan manis yang cocok dinikmati sore hari”, “Temani kopi dan senjamu bersama kue bolu”. Nah, bagaimana? Sudah siap menjadi peringkat 1 di google dan mendapatkan konversi yang belom kamu bayangkan? Yuk coba trik dan tips SEO untuk toko onlinemu sekarang juga.
     
  2. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    jaman skrg udah banyak website marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya
    mrk sudah punya sistem yang sudah matang dari stok, pengiriman dan pembayaran bahkan komplain
    tinggal gabung dan buka akun seller
     
  3. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    87
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    SEO bagus kalau teknik copywritingnya jelak juga kayaknya nggak bisa juga meningkatkan penjualan.
     
  4. Faizalr

    Faizalr New Member

    Joined:
    Dec 2, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Alhamdulilah dapet ilmu baru lagi dari sini... makasih kak:)
     
  5. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    marketplace sulit kalau ingin peringkat 1 google lha semua keyword produk dikuasai marketplace besar.Tetapi SEO juga penting paling tidak nongol di page one.Pengoptimalan judul artikel biar dilirik konsumen
     
  6. Pika

    Pika New Member

    Joined:
    Nov 30, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Betul sekali, karena mereka juga mempunyai optimasi yang sangat baik apalagi didukung dengan adanya ads dan lain-lain. Tapi, jika kamu optimasi toko kamu setidaknya kamu bisa duduk di bawah tokped, bukalapak dll bukan? Jangan pesimis kak.
     
  7. Pika

    Pika New Member

    Joined:
    Nov 30, 2020
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ini juga benar banget sih, memang inti utamanya adalah kualitas penulisan, tapi sebaik-baiknya kualitas penulisan kamu kalo kamu salah menaruh kata kunci juga percuma, karena "abang-abangan gugel" baca tulisan kita lewat kata kunci yang kita masukan ke dalam body text kak.
     
  8. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    309
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    gak kelar-kelar emang belajar dan ngulik seo kalo mau website kita aman...
     
Loading...

Share This Page