"Alderon" Elemen Penting dalam Bangunan Atap

Discussion in 'General Discussion' started by RyanNDI, Jun 9, 2021.

  1. RyanNDI

    RyanNDI Member

    Joined:
    Nov 23, 2017
    Messages:
    61
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Alderon merupakan salah satu elemen yang cukup penting pada sebuah bangunan atap. Atap ini memiliki fungsi untuk melindungi penghuni bangunan dari berbagai macam hal, termasuk binatang dan cuaca (hujan, panas, angin, dan sinar matahari). Adapun atap memiliki banyak jenis berdasarkan material yang digunakan. Mulai dari atap tanah liat, atap aspal, atap metal, atap beton, hingga atap keramik. Namun, sekarang ini telah hadir jenis atap baru yang dibuat dengan teknologi mutakhir yang sangat kuat dan kokoh. Jenis atap ini adalah Atap Alderon. Untuk mengenal jenis atap yang satu ini, mari kita simak penjelasan di bawah ini!

    Apa itu Alderon?
    Alderon merupakan sebuah atap jenis gelombang berongga yang terbuat dengan bahan UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride). Seperti namanya, UPVC juga adalah bagian dari PVC. Namun, material UPVC ini memiliki karakteristik yang lebih kokoh dibanding PVC biasa. Oleh sebab itu, tidak heran jika atap ini banyak digunakan untuk dijadikan sebagai atap kanopi, tempat parkir, pabrik, gudang, hingga gazebo.

    Apa Saja Jenis Alderon?
    Terdapat dua jenis atap Alderon yang dapat Anda pilih, yakni:

    RS Single Wall Corrugated
    RS Single Wall Corrugated merupakan jenis atap Alderon yang dirancang dengan bentuk tipis. Jenis ini menyediakan opsi ketebalan dari 120mm hingga 145mm. Dengan bentuknya yang tipis, membuat atap jenis ini memiliki berat yang ringan dan memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi, sehingga mempu melindungi dari radiasi sinar ultra violet. Karakteristik: sangat ringan, tidak tembus cahaya, awet, serta tahan terhadap unsur-unsur kimia.

    Twinwall Corrugated
    Merupakan jenis yang dibuat secara berlapis dan dipasarkan dengan harga yang lebih mahal dibanding RS Wall Corrugated dikarenakan atap Alderon yang satu ini memiliki ketebalan hingga mencapai 10mm. Karakteristik: dilengkapi dengan pelindung UV yang membuatnya tahan terhadap segala cuaca dan erosi bahan kimia, tidak mudah pecah, hemat biaya perawatan, dan juga mampu meredam suara.

    Baca Juga: Atap Polycarbonate

    Apa Kelebihan Alderon?
    Bangunan yang menggunakan atap Alderon, khususnya produk ini berjenis twinwall yang dapat memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan material lain. Berbagai keuntungan yang dimaksud adalah:
    • Jenis atap ini disertai dengan insulator yang dapat mengakibatkan suhu di bawahnya menjadi lebih sejuk.
    • Walaupun memiliki kesamaan dengan bahan PVC, hal yang paling membedakan produk atap dengan PVC adalah dari dampak kesehatan yang ditimbulkan. Jika pada material PVC terdapat kandungan bisphenol A (BPA) yang berbahaya bagi tubuh dan dapat menimbulkan kecacatan, maka Anda tidak akan menemukannya pada kandungan itu di material UPVC yang digunakan pada atap.
    • Dilengkapi dengan pelindung UV membuat atap tahan terhadap segala cuaca dan erosi bahan kimia, serta tidak mudah pecah sehingga Anda dapat menghemat biaya perawatan.
    • Mampu meredam suara, sehingga tidak berisik saat hujan.
    • Memiliki karakteristik yang kokoh dan tahan lama tidak membuat atap tersebut memiliki harga yang mahal.
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    288
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    28
    Alderon adalah salah satu merk atap UPVC yang sangat terkenal sehingga orang menyebut atap bangunan UPVC identik sebagai Alderon. Sama seperti orang menyebut pompa air sebagai sanyo. Padahal masih ada merk UPVC lain seperti Sunpanel, Ecoroof dan Holodeck yang dijual di pasaran
     

Share This Page