AI Percakapan (Conversational AI) Mendorong Penjualan & Keterlibatan Pelanggan Untuk Bisnis Otomotif

Discussion in 'Otomotif' started by Rinaldy, Jul 30, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Dalam hal memungkinkan teknologi dan perkembangan yang menguntungkan mobil dan konsumen mereka, industri otomotif berada di garis depan. Setiap klien membutuhkan pengalaman pembelian yang sederhana dan langsung, terutama karena AI Percakapan (Conversational AI) memperoleh daya tarik di industri otomotif. Menurut analisis Mckinsey baru-baru ini, pengalaman pelanggan yang sempurna (CX) sangat penting, terutama bagi penggemar kendaraan yang ingin membeli mobil.

    Faktanya, survei Mckinsey memperkirakan bahwa 60% pembeli mobil di bawah usia 45 tahun membeli kendaraan mereka secara online dan lebih memilih transaksi tanpa kontak.

    Produsen mobil harus memiliki kehadiran online yang komprehensif karena konsumen menghabiskan lebih banyak waktu online daripada sebelumnya. Saat ini, keterlibatan klien sangat penting untuk bertahan dalam bisnis. Teknologi AI percakapan (Conversational AI) dapat digunakan dalam situasi ini.

    Beberapa penggunaan teknologi chatbot bertenaga AI Percakapan (Conversational AI) di sektor otomotif tercantum di blog ini.

    AI Percakapan (Conversational AI): Apa Itu?
    Penggunaan teknologi di mana konsumen dapat berkomunikasi dan mendapatkan umpan balik, seperti chatbots untuk pesan pintar, disebut sebagai AI percakapan (Conversational AI). Conversational AI membantu perusahaan otomotif dalam menawarkan pengalaman digitalisasi dealer, mulai dari memeriksa model mobil hingga mengirimkannya ke depan pintu pelanggan. Pelanggan sekarang dapat membeli mobil, menjadwalkan test drive, dan bahkan menjadwalkan layanan pemeliharaan secara online.

    Dalam Conversational AI, kami menggunakan berbagai teknologi, termasuk aplikasi perpesanan dan asisten berbasis ucapan yang berkomunikasi dengan orang-orang menggunakan pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa alami. Menurut analisis Deloitte, menggunakan chatbots dapat meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya hingga 70%. Peningkatan jumlah klien yang puas ini memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan Anda.

    AI Percakapan Untuk Sektor Otomotif
    Saat mengunjungi dealer mobil untuk melakukan pembelian, pelanggan lebih memilih bantuan dari penjual. Pelanggan mendiskusikan kebutuhan mereka, mencari tahu tentang model yang cocok untuk mereka, dan, jika perlu, mengatur jadwal test drive.

    Chatbots dengan AI percakapan telah merevolusi pengalaman ini. Tugas bisnis termasuk pembuatan prospek, konversi, layanan pelanggan, dan lainnya dapat diselesaikan oleh chatbots.

    Mari kita lihat beberapa keuntungan yang dapat diberikan AI percakapan pada industri mobil:

    1. Memperoleh Dan Memelihara Petunjuk
    Chatbots yang menggunakan AI percakapan dapat membedakan antara pengguna baru dan pengguna lama. Bahkan saat Anda tidak online, chatbot akan berkomunikasi dengan prospek Anda. Mereka beroperasi sepanjang waktu dan mengisi channel dengan prospek berkualitas tinggi yang telah disaring sebelumnya.

    2. Mendapatkan Umpan Balik Pelanggan
    Chatbots dapat mensurvei pelanggan dan mendapatkan pendapat mereka. Proses pengumpulan umpan balik dibuat lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih menarik bagi pengguna akhir dengan kemampuan AI Percakapan di Gupshup, yang mendorong mereka untuk memberikan umpan balik. Brand sekarang dapat memberikan layanan yang lebih individual dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keinginan klien.
    [​IMG]

    3. Pemasaran Ulang (Remarketing)
    Dengan terus-menerus berinteraksi dengan pengguna di berbagai platform perpesanan termasuk WhatsApp, SMS, Instagram, dan Meta Messenger, chatbots dapat memberi peluang bisnis untuk penargetan ulang. Setelah petunjuk diperoleh, perusahaan dapat menggunakan chatbots untuk menarik calon pelanggan dengan menawarkan diskon, promosi, peringatan produk baru, dll.
    [​IMG]

    4. Manajemen Reservasi

    Dealer dapat segera memberi tahu klien tentang reservasi mereka. Chatbots dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada klien, seperti tanggal pengiriman, jadwal servis rutin, dll.

    Mengapa Pelanggan Dapat Mengambil Manfaat Dari AI Percakapan (Conversational AI)
    Akurasi, efisiensi, dan efektivitas semuanya dapat ditingkatkan menggunakan AI percakapan saat memberi pelanggan Anda akses ke data real time. Mari kita periksa beberapa keuntungan yang dapat diberikan AI percakapan kepada konsumen di berbagai tahap:

    1. Penjadwalan Janji Temu
    Pelanggan dapat dengan cepat menjadwalkan janji temu untuk kunjungan dealer, test drive, dan aktivitas lainnya. Prospek memiliki pengalaman obrolan yang mulus dari bot perpesanan percakapan. Pengguna segera diberitahu tentang pusat layanan terdekat untuk model mobil mereka oleh chatbot AI.
    [​IMG]

    2. Informasi Dealer & Produk
    Bot perpesanan percakapan dapat memberikan fakta yang tepat tentang mobil dan dealer Anda. Pelanggan yang menginginkan informasi lebih lanjut tentang mobil atau sepeda motor pilihan mereka dapat berkomunikasi dengan chatbot untuk mendapatkan bantuan.
    [​IMG]

    3. Dukungan & Layanan Setiap Saat
    Chatbots terhubung dengan konsumen Anda secara proaktif dengan menghubungi mereka, menanyakan apakah mereka memiliki masalah dengan produk, dan memberikan dukungan 24/7 untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang paling umum.
    [​IMG]

    4. Dukungan Pasca Penjualan yang Mudah
    Pelanggan dapat dengan cepat meminta bantuan purna jual untuk mobil mereka dari dealer. Untuk memberikan pengalaman yang mulus, chatbots menawarkan komunikasi yang dipersonalisasi dan interaksi seperti manusia. Pelanggan dapat dengan cepat menjadwalkan janji temu untuk inspeksi, kunjungan toko, dll.
    [​IMG]

    5. Jadwal Pengumpulan Inspeksi & Pembayaran Otomatis
    Pelanggan dapat menggunakan chatbot untuk menjadwalkan dan membayar inspeksi otomatis secara online. Brand dapat memperoleh manfaat dari kemampuan AI percakapan Gupshup untuk pengumpulan uang, penagihan, dan tugas lainnya.

    Bagaimana Gupshup Dapat Membantu Anda Mendapatkan Manfaat Dari Conversational AI?
    Masa depan AI adalah percakapan. Untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, bisnis harus mengadopsi teknologi dan solusi baru. Solusi lengkap disediakan oleh Gupshup yang memfasilitasi interaksi percakapan antara dealer mobil dan konsumen. Anda mendapatkan pengetahuan yang tak tertandingi dan banyak keuntungan dari pengalaman Gupshup membangun chatbot dan membantu pengembang dalam membangun bot di platform kami. Pemain di sektor otomotif sekarang dapat berdialog dengan konsumen mereka dan terhubung dengan mereka dengan cara yang disesuaikan berkat platform perpesanan percakapan kami dan pengalaman percakapan pada aplikasi perpesanan. Prioritaskan konsumen Anda dan kembangkan ikatan intim dengan mereka sejak awal perjalanan mereka.

    Untuk mengetahui cara membuat chatbot untuk perusahaan Anda, jadwalkan demo dengan Gupshup segera.


    Sumber
    Dilokalisasi dari:

    Conversational AI Drives Sales & Customer Engagement For Automotive Businesses

    Sumber Sekunder:

    What is Conversational AI? The 2022 Guide!
     

Share This Page