9 Tips Sukses Dalam Berbisnis Ala Dahlan Iskan

Discussion in 'General Business' started by maxmanroe, Apr 15, 2014.

  1. maxmanroe

    maxmanroe Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    349
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Teman-teman bersosial pasti sudah mengenal siapa Dahlan Iskan. Dia adalah menteri BUMN (Badan Usah Milik Negara) Indonesia dan dia juga salah satu pengusaha sukses yang ada di Indonesia. Dahlan Iskan punya beberapa kiat khusus untuk mencapai kesuksesannya itu, apa saja itu?

    [​IMG]

    Berikut ini adalah beberapa kiat sukses berbisnis ala Dahlan Iskan:

    1. Mulailah Berbisnis Sejak Masih Muda

    Usia 25 tahun adalah waktu yang cukup tepat untuk mulai membangun bisnis, menurut Dahlan Iskan. Hal ini karena dalam bisnis kita bisa mengalami jatuh bangun, dan ketika itu terjadi kiat masih punya banyak waktu untuk bangkit kembali dari keterpurukan. Dan mereka yang punya banyak pengalaman akan terlihat semakin matang dalam berbisnis.

    Menurut Dahlan Iskan, di usia 30 tahun adalah saat yang tepat memiliki sebuah bisnis yang sudah cukup mapan. Pada saat itu, kita sudah cukup matang dalam berbisnis karena sudah banyak mendapat pengalaman jika mulai berbisnis di usia muda.

    2. Fokus Pada Salah Satu Bidang Bisnis

    Mereka yang baru memulai bisnis (startup) sangat disarankan untuk fokus pada satu bidang bisnis karena masih kurang pengalaman menjalankan banyak bisnis sekaligus. Jika kita sudah mencapai skala tertentu, mungkin bisa melirik bidang bisnis yang lain.

    3. Harus Mau Kerja Keras

    Ini adalah sebuah keharusan bagis seorang pengusaha. Tanpa kerja keras semua rencana tidak akan terwujud, tentunya kita juga harus memikirkan kesehatan ya. Kerja keras ditunjang juga dengan makanan yang sehat agar tetap bisa bertahan dalam berbisnis.

    4. Mau dan Berani Mengambil Resiko

    Terkadang kita dihadapkan pada situasi sulit dan beresiko, pada saat ini seorang pengusaha harus bisa mengambil sebuah keputusan walaupun keputusan itu beresiko. Tentunya keputusan tersebut sudah dipertimbangkan baik dan buruknya. Mereka yang takut mengambil resiko dalam bisnis tidak akan siap dalam menghadapi perubahan yang ada dan akan sulit mengembangkan bisnis mereka nantinya.

    5. Pengusaha Itu Harus Cerdik

    Seorang pengusaha biasanya selalu pintar dalam melihat sebuah peluang usaha. Selain itu, seorang pebisnis juga harus cerdik ketika dihadapkan dengan sebuah tantangan dan masalah yang terjadi ketika menjalankan bisnisnya.

    6. Seorang Pengusaha Harus Bisa Fleksibel

    Menetapkan segala sesuatu di awal membangun bisnis adalah hal yang baik. Namun, terkadang kita perlu mengubah beberapa hal dan harus bisa fleksibel karena sesuatu hal yang terjadi di masa depan. Ketentuan yang sudah kita tetapkan di awal membangun bisnis bisa saja berubah untuk menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi dan tidak terduga di masa mendatang.

    7. Selalu Belajar Dari Pengalaman

    Tidak jarang para pengusaha mengalami tantangan dan ujian saat membangun bisnis mereka, salah satunya adalah ketika mengalami tertipu rekan bisnis atau client. Mereka yang pernah ditipu biasanya lebih paham dengan karakter orang dan biasanya akan sukses dalam bisnisnya. Bukan berarti kita harus ditipu dulu baru sukses ya, tapi ada pelajaran yang bisa kita ambil saat tertipu orang lain. Pelajaran itu adalah kemampuan untuk mengenali siapa yang bisa dipercaya dan siapa yang tidak.

    8. Jadikan Perbedaan Menjadi Kekuatan

    Perbedaan pendapat bahkan perselisihan bisa terjadi antara pebisnis dengan mitra bisnisnya. Ini adalah salah satu proses yang bisa membuat seseorang menjadi lebih matang dalam bersikap dan mengambil keputusan di saat yang sulit. Tidak jarang perbedaan juga bisa membuat masing-masing orang lebih terpacu untuk menjadi yang lebih baik.

    9. Berusaha Bangkit Setelah Jatuh

    Sama halnya ketika kita sedang belajar naik sepeda, dalam bisnis kita bisa jatuh bangun. Beberapa orang mungkin memilih untuk tidak melanjutkan bisnisnya setelah jatuh, namun orang yang mau bangkit setelah mengalami kejatuhan bisnis akan memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk sukses.

    Thread lain:

    1. Peluang usaha sampingan
    2. Apa Bisnis Online Yang Bisa Dikerjakan Oleh Mahasiswa?
    3. Media Sosial Memudahkan Transfer Informasi Masa Kini
    4. Warung Gerobax – Peluang Usaha Waralaba Aneka Makanan Dan Minuman
    5. Cara Mudah Membuat Blog Gratis Di Blogger.Com
    6. Cara Mudah Membuat Akun Email Di Gmail
     
  2. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Bisnis yang ada di internet

    Bisnis yang ada di internet saya sudah mulai bro. Jatuh sih belum.. bangun pun juga belum. Jangan sampe.. bangun aja belum.. sudah jatuh.
     
  3. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    memang sekarang lagi bisnis

    memang sekarang lagi bisnis apa bang @D-dig ? saya kira gak bakal jatuh sih soalnya belum ketemu sama kulit pisang :D , atau malah pas ketemu kulit pisang jadi lahan bisnis *ketawa2*
     
  4. zouero

    zouero Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    363
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Mulailah Berbisnis Sejak

    Mulailah Berbisnis Sejak Masih Muda
    Setuju, semakin cepat memulai maka kesempatannya semakin besar juga.. mantap pak dahlan *bagus*
     
  5. maxmanroe

    maxmanroe Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    349
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Belum bangun gimana mau jatuh

    Belum bangun gimana mau jatuh hahaha.... Semangat mas, semoga bisnis yang lagi dirintis membuahkan hasil *bagus*

     
  6. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    wah mantap nih tipsnya....

    wah mantap nih tipsnya....

    Saya mulai coba yang point satu *bagus*
     
  7. oranglokal

    oranglokal Member

    Joined:
    Dec 3, 2013
    Messages:
    26
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    harus dibuktikan dulu nih

    harus dibuktikan dulu nih tipsnya *berkeringat*
     
  8. berandanews7

    berandanews7 New Member

    Joined:
    Mar 18, 2014
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Mantap Tips-Tipsnya Nih

    Mantap tips-tipsnya nih. *bagus*
     
  9. maxmanroe

    maxmanroe Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    349
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kan sudah dibuktikan sama pak

    Kan sudah dibuktikan sama pak Dahlan Iskan, dia cuma berbagi mas *bagus*

     
  10. RisalFajar

    RisalFajar Member

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    118
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  11. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    maxmanroe wrote:

    Hahaha.
    Iya, Amin.
     
  12. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    ncang wrote:

    Lah kok masih tanya ke saya Mas @ncang? Kan saya sudah bilang bahwa saya belum bangun.
    Kalau jadi publisher bisa dikatakan bisnis kagak sih? Dulu-dulu kan di Bersosial masih di perdebatkan tuh.
    *malu1*
     
  13. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    283
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    seharusnya ditanamkan sejak

    seharusnya ditanamkan sejak bangku sekolah...
    seharusnya dilawan settingan dari pihak asing sejak awal...

    kita belajar, capek-capek sekolah, bukan supaya mudah cari pekerjaan, tapi...

    AGAR SUPAYA KITA BISA MENCIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN BARU *bagus*

    adalah salah menurut saya kalau kita diajarkan bahwa sekolah agar mudah cari pekerjaan... sampai kapan kita mau menjadi bangsa pekerja? apalagi sebagian besar perusahaan-perusahaan besar adalah milik asing... bukankah iyu sama saja kita sudah dijajah secara ekonomi oleh mereka?

    bangkitlah teman-teman... boleh saja kita bekerja diperusahaan asing, tapi untuk belajar dari mereka, bukan untuk selamanya menjadi budak dan persuruh mereka... gunakan teknologi mereka, gunakan ilmu mereka, bukan untuk kepentingan mereka, tapi sebesar-besarnya kepentingan bangsa kita..

    ayo majukan Indonesia dengan semnagat entrepeneur... *akhirnya*
     
  14. maxmanroe

    maxmanroe Member

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    349
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Setuju mas, orang sekolah itu

    Setuju mas, orang sekolah itu ga harus kerja kantoran... justru harusnya dididik jadi pengusaha atau penemu.

     
  15. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    paxspot wrote:

    wow... dapat darimana kata2 itu bro?
    haha pas sy baca ini, sy bayangkan nnton TV, ada yg demo, dan salah seorang berorasi menggunakan toa meneriakkan kata2 ini....
    iya, bener bgt, sy minta kata2 nya bro, buat status FB, spa tw sja bisa mngubah pikiran bnyak orang... salut sama2 kata2 kamu bro....
     
  16. One Fashion Store

    One Fashion Store Member

    Joined:
    May 9, 2014
    Messages:
    153
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    bener banget kata bapak Dahlan Iskan, kerja keras, cerdik dan berani mengambil risiko*bagus*
     
  17. rattan

    rattan Active Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    985
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Saya yakin, ketika anak SD ditanyain gurunya kalau sudah berat pengen jadi apa nak?
    Ga ada satupun yg bakal jawab mau jadi pengusaha

    Emang sudah setingan kurikulum pendidikan Kali yak?
     
  18. exabytes-id

    exabytes-id Member

    Joined:
    Oct 3, 2013
    Messages:
    866
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Hal penting yang jarang ditemukan dan dan bisa menjadi eksklusifitas. Perl banyak belajar lagi nih.
     
  19. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    klu bisnis mau sukses harus siap dengan berbagai resiko,, pastinya pengalaman dalam menjalani usaha itu yang paling berharga..
     
  20. dera pratama

    dera pratama New Member

    Joined:
    Jun 9, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kren nie pak dahlan. love u pak :)
     
Loading...

Share This Page