9 Tips Efektif untuk Dekorasi Rumah Minimalis

Discussion in 'Arsitektur' started by rahmat gunawan, Jan 31, 2019.

  1. Model rumah minimalis sudah menjadi tren di masyarakat. Dengan desain minimalis rumah akan terasa lebih nyaman karena desain yang simpel dan elegan yang akan membuat kita nyaman saat menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kita sayangi. Jika anda kebingungan bagaimana caranya mendekorasi rumah anda agar terlihat minimalis dan terkesan modern, berikut kami berikan tips-tips dan trik jitu yang pastinya bisa anda aplikasikan dengan mudah di rumah.

    1. Gunakan Warna Netral Sebagai Warna Utama Rumah Anda

    Rumah minimalis biasanya menggunakan warna netral seperti putih, krem, atau abu-abu sebagai latar warna rumah. Hal ini bertujuan untuk membuat suasana rumah terasa semakin nyaman karena kesan sederhana yang didapat dengan menggunakan cat rumah yang netral. Selanjutnya anda bisa mengkombinasikan warna netral tersebut dengan warna lainnya sebagai aksen. Seperti, coklat, hitam, dan warna gelap lainnya yang tentunya makin membuat rumah anda akan terlihat semakin modern dan elegan.

    Warna netral juga sudah terbukti bisa memberikan kesan nyaman pada rumah. Dengan menggunakan warna netral anda akan membuat suasana rumah anda terasa sangat nyaman dan

    2. Gunakan Furnitur Dengan Desain Minimalis

    Furnitur merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rumah karena fungsinya dan tentunya bisa menjadi pelengkap dekorasi rumah anda jika anda bisa memilih furnitur yang sesuai dengan tema rumah anda. Hal ini akan membuat rumah anda memiliki tema yang kuat dan tentu saja akan membuat anda merasa sangat nyaman.

    Anda juga bisa mengkombinasikan berbagai macam furnitur yang bisa menciptakan kesan elegan pada rumah anda. Selanjutnya, jika rumah anda memiliki lahan yang terbatas anda bisa menggunakan furnitur dengan tempat penyimpanan dimana anda bisa menyimpan barang-barang anda.

    3. Perhatikan Eksterior Rumah

    Ekstrerior rumah merupakan bagian yang sangat penting untuk rumah anda. Eksterior rumah adalah identitas rumah anda, dimana orang-orang mengenali rumah anda. Anda harus memperhatikan detail eksterior dengan baik, mulai dari pagar sampai catnya. Karena jika anda menggunakan model rumah gaya minimalis akan sangat penting untuk memperhatikan detail sebaik mungkin.

    4. Jika Memungkinkan Gunakan Halaman Belakang

    Halaman belakang bisa menjadi alternatif yang pas jika anda ingin menghadirkan kesan segar pada rumah. Rumah yang memiliki halaman belakang juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk tempat bermain anak anda. Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih tanaman yang akan anda tempatkan di halaman belakang, gunakan bunga dan pohon dengan ukuran yang relatif kecil yang bertujuan supaya halaman belakang rumah anda tidak terlalu penuh dan mengurangi kenyamanan anda saat berkumpul bersama keluarga tercinta.

    5. Tempatkan Kolam Ikan

    Kolam ikan sudah terbukti bisa membuat suasana rumah anda menjadi lebih santai karena dengan menambahkan kolam ikan pada rumah anda bisa membuat rumah terasa lebih sejuk. Dan kolam ikan bisa menghilangkan stres pemiliknya, karena sudah terbukti melalui penelitian kalau memelihara ikan bisa mengurangi tingkat stres seseorang. Tentu saja anda bisa membuat kolam ikan dengan konsep minimalis yang pastinya akan membuat anda dan keluarga semakin nyaman saat menghabiskan bersama.

    6. Berikan Aksen Pada Dinding Rumah Anda

    Pastikan dinding rumah anda tidak terlihat monoton dengan menambahkan aksen berupa dekorasi pada dinding rumah anda. Anda bisa menambahkan lukisan bergaya modern unruk menambahkan kesan modern pada dinding rumah anda. Selanjutnya dengan mengkombinasikan dengan hiasan-hiasan dinding lainnya anda bisa menciptakan kesan modern yang kuat pada rumah anda.

    Anda bisa juga menambahkan ide-ide kretif anda pada dinding rumah anda. Seperti menempatkan foto-foto keluarga, atau bisa juga menambahkan kreasi lainnya. Yang terpenting adalah, pastikan ruang kosong di dinding tidak terlihat kaku, dan salah satu cara mensiasatinya adalah dengan memberikan aksen pada dinding rumah anda.

    7. Tambahkan Variasi Warna

    Terkadang anda memerlukan kombinasi warna yang pas untuk menciptakan kesan modern yang kuat pada rumah anda. Warna cat rumah yang sering dipakai untuk rumah minimalis modern biasanya adalah warna-warna netral yang dipadukan dengan warna gelap. Seperti warna abu-abu yang sangat cocok dipadukan dengan warna coklat. Tujuan penggunaan warna gelap disini untuk memberikan kontras pada rumah anda sehingga rumah anda akan terlihat lebih menarik dilihat.

    Anda bisa juga menambahkan beberapa kombinasi warna. Hal ini bertujuan jika anda ingin menimbulkan kesan kasual pada rumah anda sehingga rumah anda akan terasa lebih nyaman dan lebih santai. Kesan modern akan tetap didapat walaupun anda menggunakan banyak kombinasi warna, yang terpenting adalah keharmonisan kombinasi warna yang secara keseluruhan membuat rumah anda terlihat modern.

    8. Padukan Desain Rumah Minimalis dengan Desain Lain

    Tentu saja anda juga bisa menggabungkan berbagai jenis desain interior pada satu rumah. Tergantung dengan selera anda, anda bisa menggabungkan desain bergaya shabby chic pada rumah anda, sehingga membuat rumah anda terkesan unik dan elegan. Selanjutnya, anda juga memadukan dengan gaya fixer upper untuk membuat rumah minimalis anda terkesan lebih indah dan natural.

    Tentu saja anda harus berhati-hati dalam menggabungkan tema rumah yang pas untuk rumah anda. Penggunaan tema yang bertolak belakang akan membuat rumah anda kehilangan konsistensi dan menjadikannya kurang enak dilihat.

    9. Tambahkan Tanaman Untuk Memberi Kesan Segar

    Tanaman bisa membuat rumah anda terkesan lebih modern dan segar. Hal ini bertujuan untuk memberikan sentuhan hijau pada rumah anda sehingga rumah tidak terkesan kaku dan monoton. Tentu saja anda harus selektif dalam memilih tanaman hias untuk anda tempatkan di dalam rumah anda. Yang sering digunakan adalah tanaman atau bunga yang bisa ditanam di dalam pot. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang dan tentu saja agar lebih mudah perawatannya.

    Tentu saja jika anda menginginkan kesan yang lebih segar pada rumah anda dapat menambahkan tanaman yang berukuran segar dan anda tempatkan pada pot yang besar juga. Pastikan anda juga merawatnya dengan baik, karena tanaman yang tidak terawat dengan baik malah akan membuat rumah anda seperti tidak terawat dan tidak sedap dipandang.

    Kesimpulan

    Rumah minimalis tentunya menjadi impian banyak orang. Rumah dengan kesan elegan dan modern yang kuat ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan karena biasanya rumah dengan desain minimalis tidak memerlukan lahan yang luas, dengan lahan yang relatif kecil anda bisa membangun rumah idaman anda.

    Lalu dengan menata rumah dan membuat kesan minimalis memerlukan kreatifitas yang tinggi. Oleh karena itu kami telah mengumpulkan tips yang bisa anda aplikasikan dengan mudah untuk mendekorasi rumah anda. Kami yakin jika anda mengikuti tips yang telah kami kumpulkan, anda dapat membuat rumah yang indah dan nyaman untuk keluarga tercinta.
     
  2. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    901
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Rumah saya tipe 36, lumayan ribet pas cari furniture. Ukuranya kudu sesuai biar ga makan space berlebih
     
  3. Yoga Pratama

    Yoga Pratama Member

    Joined:
    Apr 10, 2016
    Messages:
    271
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    mantap bos makasih infonya
     
  4. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    55
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Mungkin tips memilih desain atap rumah juga perlu dimasukkan hehe karena desain atap rumah termasuk dekorasi bagian outdoor rumah, dan untuk rumah tipe minimalis juga. Untuk tips pemasangan atap rumah bisa menggunakan atap kanopi yang memiliki banyak pilihan warna sehingga bisa menyesuaikan dengan desain rumah minimalisnya :D
     
Loading...

Share This Page