8 Permasalahan umum yang sering di alami oleh Mobil

Discussion in 'General Business' started by Nayfa_Trans, Mar 26, 2018.

  1. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    8 Permasalahan umum yang sering di alami oleh Mobil
    Hampir Semua Para pemilik mobil sering tidak menyadari bahwa biaya yang mereka keluarkan saat membawa kendaraannya sejatinya jauh lebih besar dari yang seharusnya. Hal itu terjadi karena dicurigai ada beberapa komponen mesin mobil yang sebenarnya tidak bermasalah diganti oleh montir bengkel, dan ini justru mengakibatkan mobil agak menjadi rewel dan sering terjadi gangguan saat digunakan berkendara.

    Dikutip dari pendapat Sugi Handoyo, Service Advisor Anugerah Motor, Daan Mogot, Pesing, Jakarta Barat, Rabu (18/3). bahwa ada sebagai oknum mekanik bengkel mobil yang ingin meraup keuntungan dengan cara mengada-ada bahwa harus ada komponen mobil yang diganti atau apalah sehingga memaksa pemiliki mobil untuk mengganti komponen yang itu sejatinya tidak ori dan malah mengakibatkan mobil mengalami gangguan pada bagian tertentu

    "Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengenali gejala kerusakan yang umum terjadi, ciri-cirinya, hingga apa yang seharusnya dilakukan untuk mengatasinya," saran Handoyo.

    1. Mesin Mobil sulit dinyalakan pada pagi hari

    Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mesin mobil sulit sekali dihidupkan di saat pagi hari untuk dipanasi atau mesin dingin. Beberapa penyebab mesin mobil sulit dinyalakan , antara lain tegangan arus listrik aki yang kurang atau bahkan kemunkinan Accu habis, terminal aki yang berkarat atau kotor akibat terkena lumpur dan kendor.

    Penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar bermasalah, jarak antara kepala busi dan sumbu busi terlalu renggang, kompresi mesin yang terlalu rendah, regulator tekanan bahan bakar rusak.

    2. Mesin sulit dinyalakan saat panas

    Kondisi ini merupakan kebalikan dari kondisi nomor satu, yaitu mesin sulit sekali dinyalakan setelah mobil berjalan jauh dan kemudian berhenti atau mesin dimatikan. Penyebab kondisi ini adalahterjadi gangguan pada kompresi silinder yang rendah, choke mobil bermasalah, injektor kotor, atau saringan udara yang kotor dan tersumbat.

    3. Mesin tersendat saat pedal gas diinjak untuk meningkatkan akselerasi

    Kondisi seperti ini kerap terjadi di mobil yang telah berusia di atas lima tahun.

    Beberapa penyebab permasalahan ini adalah busi yang telah aus atau jarak antara kepala dan sumbu busi terlalu renggang, vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau di bagian selang vacuum yang bocor. Penyebab lainnya adalah injektor bahan bakar yang kotor atau tersumbat.

    4. Tenaga mesin tidak handal seperti biasanya

    Persoalan lain yang sering dikeluhkan oleh para pemilik mobil adalah merosotnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Mobil seolah loyo tak berdaya seperti sebelumnya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, di antaranya pemasangan timing belt yang tidak tepat, saringan bahan bakar yang kotor sehingga tersumbat, fuel pump bermasalah, regulator tekanan bahan bakar rusak, tingkat kompresi satu atau beberapa silinder menurun, dan kerenggangan kepala dan sumbu busi terlalu jauh.

    Penyebab lainnya adalah vacuum di karburator, throttle body, inlet manifold, serta selang yang bocor. "Bisa juga karena injektor bermasalah, rem yang mengunci sehingga mobil dalam posisi terus mengerem, atau karena kopling slip sehingga tidak ada perubahan posisi gigi meskipun putaran mesin tinggi," papar Handoyo.

    5. Mesin hidup mati, hidup mati

    Beberapa pemilik mobil mengungkapkan pernah mengalami hal seperti ini yaitu mesin mobilnya langsung hidup saat kunci kontak diputar ke on. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena mesin mati. Anehnya kondisi seperti itu berlangsung berulang kali.

    Menurut Handoyo, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, di antaranya sistem kelistrikan (mulai dari alternator, aki, hingga kabel-kabel yang kendur atau putus), serta kemungkinan rangkaian pengapian yang bermasalah.

    Penyebab lainnya adalah, vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold, atau selang-selang vacuum yang bocor. "Bisa juga injektor yang bermasalah karena kotor atau tersumbat," kata dia.

    6. Lampu indikator oli menyala terus meski mobil telah berjalan

    Masalah ini juga sering terjadi dan kerap tidak disadari oleh para pemilik mobil atau driver. pada umumnya mereka hanya percaya bahwa mobilnya telah rutin ganti oli sehingga lampu indikator luput dari perhatian pengendara

    Lampu yang terus menyala meski mesin telah cukup lama aktif bisa dikarenakan beberapa faktor, di antaranya jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau tidak sesuai rekomendasi dari pabrikan. Selain itu juga dikarenakan jumlah oli yang tidak sesuai dengan standar volume, sensor dan katup peranti tekanan oli rusak, atau saringan oli yang sudah aus.

    7. Mesin mendesis

    Beberapa orang pernah mengeluhkan mesin mobil mereka mengeluarkan suara mendesis meski sudah lama dipanaskan. Penyebab masalah ini adalah, inlet manifold atau gasket throttle body bocor, exhaust manifold bocor, selang vacuum bocor, serta gasket di kepala silinder rusak sehingga bocor atau robek.

    8. Mesin knocking

    Mesin knocking atau menggelitik juga kerap dikeluhkan oleh para pemilik mobil, terutama di saat mereka berusaha untuk menambah kecepatan akselerasi atau di saat mobil melibas jalanan menanjak.

    Ada beberapa penyebab. Faktor penyebab utama dan paling sering adalah spesifikasi bahan bakar yang jelek, tingkat Research Octane Number (RON) bahan bakar yang tidak sesuai. Walhasil, timing pengapian tidak tepat.

    "Istilah bengkelnya, karena ada premature ignition yaitu proses pembakaran di ruang bakar antara bahan bakar dan udara dengan pantikan api tidak sempurna. Sehingga ada ledakan prematur, itulah knocking," jelas Handoyo.

    Penyebab lainnya adalah, injektor atau karburator mobil yang bermasalah, jarak antara kepala dan sumbu busi terlalu renggang, vacuum karburator, throttle body, inlet manifold, dan selang yang bocor.

    Itulah beberapa permasalahan utama yang kerap terjadi pada mobil. Meski demikian ada beberapa masalah dan penyebab lainnya, namun kedelapan masalah itu merupakan masalah yang kerap dikeluhkan, sangat disarankan Anda memahaminya sebelum membawa mobil ke bengkel.

    SEWA MOBIL DENGAN DRIVER ATAU DENGAN SOPIR NAYFA TRANS MALANG


    Sewa mobil di Malang yang saat ini paling banyak dicari adalah di nayfatrans malang, yang merupaka jasa pelayanan sewa mobil atau rental mobil, carter drop dan travel malang surabaya pp. saat ini nayfa trans malang sudah berjalan atau beroprasi 4 tahun lebih, jadi pengalanan mengenai jasa sewa mobi malang atau rental bisa anda pesan disini atau anda bisa kunjungi situs resminya disini

    kami memiliki armada yang berkualitas dan handal dijalanan serta tidak pernah mengalami kendala yang berarti seperti yang telah dipaparkan diatas.
    berikut adalah arada kami :

    1. Innova
    2. Xenia
    3. Avanza
    4, Ertiga
    5 Hiace

    Untuk informasi mengenai tarif dan jadwal serta cara pemesanan anda bisa klik disin
     
  2. Moch Ramdan

    Moch Ramdan New Member

    Joined:
    Jul 16, 2018
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jika mobil bermasalah, sepertinya perawatan kurang gan... atau mungkin mesin sudah tua... hehe...
     
Loading...

Share This Page