7 JENIS TRUK BERDASARKAN KONFIGURASI SUMBU RODA

Discussion in 'Otomotif' started by parmantua93, Sep 1, 2021.

  1. parmantua93

    parmantua93 New Member

    Joined:
    Jan 7, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Truk adalah salah satu kendaran besar yang sering berlalu lalang di jalanan Indonesia. Kendaraan besar ini juga menjadi pembantu roda perekonomian karena sebagian besar jasa ekspedisi menggunakan truk untuk mengangkut barang. Namun, pernahkan Anda amati ada perbedaan truk yang Anda temui di jalan? Ternyata truk-truk yang ada di jalan memiliki perbedaan pada konfigurasi sumbu roda truk. Berikut adalah jenis truk berdasarkan konfigurasi sumbu roda yang dimiliki.

    [​IMG]
    Konfigurasi Ban Truk (Foto: Bambang Widjanarko)

    1. Truk Trintin

    [​IMG]
    Illustrasi truk trintin (Foto: Bambang Widjanarko)

    Truk trintin merupakan truk yang memiliki 8 roda dengan konfigurasi sumbu roda 1-1-2 dengan pembangian satu di bagian depan, tengah dan belakang. Truk ini memiliki kapasitas daya angkut sebesar 18 ton.

    2. Truk Tronton



    [​IMG]
    Truk tronton Volvo-FMX400 (Foto: Volvo)

    Jenis truk selanjutnya adalah truk tronton. Kata ‘truk tronton’ pasti tidak asing karena sering digunakan untuk menyebutkan truk yang besar. Truk ini memiliki kapasitan beban maksimum 22 ton. Truk tronton memiliki 10 roda, 3 sumbu roda dengan konfigurasi 1-2-2, 1 terletak di bagian depan dan ada 2 di bagian belakang.

    3. Truk Trinton

    [​IMG]
    Illustrasi truk trinton (Foto: Bambang Widjanarko)

    Truk trinton memiliki 12 roda dan 4 sumbu roda dengan konfigurasi 1-1-2-2. Sumbu roda truk trinton terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 1 di depan dan di tengah, dan 2 sisanya terletak di bagian belakang. Truk trinton memiliki kapasitas maksimal 29 ton.

    4. Truk Tribal

    Jenis truk selanjutnya adalah truk tribal. Truk yang lebih sering ditemukan di daratan Pulau Sumatera ini memiliki 3 sumbu roda. Truk ini adalah truk yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga panjang truk dapat mencapai 16,5 meter. Karena ukuran yang dimodifikasi, muatan truk juga bertambah menjadi 30 ton.

    Jenis truk ini sebenarnya dilarang oleh dinas perhubungan karena tidak memenuhi safety riding. Selain itu, truk tribal juga masuk kategori truk overdimensi overload (ODOL) sehingga sangat berbahaya di jalanan.

    5. Truk Gandeng

    Truk jenis ini memiliki 4 sumbu roda dengan konfigurasi gabungan 1-2 + 2-2. Dua sumbu pertama ada di truk kemudian 2 sumbu sisanya ada di gandengan truk atau kereta penarik.

    Truk gandeng memiliki 6 ban yang ada di badan truk kemudian 8 di gandengan truk. Jadi, total ban truk gandeng ada 14 buah. Truk ini memiliki kapasitas maksimum 36 ton dan hanya diperbolehkan beroperasi di jalan kelas 1 atau jalan arteri.

    6. Truk Trailer

    [​IMG]
    Truk trailer memiliki gandengan panjang (Foto: Facebook)

    Truk trailer kebanyakan memiliki 12 ban dan 4 sumbu dengan konfigurasi 1-2-2-2. Truk ini memiliki beban maksimal hingga 60 ton. Besar, kan? Hal ini karena truk trailer biasanya digunakan untuk mengangkut alat berat, peti kemas atau kontainer, dan barang lain dengan beban tinggi.

    7. Truk Engkel

    [​IMG]
    Truk engkel pakai ban belakang single (Foto: Hinoline)

    Jenis truk yang terakhir adalah truk yang sangat sering kita lihat dijalanan, yaitu truk engkel. Truk ini berbeda dengan jenis truk sebelumnya yang memiliki 3-6 sumbu roda. Truk engkel hanya memiliki 2 sumbu saja dengan 4 dan 6 ban. Truk engkel dengan 4 ban dapat mengangkut beban maksimal 12 ton. Kemudian jenis truk engkel dengan 6 ban yang dapat mengangkut beban maksimal 16 ton.

    Sumber
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,001
    Likes Received:
    141
    Trophy Points:
    63
    Truk yang membuat para jomblo merana adalah truk gandeng
    truk saja punya gandengan, sedang jomblo tidak :D
     
Loading...

Share This Page