7 Hal yang Tidak Ingin Dikatakan Dosen Pada Mahasiswa

Discussion in 'Education' started by Fadli Hafizulhaq, Nov 24, 2015.

  1. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Terkadang, mahasiswa suka menilai dosen seperti seorang makhluk tanpa hati. Ekspresi yang datar dan pelit senyum. Kalau bicara secukupnya saja. Tatapan mata yang seakan mengancam atau anggapan-anggapan lain yang menyugesti mahasiswa untuk berpikiran bahwa dosen suka mempersulit mahasiswa. Please, Sob. Andai sang dosen mau curhat mungkin tidak cukup 2 atau 3 SKS mata kuliahnya, ada banyak hal yang mereka tidak ingin mahasiswa mengetahuinya, hal yang tidak ingin dosen katakan pada mahasiswa. Nah, apa saja hal-hal itu, yuk simak dengan seksama.

    1. Mereka ingin mahasiswa menjadi sukses
    Setiap guru atau pengajar pasti menginginkan anak didiknya untuk menjadi sukses, bahkan mereka ingin agar anak didiknya bisa lebih hebat dan sukses dari dirinya. Itu adalah naluri alami seorang pengajar sejati. Sebab bagaimanapun juga ilmu pengetahuan terus berkembang, dosen yang bijak akan menyadari itu sehingga mendukung mahasiswanya untuk bisa menapaki kesuksesan, tapi tidak banyak dari dosen itu yang berani mengatakannya kepada mahasiswa secara langsung.

    2. Tidak banyak mahasiswa yang meminta bantuan
    Tahukah, sebenarnya akan sangat senang jika banyak mahasiswa yang bertanya di kelas yang ia ajar. Mereka senang jika banyak mahasiswa yang aktif. Mereka bahkan bersedia ditemui di waktu luang jika ada mahasiswa yang ingin meminta bantuan.

    3. Sebenarnya para dosen juga bosan
    Sebagaimana kita, mahasiswa, yang kerap bosen dalam menjalani pelajaran di kelas. Sebenarnya para dosen juga pernah mengalami kebosanan. Bagaimana tidak, bayangkan, jika seorang dosen telah mengajar selama 30 tahun dengan bidang yang sama, dengan kata lain beliau telah mengajarkan materi yang sama selama 30 semester sepanjang karir mereka. Mereka mengulang hal-hal yang sama secara periodik, tidakkah itu membosankan? Rasa bosan mahasiswa belum sebanding dibandingkan para dosen, namun mereka tetap mengajar demi anak-anak didik tercinta.

    4. Sebenarnya mereka tidak banyak cukup waktu untuk melayani skripsi kita
    Seringkali saat bimbingan, seorang dosen terlambat mengembalikan draft skripsi atau paperyang bimbingannya serahkan. Jangan berburuk sangka dulu, membaca dan menganalisa skripsi atau paper bukan hal yang mudah. Perlu waktu berjam-berjam hingga seharian sehingganya tak jarang dosen menunda janjinya. Bagaimanapun, selain menjadi dosen, mereka memiliki tugas lain seperti menjadi kepala keluarga atau ibu rumah tangga. Oleh karena itu, bantu mereka dengan menyerahkan draft yang memang sudah kamu tulis dengan baik dan benar, bukan yang asal-asalan apalagi copy-paste.

    5. Para dosen bersedia bekerja sama denganmu jika kamu memintanya
    Jika mahasiswa meminta bantuan, sudah merupakan kewajiban dosen untuk membantunya. Cuma permasalahannya adalah tidak banyak mahasiswa yang berani untuk meminta bantuan tersebut. Sebab jangankan meminta bantuan, bertemu dosen saja mahasiswa kadang enggan.

    6. Mereka dapat memberikan nasehat jitu tentang karir
    Sebagai seseorang yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia profesi adalah hal yang mudah bagi dosen untuk memberikan nasehat kepada mahasiswa tentang karir yang akan mereka lalui. Para dosen bisa menjadi penasehat yang baik jika saja mahasiswa mau meminta nasehat mereka.

    7. Mereka sebenarnya telah memberi tahumu apa yang akan keluar dalam ujian
    Jika seorang mahasiswa jeli, sebenarnya para dosen telah memberikan banyak klu dimulai dari pertemuan pertama kuliah hingga terakhir. Klu atau petunjuk mengenai hal-hal apa saja yang akan menjadi soal ujian, hanya saja mereka memang tidak membahasakannya secara langsung.

    Setelah tahu hal-hal yang tidak ingin dosen katakan pada mahasiswa di atas, apa yang kamu pikirkan sekarang? Bagaimana pendapatmu? Apa persepsimu terhadap dosen dapat berubah? Bagaimanapun tipe dosen yang mengajar kita mereka juga tetap manusia yang memiliki empati dan simpati.

    Sumber: Hal yang Tidak Ingin Dikatakan Dosen pada Mahasiswa
     
  2. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    650
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    oke lah benar juga 7 hal tiatas semua dosen pasti seperti itu
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Dosen itu dulu juga pernah jadi mahasiswa. Apakah balas dendam? :D
     
  4. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Hahah, bisa jadi begitu, Kang. Sama kayak dendamnya senior ke junior ketika ospek :D
    Tapi kalau saya yang jadi dosen nantinya gak bakal balas dendam kok :cool:
     
  5. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Mungkin ada satu dua yang anti-mainstream :rolleyes:
     
  6. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    766
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    mungkin juga kali ya...dulu waktu tahap revisi skripsi nyari dosennya susah..giliran ketemu coret sana sini suruh benerin, udah dibenerin coret lagi di halaman lain suruh benerin lagi...sampai 3x!!
    ini pertanyaan ane sampe sekarang yang belum terjawab, kenapa tidak sekalian nyoretnya?? kayaknya gk ikhlas bgt kalo mahasiswa tu tenang..
     
  7. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    566
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    Dosen juga manusia seperti kita. Punya rasa... Punya hati... :)
     
  8. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Mungkin dosennya pengen diapelin sering-sering sama mahasiswanya gitu (berusaha positif) hha
     
  9. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Jadi keinget lagu rock tahun 2000-an :)
     
  10. Erlin Herlina

    Erlin Herlina Member

    Joined:
    Aug 28, 2015
    Messages:
    566
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    hahahaaa, cie yang keinget dulu. hehehe :D
     
  11. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Lagu-lagu zaman sekarang banyak melow-melow gaje :D (makin OOT)
     
  12. jooysos

    jooysos Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    78
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    haha jadi inget.. ngedosen 3 tahun.. terus keluar.. klo ane gak mikirin .. sih .. LU mau dapet ILMU gak.. kalo mau dapat ILMU dengarkan.. kalau TIDAK terserah LU..
     
  13. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    yang penting kerja dan gajian gitu gan, mau mereka merhatiin pelajaran atau gak itu urusan mereka :D

    Btw, kenapa berhenti jadi dosen gan? Kalau boleh tahu
     
  14. renderware

    renderware Active Member

    Joined:
    Dec 22, 2014
    Messages:
    1,154
    Likes Received:
    77
    Trophy Points:
    48
    yang penting loyal aja kalok kasih nilai wkw
     
  15. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    Sebelum jadi dosen banyak pikiran itu, namun saat jadi dosen banyak yang lupa :D
     
  16. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,167
    Likes Received:
    2,704
    Trophy Points:
    413
    nggak, maunya dapat nilai bagus :D
     
  17. localhost

    localhost Member

    Joined:
    Sep 14, 2015
    Messages:
    108
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Setuju...udah mudahan dosen saya dulu banyak dapat pahala :)

    ~Cogito Ergo Sum~
     
  18. desiana

    desiana Member

    Joined:
    Jul 11, 2015
    Messages:
    29
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    si ts lagi curhat neh cerintanya *booger*
     
  19. Ahmad Mujib

    Ahmad Mujib Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    214
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  20. Squline Media

    Squline Media Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    160
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    thanks gan infonya, cocok buat yg lagi kuliah nih, hahaha
     
Loading...

Share This Page