6 Makanan Mood Booster yang Wajib Kamu Konsumsi Saat Mood Lagi Jelek

Discussion in 'Health & Medical' started by Anisa Rahmawati, Feb 2, 2022.

  1. Anisa Rahmawati

    Anisa Rahmawati Member

    Joined:
    Sep 17, 2020
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Selain sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi, metabolisme tubuh dan juga kesehatan fisik, ternyata makanan dapat mempengaruhi fungsi otak seperti suasana hati dan fungsi kognitif. Lantas, makanan sehat apa saja sih yang bisa menjadi "makanan mood booster"? Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini!

    Pernahkan kamu merasakan lapar dan marah diwaktu yang bersamaan? Atau merasa menjadi lebih emosi saat sedang merasa lapar? Faktanya makanan dan suasana hati memiliki pengaruh satu sama lain loh. Biasanya saat kita merasa sangat lelah hingga stress kita cenderung menginginkan makanan dalam porsi yang banyak, berkalori tinggi atau makanan dan minuman manis. Nasi padang porsi besar dan milkshake cokelat terasa menggiurkan bukan?

    Makanan seperti itu tentu boleh saja dikonsumsi sesekali untuk melawan kesedihan dan meredam emosi yang sedang meluap. Namun yang perlu diingat adalah jangan terlalu sering. Mengapa?

    Penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak, kalori dan gula justru akan meningkatkan kemungkinan depresi dan kecemasan yang lebih tinggi dan hanya akan membuat kamu merasa selalu menginginkan lebih banyak makanan tersebut untuk melawan suasana hati yang sedang buruk.

    Konsumsi makanan tinggi lemak dan gula yang terlalu sering dan berlangsung dalam waktu yang lama akan membuat tubuhmu beradaptasi dengan asupan makanan tersebut dan mengganggapnya sebagai hal yang normal sebagai "makanan mood booster".

    Akibatnya resiko masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan hingga obesitas dan juga diabetes melitus akan terus meningkat. Bahaya bukan? Oleh karena itu, sekarang waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan jangka panjang dengan mengkonsumsi makanan sehat penambah mood.

    Daftar Makanan Mood Booster
    1. Apel
    Satu buah apel yang dikonsumsi setiap hari dapat menjauhkan kamu dari kecemasan dan depresi loh. Bahkan konsumsi apel secara rutin akan menurunkan resiko alzheimer atau demensia.

    2. Sayuran Hijau
    Seperti telah diketahui bahwa konsumi sayur dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Menurut penelitian, sayuran telah dikaitkan dengan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi bagi orang yang mengkonsumsinya, sehingga penting banget untuk rutin konsumsi sayur setiap hari dan menjadikan sayur sebagai makanan yang dapat meningkatkan suasana hati.

    3. Makanan yang Tinggi Kandungan Omega 3
    Penelitian menunjukkan, asupan omega 3 yang rendah dapat menyebabkan stress hingga depresi. So, penting banget buat cukupi asupan omega 3 dari makanan tinggi omega 3 berikut ini:

    1. Ikan makarel (ikan kembung dan ikan tenggiri)
    2. Tiram
    3. Salmon
    4. Sarden
    5. Kacang kedelai
    6. Biji rami
    7. Minyak kanola
    8. Biji chia
    4. Cokelat
    Pasti sudah sering dengar dong kalo cokelat sering dijadikan makanan mood booster. Ya, cokelat dapat dijadikan makanan yang dapat meningkatkan suasana hati. Namun ingat, kuncinya adalah memilih cokelat asli (dark chocolate) dengan kadar gula rendah dan tetap konsumsi dalam jumlah yang wajar.

    5. Makanan Tinggi Kandungan Triptofan
    Triptofan adalah senyawa asam amino yang memiliki dampak positif dalam meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif. Seperti telah diketahui, asam amino merupakan komponen utama penyusun protein.

    Di dalam tubuh, senyawa asam amino akan diubah menjadi molekul sederhana yang disebut 5-hydroxytryptophan (5-HTP). Molekul inilah yang nantinya menjadi bahan baku utama sintesis serotonin.

    Serotonin adalah suatu neurotransmiter atau senyawa kimia di dalam otak yang berfungsi sebagai pengatur mood dan rasa bahagia. Sehingga, konsumi makanan tinggi triptofan dapat dijadikan sebagai makanan sehat penambah mood.

    Berikut adalah sumber makanan yang tinggi kandungan triptofan:
    1. Kacang mete
    2. Kacang tanah
    3. Almond
    4. Biji wijen
    5. Labu
    6. Biji bunga matahari
    7. Kedelai
    8. Gandum
    9. Jagung
    6. Makanan Kaya Antioksidan
    Seperti telah diketaui bahwa antioksidan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Senyawa antioksidan yang banyak terkandung dalam makanan diantaranya adalah flavonoid dan polifenol.

    Salah satu manfaat antioksidan bagi kesehatan adalah melacarkan sirkulasi darah sehingga yang akan meningkatkan transport nutrisi ke otak semakin meningkat.

    Selain itu antioksidan juga memiliki peranan dalam meningkatkan kadar serotonin yang merupakan senyawa penting untuk meningkatkan suasana hati.

    Referensi:

    American Heart Associoation. "Food and Mood" - https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-lifestyle/mental-health-and-wellbeing/food-and-mood. Diakses 27 Januari 2022.

    Strasser, B., Gostner, J. M., & Fuchs, D. (2016). Mood, food, and cognition: role of tryptophan and serotonin. Current Opinion in Clinical Nutrition & Metabolic Care, 19(1), 55-61.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,045
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Bertanya-tanya apakah cokelat itu baik buat anak hyper aktif?
    karena ada yang bilang kalau anaknya hyper aktif dilarang makan cokelat.
     
Loading...

Share This Page