6 Bagian Motor yang Harus di Cek Sebelum Mudik Lebaran

Discussion in 'General Lifestyle' started by Engz0386, Jul 23, 2014.

  1. Engz0386

    Engz0386 Member

    Joined:
    Mar 27, 2013
    Messages:
    29
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Lebaran akan tiba, Hore! Hore!. Sebentar lagi menuju hari raya Idul Fitri 1435 H. Musim mudikpun sedang bergulir, berbagai macam alat transfortasi dikerahkan untuk mudik lebaran baik umum atau kendaraan pribadi.

    Bagi yang menggunakan mobil pribadi untuk mudik Baca juga 6 Benda wajib di bawa dalam mobil pribadi dalam perjalanan mudik.

    Bagi sobat yang mudik menggunakan motor, berikut 6 hal yang harus di cek sebelum berangkat ke kampung halaman. Cekidot!!!!

    1. Sistem Pengapian

    Sistem pengapian merupakan salah satu komponen penting pada motor. Perjalanan akan terganggu jika pengapian tidak beres. Busi adalah satu bagian dari sistem pengapian, bersihkan dengan hampelas busi jika sudah kotor (hitam) atau lebih bagus lagi jika di ganti yang baru. Selanjutnya jika motor masih menggunakan karburator, cek dan bersihkan darik kotoran. Jika menggunakan sistem injeksi lebih baik ke bengkel agar hasil maksimal.

    2. Kampas rem.

    Rem menjadi hal yang wajib di kontrol, mungkin saja kampas rem motor Anda akan segera habis. Jika sudah tipis, lebih baik di ganti saja. Anda tidak mau kan jika tiba-tiba saja di tengah perjalanan kanvas rem motor habis, sehingga harus repot2 mencari bengkel.

    3. Rantai

    Jika bukan motor automatic, periksa rantai motornya, ganti jika sudah aus,. Namun jika motor matic, periksa penbelnya, ganti jika sudah tipis. Hal ini penting karena jika putus dijalan rantai atau penbel tersebut akan sangat berabe dan menggangu perjalanan mudik Anda.

    4. Ban

    Cek tekanan angin ban motor, periksa apakah kondisi ban dalam dan ban luar masih bagus. Jika kondisi ban luar sudah tipis apalagi jika sudah keliatan kawatnya lebih baik di ganti baru saja. Kebayang kalo bocor apalagi meledak,,,, ummm siapa yg mau. Kondisi ban jelek akan sangat membahayakan karena bisa tergelicir dan celaka deh.

    5. Bearing

    Sebelum memulai perjalan harap periksa dulu bearing atau leher baik di bagian roda atau kemudi. Kondisi leher yang bagus akan membuat kemudi stabil untuk melibas setiap jalan yang bergelombang atau garinjul. Bearing pada roda motor berfungsi untuk menstabilkan perputaran roda stabil.

    6. Pelumas

    Jika sudah cukup lama, lebih baik ganti baru oli motor Anda. Dengan oli mesin atau pelumas yang masih baru akan meningkatkan performa mesin motor, dan menjaga agar kondisi mesin motor tetap prima.

    Tips mudah untuk melakukan pengecekan semua hal diatas adalah bawa motor Anda ke bengkel untuk di cek dan di service agar hasil lebih maksimal :D

    Itulah sekiranya 6 komponen penting yang harus di cek sebelum perjalanan jauh mudik lebaran. Bagi yang mudik semoga selamat sampai tujuan, dan selamat Idul Fitri.
     
    Last edited by a moderator: Jul 23, 2015
  2. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,386
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    sangat bermanfaat gan, pas banget besok mau mudik pake motor.
    lebaran di kampung, cihuyy..
     
  3. Ilbal Crew

    Ilbal Crew Member

    Joined:
    Jul 13, 2014
    Messages:
    48
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    bukan cuma itu om , kadang diperjalanan banyak tukang tambal ban yg iseng nyari keuntungan *jail*
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,654
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    wah iya belum cek semua nih, meskipun jarak dekat tapi kenyamanan & keselamatan berkendara tetap penting.
     
  5. Andra813

    Andra813 New Member

    Joined:
    Jul 23, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cocok juga untuk para pemudik yang menggunakan motor
    Tapi saya kagak mudik :p
     
  6. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,386
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    kasian bgt gan.


    selain bagian motor, ini juga pnting.
    Bawa jas hujan, soalnya lagi musim, baru saja jakarta diguyur hujan.
     
  7. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    848
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Taruh di Bengkel / Dealer biar dicek sama tukang service nya sendiri dah selesai masgan :D yang penting service rutin.
     
  8. Andra813

    Andra813 New Member

    Joined:
    Jul 23, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Bukannya kasian -_-, tapi emang ane masih 1 kota sama ortu *bergaya*
     
  9. debays

    debays Active Member

    Joined:
    Jul 18, 2014
    Messages:
    1,386
    Likes Received:
    58
    Trophy Points:
    48
    ga asik gan, kalo ga ikut mudik. kaya ada sesuatu yg kurang gitu...
     
  10. dataeka

    dataeka Member

    Joined:
    Jan 18, 2015
    Messages:
    23
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    betul tuh, kanvas rem motor emang jadi hal yg sangat penting untuk di cek klo perjalanan jarak jauh. klo tiba-tiba remmnya blong kan jadi repot..
     
Loading...

Share This Page