5 tips UKM agar dapat bertahan menghadapi pandemi

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by paxspot, Sep 17, 2021.

  1. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    5 tips UKM agar dapat bertahan menghadapi pandemi


    [​IMG]


    Seorang teman saya, pelaku UKM Tempat Sablon Kaos baru saja berkeluh kesah dalam status Facebook-nya. Usaha jasa sablon kaos nya mandek, tidak ada omzet yang masuk sejak pandemi. Dan keadaan ini diperparah dengan status pandemi yang dicanangkan oleh pemerintah sejak PSBB dan terakhir adalah PPKM semua diperparah dengan lesunya daya beli masyarakat.


    [​IMG]

    Bidang usaha nya memang merupakan bidang usaha sektor riil, dalam pengadaan barang untuk kebutuhan promosi khususnya sablon kaos, bikin jaket komunitas sampai pembuatan kemeja seragam. Bagaimana tidak? sektor promosi adalah salah satu bidang yang terdampak langsung dengan pandemi yang mana diterapkan pembatasan keramaian dan kegiatan kumpul-kumpul oleh pemerintah atau social distancing. Keberhasilan promosi berbanding lurus dengan viewer/pengunjung dalam suatu event, sedangkan event yang jelas akan mengumpulkan banyak massa dalam satu tempat adalah hal yang sedang dibatasi oleh pemerintah. dalam usaha meredam penyebaran virus Covid-19.

    [​IMG]

    Bukan hanya bidang promosi yang mengandalkan 'kumpul-kumpul' -nya manusia dalam satu tempat, tempat wisata, hotel, restoran sampai warteg pinggir jalan sangat mengharapkan banyaknya pengunjung ke lokasi usaha mereka.

    Lalu, bagaimanakah pelaku UKM dapat bertahan dalam menghadapi terjangan pandemi ini?

    Ini 5 tips UKM agar dapat bertahan menghadapi pandemi.

    1. Tetap jaga arus kas anda agar tetap sehat. Arus kas adalah hal yang sangat penting bagi pelaku usaha, arus kas yang tidak sehat dapat mengganggu kelangsungan usaha itu , resikonya dalah kebangkrutan usaha apabila arus kas tidak sehat.

    2. Pangkas pos biaya yang tidak penting. Kurangi pos-pos pengeluaran yang tidak penting dalam usaha anda. Pengeluaran sehari-hari seperti biaya makan, transport, telepon dan listrik mungkin dapat sedikit kita 'akali' supaya bisa lebih menghemat pengeluaran. Langkah akhir dari usaha ini adalah pengurangan karyawan tentunya merupakan buah simalakama bagi pelaku UKM.

    3. Digitalkan usaha anda. Pahami perubahan perilaku konsumen anda, ubah cara berdagang anda, ini harus, karena perilaku konsumen cenderung berubah sejak pandemi, mereka lebih suka melakukan pembelian dengan cara online dikarenakan keharusan untuk social distancing , jadi ikuti arus ini.

    4. Berkolaborasi dengan rekan usaha. Bekerjasama dan mencari celah baru yang saling menguntungkan antar pelaku usaha harus lebih ditingkatkan agar dapat tercipta ide-ide dan peluang-peluang baru dan mencari solusi atas semua masalah yang dihadapi.

    5. Gali bakat tersembunyi karyawan anda. Tentunya banyak dari karaywan yang memiliki kemampuan dan skill diluar jobdesk mereka, temukan hal ini, ketika pengurangan karyawan menjadi langkah terakhir yang harus dilakukan untuk penyelamatan perusahaan, tentunya pos-pos pekerjaan tidaklah menjadi berkurang, jadi sebagai pelaku usaha harus bijak dalam mencari solusi ini.

    Demikianlah 5 tips UKM agar dapat bertahan menghadapi pandemi, semoga para pelaku UKM Indonesia dapat bertahan dalam menghadapi pandemi ini, yakinlah ketika kita berhasil melewati pandemi ini, pengalaman ini adalah sangat berharga dan belum tentu didapatkan oleh generasi-generasi yang lain dalam 100 tahun.


    Everything that doesn't kill you will only strengthen you.

    Tetap semangat yaa.. :)
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,830
    Likes Received:
    130
    Trophy Points:
    63
    Bagi pelaku UKM mengalami penurunan omset karena pembatasan sosial dan juga dampak lainya akibat daya beli yang menurun,
    mendigitalkan produk UKM adalah ide yang keren.
     
  3. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    apalagi dijaman sekarang, wajib hukumnya untuk jualan dengan strategi internet marketing
     
  4. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    319
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
Loading...

Share This Page