5 Tips SEO Untuk Pemula (Ala Gw)

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by Junior20, Jan 8, 2021.

  1. Junior20

    Junior20 New Member

    Joined:
    Dec 15, 2020
    Messages:
    12
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    1. Buat Konten Disekitar Kata Kunci Utama Dan Turunan

    Dasar dari strategi SEO yang efektif adalah pencarian kata kunci. Konten yang baik dibangun disekitar kata kunci utama dan cadangan, dan paham bagaimana strategi penggunaannya akan meningkatkan pencarian ke websitemu.

    Pertama, kata kunci utama harus menjadi fokus utama dari landing page mu. Kata ini harus menjadi deskripsi yang kuat dari landing page ini dan berpotensi menghubungkan dengan bisnis kamu kerjakan. Ingat! kata kunci utama ini haruslah menjadi fokus dari kontenmu.

    Kemudian yang kedua adalah kata kunci cadangan. Kata ini adalah kata pendukung yang berhubungan dengan kata kunci utama. Dengan memasukkan kata kunci cadangan ini kedalam kontenmu, kamu akan meningkatkan peringkat di mesin pencari.

    Mulailah dengan beberapa kata kunci long tailed yang masuk akal bagi pengunjungmu. Katakanlah kamu menjalankan blog perlengkapan rumah. Dengan Keyword Overview Tool, kamu dapat memulai pencarian dengan “perlengkapan rumah minimalis” misalnya sebagai target kata kunci. Kemudian kembangkan sehingga kamu dapat mendapatkan lebih banyak kata kunci dari sana.

    2. Gunakan URL Yang Singkat Dan Deskriptif

    Ada juga beberapa tips SEO untuk pemula yang tidak terlalu tekhnikal untuk kamu dapat memaksimalkan SEO (On Page). Bagaimana cara kamu menyusun URL kontenmu misalnya, dapat meningkatkan peringat SEO mu dan hal ini cukup mudah dilakukan oleh siapapun.

    URL yang efektif seharusnya:

    • Menggunakan kata kunci: URL kamu harus memasukkan setidaknya satu atau lebih dari kata kunci yang kamu targetkan.
    • Mudah dimengerti: Harus mudah dibaca oleh mata sehingga membuat pembaca cepat memahami halaman website ini berisi tentang apa.
    • Ringkas: URL yang lebih singkat lebih disukai. Buat URL ini sekitar 60 karakter. Banyak mesin pencari tidak dapat memproses URL yang lebih panjang, hal ini dapat menurunkan peringkat websitemu di mesin pencari.

    3. Dapatkan Backlink Dari Website High Authority

    Link building adalah kunci komponen lain dari tips SEO untuk pemula ini, dan cukup mudah untuk dilakukan. Backlink adalah faktor peringkat yang penting, dan mereka berasal dari 2 jenis: link follow dan nofollow, dimana link follow mempunyai peran yang lebih.

    Proses backlink adalah proses ketika website lain terhubung dengan websitemu sebagai sumber informasi. Tautan ini berasal dari halaman lain yang menunjukkan kepada mesin pencari bahwa kamu memiliki otoritas dalam suatu topik. Lebih banyak tautan dengan kualitas tinggi yang terhubung ke website mu, semakin tinggi pula kesempatannya untuk muncul dalam mesin pencari.

    Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat link building. Diantaranya adalah:

    • Tawarkan untuk menjadi penulis tamu untuk outlet lain, terlebih jika kamu mempunyai kelebihan untuk ditawarkan.
    • Bergabung dengan asosiasi industri profesional, grup jaringan, atau organisasi yang berhubungan dengan bisnismu. Dengan bergabung dengan mereka kesempatan untuk membuat link building akan menjadi lebih besar.

    Darimana kamu ingin mendapatkan backlink? Gunakan Backlink Gap Tool untuk membandingkan backlink dari websitemu dengan 4 URL kompetitif. Kamu akan bisa melihat website mana yang berhubungan denganmu lebih dari kompetitormu. Kamu juga bisa mengatur daftar berdasarkan nilai otoritas untuk membantumu mengenali situs dengan otoritas tertinggi yang dapat kamu targetkan.

    4. Mendapatkan Peringkat di Featured Snippets


    Google Featured Snippets adalah tempat-untuk-menampilkan terbaik yang diharapkan oleh semua digital marketer. Featured Snippets terletak di bagian paling atas mesin pencari Google dan mempunyai kesempatan tinggi untuk menarik traffic organik. Untuk mendapatkan tempat ini, kamu harus memaksimalkan konten dengan cara tertentu.

    Pertama, pilih konten yang ingin kamu tampilkan di Featured Snippets. Kamu harus memilih sesuatu yang membuat pengguna internet ingin menekan tautannya. Juga hati-hati dalam memilih kata kunci yang digunakan di Featured Snippets. Pelajari bagaimana konten yang “menanyakan sesuatu” lebih sering tampil di Featured Snippets.

    5. Menyusun Konten Untuk Mesin Pencari


    Kata-kata yang kamu gunakan memang penting, tapi bagaimana cara kamu mengatur konten juga tidak kalah penting. Selain konten harus informatif, mudah dimengerti, dan ramah kepada pembaca, kamu juga harus mempertimbangkan pengaturan format konten untuk mesin pencari. Singkatnya, selain kata kunci, kamu juga harus menggunakan heading dan sub heading.

    Heading dan sub heading adalah hierarki artikel yang mempermudah mesin pencari untuk menemukan sebuah konten. Dengan ini konten akan lebih mudah dimengerti oleh mesin pencari dan dapat meningkatkan pencarian organik di mesin pencari.

    Juga bagaimana kamu menyusun kalimat dan paragraf. Sebuah kalimat seharusnya tidak lebih dari 20 kata. Disamping kamu tidak ingin mempunyai paragraf satu kalimat, kamu juga tidak ingin paragrafmu menjadi terlalu panjang bukan?

    Itu dia 5 tips SEO yang dapat dikerjakan bahkan oleh pemula sekalipun. Selamat mencoba :)

    Source: AlfaDigital
     
  2. olivia damayanti

    olivia damayanti New Member

    Joined:
    Dec 27, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    nah saya belum paham dengan keyword turunan tapi makasih lah atas informasi nya
     
    Junior20 likes this.
  3. paxspot

    paxspot Member

    Joined:
    Apr 7, 2014
    Messages:
    309
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
Loading...

Share This Page