5 Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Discussion in 'Tourism' started by Adhum, Dec 24, 2014.

  1. Adhum

    Adhum Member

    Joined:
    Dec 29, 2013
    Messages:
    127
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Wisata Yogyakarta. Ya, kali ini saya akan membahas tentang tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi. Yogyakarta atau biasa disebut Jogja (saja), memang sudah dikenal sebagai kota wisata selain Bali. Berbagai destinasi wisata terdapat di Jogja, dari wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, dan wisata kuliner, semuanya lengkap. Begitulah Jogja, maka tak heran pada tahun 2012, jumlah wisatawan yang berkunjung di Jogja tidak kurang dari 3,5 juta wisatawan.
    Sesuai judul, inilah 5 tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika berlibur di Kota Jogja. Apa saja itu?

    1. Malioboro
    [​IMG]
    Wisata Yogyakarta yang pertama wajib dikunjungi adalah Jalan Malioboro. Bisa dibilang Jalan Malioboro inilah pusat Kota Jogja. Jadi kebayang kan, kalau seandainya anda berlibur ke Jogja tapi belum ke Malioboro. Sama saja Anda belum ke Jogja.
    Di Malioboro, Anda bisa memuaskan hasrat belanja. Di sinilah tempat wisata belanja utama di Jogja. Di siang hari anda akan disuguhkan oleh berbagai macam dagangan, baik dagangan khas jogja maupun dagangan yang lain. Anda akan menemukan pedagang batik, kaos, souvenir unuk jogja, tas, sandal, dompet, gantungan kunci, bahkan anda dapat menemukan pelukis yang siap sedia akan melukis wajah anda serta pembuat tatto temporer.
    Sedangkan di malam hari, anda akan menemukan wisata kuliner di sepanjang jalan Malioboro. Berbagai macam makanan khas jogja akan tersaji di Malioboro. Anda juga bisa menghabiskan malam anda dengan nongkrong di depan Patung Serangan Umum 1 Maret. Selain nongkrong, anda bisa berfoto dengan karakter unik seperti hantu atau tokoh kartun dengan biaya sukarela.

    2. Keraton Yogyakarta
    [​IMG]
    Keraton Yogyakarta merupakan tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sultan Jogja. Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang sayang sekali bila dilewatkan. Karena selain kesan sejarah yang dapat kita temukan disini, letaknya pun tidak jauh dari Malioboro. Hanya dengan berjalan kaki dari Malioboro, anda sudah bisa ke Keraton Yogyakarta ini.

    3. Pantai Parangtritis
    [​IMG]
    Wisata Yogyakarta selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Pantai Parangtritis. Inilah Pantai yang paling terkenal di Jogja. Jaraknya sekitar 25 km ke selatan dari pusak Kota Jogja. Di pantai parangtritis ini, anda bisa menyewa ATV, Kuda, ataupun kereta kuda untuk menyusuri pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini. Selain keindahannya, sebuah mitos berkembang di masyarakat jogja, yang meyakini bahwa Pantai Parangtritis ini sebagai kediaman Nyai Roro Kidul, sehingga pada saat-saat tertentu, masyarakat di sekitar pantai mengadakan ritual. Dan ritual terbesar diadakan pada malam 1 suro. Dan tahukah anda, kalau Pantai Parang tritis, Keraton Yogyakarta, dan Gunung Merapi berada dalam satu tarikan garis lurus yang membentang dari utara ke selatan jogja.

    4. Candi Prambanan
    [​IMG]
    Boleh dibilang, Jogja adalah Kota Seribu Candi. Hal ini dikarenakan terdapat banyak Candi di Jogja, dari Candi yang besar sampai candi yang paling kecil. Dan beberapa tahun terakhir ini, ada beberapa candi yang baru ditemukan. Dan salah satu Candi yang wajib anda kunjungi adalah Candi Prambanan, yang terletak di perbatasan Jogja dan Klaten, Jawa Tengah. Candi Prambanan ini merupakan Candi Hindu yang terbesar di Asia Tenggara. Dengan mengunjungi candi ini, anda dapat melihat saksi sejarah Nusantara zaman dulu dengan berbagai relief-relief yang terukir di dindingnya.

    5. Tamansari Yogyakarta
    [​IMG]
    Pada awalnya, Tamansari merupakan tempat istrahat dan rekreasi keluarga Kerajaan Jogja yang dibangun pada tahun 1750-an oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I (Sultan Jogja pertama). Namun saat ini, Tamansari menjadi salah satu tempat wisata di jogja yang sangat menarik. Disini kita bisa menemukan bangun dengan arsitektur unik jaman dulu, kolam buatan, serta kebun bunga. Di kompleks ini pula terdapat Masjid bawah tanah yang sangat unik.

    Itulah lima tempat wisata di jogja yang wajib anda kunjungi. Selain ke lima tempat tersebut, masih banyak tempat wisata di jogja, dari wisata alam, seperti pantai, gunung, puncak, dll, wisata budaya, pendidikan, wisata belanja, wisata kuliner, dll.

    SUMBER
     
  2. AhmadWafa

    AhmadWafa Member

    Joined:
    Oct 2, 2013
    Messages:
    850
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Alhamdulillah sudah pernah saya kunjungi semua . . . :)
     
  3. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Malioboro ramai banget, dulu kesana tidak sempat menikmati. Cos banyaknya pengunjung.
     
  4. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Ini memang wisata yang favorit di jogja karena lokasi cukup strategis. Saya pernah mengunjungi semua.
     
Loading...

Share This Page