5 Manfaat Mengatur Keuangan Menggunakan Aplikasi Akuntansi

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by DhiPram, Sep 3, 2020.

  1. DhiPram

    DhiPram New Member

    Joined:
    Aug 26, 2020
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kondisi seperti ini, pastinya akan sulit bagi Anda untuk mengatur keuangan bisnis. Mungkin lebih tepatnya sedang fokus untuk menjaga arus kas bisnis. Mengencangkan segala pengeluaran yang ada, dan sibuk untuk melakukan manajemen semua aspek, mulai dari sumber daya manusia, sistem kerja, kebijakan keuangan dan lain sebagainya.

    Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah membuat pembukuan atas semua transaksi secara rutin. Dengan begitu Anda akan mudah untuk menganalisa perkembangan keuangan bisnis Anda. Ketika melakukan pembukuan, maka akan menghasilkan laporan keuangan. Dalam laporan tersebut menggambarkan situasi keuangan Anda selama ini.

    Namun, apakah Anda sudah dapat menerima laporan keuangan dengan cepat?

    Jaman sekarang, tentu tidak perlu khawatir semua dapat dilakukan dengan mudah melalui teknologi. Anda dapat membereskan keuangan dengan software akuntansi. Melalui aplikasi, segala bentuk laporan akan tersimpan dalam format yang telah ditentukan dan terstandarisasi.

    Manfaatkan teknologi software akuntansi yang mudah digunakan dan dipahami oleh staff Anda. Namun apa saja keuntungan yang di dapat dengan aplikasi akuntansi? dan apakah dengan membereskan keuangan dengan aplikasi software akuntansi memberikan dampak yang baik pada perusahaan ? Untuk lebih jelas dalam memahami nya, mari simak penjelasannya dibawah ini :

    Inilah 5 Manfaat, Jika Menggunakan Aplikasi Akuntansi

    1. Memudahkan Dalam Mengatur Inventory

    Bagi usaha retail yang memiliki banyak barang atau inventory, maka sangat dibutuhkan sistem yang dapat membantu melihat pergerakannya secara otomatis. Pada dasarnya inventory merupakan suatu asset yang dimiliki oleh suatu perusahaan baik berbentuk barang jadi maupun bentuk barang-barang yang masih diproses.

    Perlu Anda ketahui dalam aplikasi akuntansi bukan hanya terdiri dari program akuntansi saja, tetapi juga ada menu inventory mulai dari daftar inventory, kategori item, gudang, stock opname, transaksi inventory, jurnal inventory untuk tutup buku maupun laporan inventory.

    Sistem yang sudah canggih, akan menghubungkan antara pembelian barang dengan menu penjualan dalam aplikasi tersebut. Sehingga dengan mudah Anda mengontrol inventory bisnis yang dimiliki, dengan catatan lakukan penginputan data secara benar di aplikasi akuntansi.

    2. Mudah Untuk Proses Pembelian

    Proses pembelian merupakan proses pencairan sumber atau bahan baku produksi suatu perusahaan yang menunjang operasional perusahaan. Dalam proses ini, pada umumnya memerlukan form pemberlian (Purchase Order) sebagai bahan bukti yang otentik dalam arsip pembelian suatu perusahaan.

    Dengan aplikasi akuntansi, Anda akan secara langsung melakukan proses pembelian hanya dengan satu modul saja dan sistem akan membantu untuk proses penjurnalan debit dan kreditnya. Bahkan ketika Anda melakukan proses purchase order dan pihak supplier menyetujui, maka Anda dapat mengupdate kepada tahap bill atau tagihan. Pastikan kedatangan barang Anda sesuai dan tercatat dengan benar.

    3. Ketahui Jumlah Hutang Piutang Dengan Cepat

    Dalam membereskan keuangan dengan aplikasi, hutang dan piutang jatuh tempo dapat disajikan secara up to date sehingga mudah mengontrol arus kas perusahaan.

    Aplikasi akuntansi berbasis cloud akan memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah hutang dan piutang bisnis selama ini. Seperti contohnya, Anda mengetahui kapan harus membayar hutang kepada supplier, kapan akan menerima pembayaran piutang dari pelanggan dan lain sebagainya.

    Tidak ada lagi cerita piutang pelanggan yang sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tidak sempat Anda tagih dikarenakan sumber data yang kurang valid atau ketidaktelitian staff Anda mencatat nya di sheet manual.

    4. Akses Bisnis Jauh Lebih Mudah

    Bagi bisnis yang mempunyai banyak cabang dan mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan maka aplikasi akuntansi menjadi solusi bagi Anda. Sistem cloud akan banyak membantu Anda untuk pantau kondisi keuangan setiap bisnis Anda secara realtime. Anda dapat akses dimana saja dan kapan saja.

    Segala hal yang dilakukan dalam bisnis akan jauh lebih mudah. Mulai dari input inventory, penjualan barang, pembelian barang dengan supplier dan sampai akses untuk mendapatkan laporan keuangan akan lebih mudah dan transparansi. Setiap level dalam bisnis akan memantau dengan cepat dan para pemilik bisnis akan dipermudah dalam pengambilan keputusan mendasar pada laporan keuangan bisnis itu sendiri.

    5. Cepat Atur Rekonsiliasi Bank

    Dalam sebuah rekonsiliasi merupakan langkah yang penting untuk memastikan keakuratan data keuangan Anda. Apabila Anda masih melakukannya secara manual, ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan human error bisa terjadi kapan saja. Namun, dengan aplikasi akuntansi yang modern, Anda dapat merekonsiliasi transaksi bank Anda dalam hitungan detik.
     
Loading...

Share This Page