5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Sepulang Sekolah

Discussion in 'Education' started by Fadli Hafizulhaq, Apr 15, 2020.

  1. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Apa yang biasanya kamu lakukan saat jam pulang sekolah sudah berbunyi? Apakah langsung pulang ke rumah? Nyatanya, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sehabis jam belajar di sekolah. Ada hal-hal yang bernilai positif, namun ada juga sebaliknya.

    “Tapi kata emak saya, pulang sekolah langsung ke rumah, Bang. Gak kemana-mana”

    Saya paham, tapi jika kegiatan itu adalah kegiatan yang positif tentu saja akan mendapatkan izin jika kamu memintanya bukan. Namun, kegiatan seperti apa sih yang bernilai positif dan bisa dilakukan ketika jam sekolah telah berakhir?

    Mohon disimak ya, kamu bisa melakukan salah satu hal di bawah ini.

    Melakukan kegiatan organisasi

    Di sekolah tentu ada banyak organisasi atau ekstrakurikuler yang bisa diikuti. Berbagai ekskul itu bisa memberikan kamu alternatif kegiatan sepulang sekolah yang bernilai positif. Kamu bisa gabung dengan ekskul jurnalistik, basket, beladiri dan sebagainya. Mungkin memang akan menyita waktu dan tenagamu tapi pengalaman organisasi itu adalah sesuatu yang sangat bernilai harganya di kehidupanmu kelak.

    Pengalaman organisasi akan mengajarkanmu kemampuan yang bisa kamu gunakan dalam dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat nantinya.

    Berdagang

    Pilihan kegiatan positif lainnya sepulang sekolah adalah berdagang. Jika kamu punya minat untuk berbisnis dan menjadi seorang pelajar yang mandiri, tidak ada salahnya untuk mencoba berdagang sepulang sekolah. Kamu bisa membuat daganganmu sendiri atau menjualkan dagangan orang lain.

    Saya pribadi pernah menemukan ada adik-adik anak SD yang berjualan gorengan setelah jam sekolahnya. Ketika saya tanya, ternyata yang buat gorengan bukan ibu atau keluarganya. Melainkan ada “bos” nya yang memang berjualan gorengan, dan ia akan mendapatkan persenan dari hasil penjualan goreng yang berhasil ia lakukan.

    Kerja sambilan

    Tak sedikit juga ada pelajar yang menghabiskan waktu sepulang sekolahnya untuk kerja sambilan. Iya, mereka bekerja di suatu tempat untuk mendapatkan uang tambahan. Uang tambahan ini bisa untuk biaya sekolah atau bahkan ditabung. Biasanya pelajar yang kerja sambilan ini mendapatkan upah per jam.

    Mengenai apa saja pekerjaan sambilan yang bisa diambil itu cukup banyak, hanya saja pastikan kalau itu pekerjaan yang halal dan baik ya. Oh ya, bekerja sambilan sepulang sekolah adalah hal yang sangat lumrah dilakukan pelajar di Jepang lho.

    Ikut pengajian

    Sepulang sekolah kamu juga bisa mengikuti pengajian kalau-kalau ada pengajian siang atau sore di mesjid-mesjid yang dekat dengan sekolah atau dekat dengan rumahmu. Sudah tidak diragukan lagi bahwa ikut pengajian adalah sebuah aktivitas yang positif, pasalnya selain dapat ilmu kamu juga bisa dapat pahala.

    Ikut les tambahan

    Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan sepulang sekolah adalah mengikuti les tambahan. Les tambahan akan membantumu memperkaya pemahaman mengenai materi-materi yang diajarkan di sekolah. Kamu bisa ikut les dengan gurumu jika ia membuka jasa itu, atau kamu juga bisa mengikuti les di lembaga-lembaga yang memang bergerak di sana.

    Ada cukup banyak les yang bisa kamu ikuti dengan biaya yang beragam juga. Yang penting sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhanmu ya.

    Nah itulah beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan sepulang sekolah. Kamu mau melakukan yang mana? Pun jika kamu tetap memutuskan untuk langsung pulang setelah jam sekolah berakhir itu juga baik, asalkan ketika sampai di rumah kamu melakukan hal yang bermanfaat juga. Ya, sangat rugi jika waktu kita dihabiskan untuk hal yang tidak bermanfaat, bukan?

    Terima kasih sudah membaca.
     
  2. cahyo prasetyo

    cahyo prasetyo Member

    Joined:
    Aug 4, 2018
    Messages:
    181
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    lebih produktif kalau ikut les tambahan, atau blajar secara online, materi ada banyak sekali di internet yang tersebar secara gratis
     
  3. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Benar Mas, tapi bagi sebagian pelajar, ada juga yang lebih suka melakukan hal lain karena tanggung jawab atau merasa belum cukup dengan pengetahuan akademis semata :)
     
Loading...

Share This Page